Cara Menabung Paling Efektif dan Anti Gagal, Yuk Cobain!


Inilah cara menabung yang paling efektif dan anti gagal, menabung memang menjadi sebuah hal yang baik, hanya saja untuk melakukannya ini butuh tekad yang kuat. Ada banyak cara menabung yang tersebar di dunia maya, hanya saja tidak semua orang berhasil melakukannya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami ingin membantu anda langkah-langkah menabung yang tepat dan anti gagal. Namun kembali lagi, cara yang kami bahas kali ini tergantung dari seberapa besar tekad anda untuk menyisihkan uang tersebut.

7 Cara Menabung Paling Efektif Untuk Dicoba

Kali ini ada 7 cara menabung yang bisa anda coba, tentu cara-cara ini sangat mudah untuk dilakukan, namun juga cukup berbahaya jika anda tidak bisa mengontrolnya. Berbahaya disini lebih pada kegagalan karena niat menabung kalah dengan hasrat untuk membeli barang yang sebenarnya tidak begitu diperlukan.

Baiklah langsung saja mari kita simak bersama beberapa cara menabung yang efektif yang bisa anda coba berikut ini :

1.Catat Pengeluaran

Salah satu faktor kegagalan menabung yang sering dilakukan oleh seseorang adalah tidak pernah mencatat pengeluaran harian maupun bulanan. Dengan mencatat pengeluaran, maka anda bisa memilah-milah mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan.

Baca juga: 5 cara menabung yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Dengan memiliki catatan pengeluaran, maka anda bisa tahu anda sudah membeli apa saja, dan berapa sisa saldo yang anda miliki. Dengan begini maka anda bisa lebih mengontrol saat ingin membeli suatu barang yang mungkin belum begitu diperlukan.

Related Posts :  7 Cara Membangun Hubungan Agar tetap Harmonis

2.Sisipkan Rencana Berhemat

Setelah mencatat seluruh pengeluaran, maka cara menabung selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mulai membuat budgeting. Anggarkan budget untuk kebutuhan, dan juga untuk tabungan dari penghasilan bulanan anda.

Dengan membuat budgeting ini, maka pengeluaran anda bakal lebih terkontrol dalam setiap bulannya. Kebutuhan anda terpenuhi, niat menabung pun juga tercapai.

3.Kurangi Pengeluaran

Jika anda sulit sekali menabung dengan jumlah yang di inginkan, maka kini saatnya memangkas pengeluaran.  Caranya bukan dengan mengurangi pengeluaran kebutuhan, namun lebih ke pengeluaran mana yang sekiranya bisa sedikit dipangkas anggarannya.

Untuk menentukan ini tidak bisa dilakukan dengan waktu singkat, perlu melakukan beberapa pengkajian supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

4.Tetapkan Tujuan Menabung

Cara menabung selanjuntya ini adalah dengan menetapkan tujuan atau target. Cobalah berfikir apa goal yang ingin anda raih dalam menabung ini, bisa untuk jangka panjang (4 -5 tahun) maupun jangka pendek (1 – 3 tahun).

5.Tentukan Prioritas

Prioritas disini adalah menentukan mana sekiranya yang paling anda butuhkan dalam waktu dekat ini. Misalnya anda ingin beli motor baru dalam 2 tahun, maka silahkan mulai sisihkan uang sesuai dengan budget yang anda butuhkan selama 2 tahun untuk membeli barang tersebut.

Pastikan juga untuk mengingat tabungan jangka panjang, misalnya seperti persiapan dana pensiun yang tak kalah pentingnya.

6.Tentukan produk yang Sesuai

Dalam cara menabung yang kami bahas kali ini, ada beberapa produk yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Produk yang dimaksud ini adalah sistem menabung, baik itu untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Untuk produk jangka pendek anda bisa memilih rekening tabungan maupun sertifikat deposito yang akan mengunci uang anda selama beberapa bulan dengan waktu yang sudah ditentukan sebelunya.

Baca juga: Tips melunasi hutang secara cermat.

Sementara untuk produk jangka pendek, maka anda bisa mempertimbangkan simpanan dana pensiuan atau sekuritas seperti reksa dana maupun saham yang biasanya dibuka oleh pihak perbankan.

Related Posts :  [ Review ] Film Roman Picisan 2018 : Kisah Cinta LDR Yang Bikin Gemes

7.Sistem Auto Debet

Dan cara menabung terakhir yang bisa anda coba kali ini adalah dengan menerapkan sistem autodebet. Sejumlah perbankan menyediakan layanan transfer otomatis antar rekening giro maupun tabungan, dengan begini anda akan sangat terbantu dalam menyisihkan uang secara otomatis ke rekening tabungan nantinya.

Penutup

Cukup sekian ulasan kali ini tentang cara menabung paling efektif yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar