Cara Memperbaiki PageSpeed Insights pada Theme Bloggingpro

Diposting pada

Bagaimana cara memperbaiki PageSpeed Insights pada Theme yang digunakan pada sebuah website? Disini Theme yang digunakan adalah Theme Bloggingpro dari idtheme.com.

Berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa dipraktekan juga pada website yang Kalian kelola, kenapa “mungkin” bukannya pasti bisa? Kalau bisa, pasti bisa tetapi hasilnya itu yang bisa saja tidak sesuai keinginan atau tidak sama hasilnya dengan website yang saya kelola ini.

Banyak sekali penyebab dari lambatnya load sebuah website, dan pada setiap website itu berbeda cara untuk memperbaikinya, saya sendiri sudah beberapa kali melakukan perubahan untuk bisa mencapai hasil seperti sekarang ini.

Beberapa perubahan itu adalah diantaranya: Gonta ganti Theme, instal plugin pendukung untuk kecepatan, pindah server, rombak gambar postingan dan lain-lain sesuai rekomendasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

Dengan perubahan perubahan yang saya lakukan tersebut diatas secara perlahan dari waktu kewaktu terus dipelajari pada akhirnya apa yang diinginkan dengan kecepatan load dari PageSpeed Insights saya membuahkan hasil seperti bisa dilihat pada gambar dibawah.

cara Memperbaiki pagespeed insights

Lalu bagaimana cara memperbaiki PageSpeed Insights sebuah website yang saya kelola hingga mendapatkan hasil yang maksimal? Tidak 100% namun berwarna hijau saja itu sudah cukup. Sebenarnya cara yang saya lakukan seperti sudah disebutkan diatas itu salah satunya bisa dibilang salah, gonta ganti Theme yang sebenarnya harus dihindari. Ambil contoh saja, saya sendiri sebelumnya menggunakan Theme Superfast dan kemudian ganti menggunakan Theme Bloggingpro, kenapa saya ganti? Pada waktu itu bukan karena kecepatan tetapi karena ketidakcocokan saja pada tampilannya, dengan berganti Theme pada saat itu sebelum melakukan optimasi soal kecepatan tetap saja sama, waktu itu masih dibawah 50% baik saat menggunakan Theme sebelumnya dan juga sesudahnya, bahkan untuk untuk versi mobile lebih rendah lagi. Jadi gonta ganti Theme bukan memecahkan masalah kecepatan pada PageSpeed Insights Google, sebenarnya malah tambah masalah baru yang bisa timbul, yang paling mendasar adalah kita akan direpotkan setting ulang beberapa pengaturan pada website, dan menurut beberapa Orang akan berakibat menurunnya pengunjung pada website yang kita kelola.

Jadi apa yang sebaiknya dilakukan untuk memperbaiki masalah PageSpeed Insights ini?

Jawabannya, ini adalah pengalaman saya sendiri dengan Theme Bloggingpro, beberapa hal yang harus dilakukan dalam optimasi kecepatan website terutama masalahnya dengan PageSpeed Insights ini, berikut adalah beberapa cara optimasinya:

  • Lakukan pengecekan kecepatan website pada PageSpeed Insights baik itu versi mobile dan juga versi dekstop jangan lupa simpan screenshot untuk perbandingan.
  • Instal plugin yang direkomendasikan saja pada Theme, ingat makin banyak plugin yang diinstal maka akan berpengaruh juga pada kecepatan website. Berikut adalah plugin-plugin yang saya instal pada website yang saya kelola:
    • AMP Project Contributor
    • Autoptimize
    • Bloggingpro Core
    • OneSignal Push Notifications
    • Redirection
    • Table of Contents Plus
    • WP Fastest Cache
    • Yoast SEO
    • Akismet Anti Spam

Plugin-plugin diatas saya instal karena memang dibutuhkan pada website yang saya kelola, untuk plugin wajib pada Theme sebetulnya hanya satu yaitu Bloggingpro Core untuk yang 3 lainnya seperti Autoptimize, WP Fastest Cache, AMP Project Contributor itu hanya rekomendasi saja tapi ini tentunya harus menjadi pertimbangan, karena tidak mungkin pembuat Theme merekomendasikan sebuah plugin pada Themenya tanpa alasan, untuk AMP sendiri pada hasil tes diatas pada versi mobile itu adalah menggunakan halaman AMP.

  • Setelah plugin yang direkomendasikan terinstal semua silahkan aktivasi dan setting sesuai tutorial yang diberikan bisa dilihat pada idtheme.com.
  • Selanjutnya cek kembali di PageSpeed, apabila sebelumnya banyak menginstal plugin selain yang direkomendasikan dengan setelah menguninstalnya apakah sudah ada perubahan.
  • Kurangi penggunaan widget yang tidak diperlukan, ini juga biasanya menjadi masalah pada kecepatan website, banyak blogger yang memang merekomendasikan hal ini untuk meningkatkan kecepatan akses website.

Setelah melakukan hal-hal diatas untuk website yang saya kelola ini hasilnya masih kurang memuaskan, ada rekomendasi yang saya dapatkan untuk menggunakan salah satu plugin yang gunanya untuk menunda script di load lebih awal, plugin yang saya maksud adalah Flying Scripts by WP Speed Matters, bagaimana cara setting Flying Scripts ini? Settingnya mudah saja seperti berikut:

cara Memperbaiki pagespeed insights
  • Cari JS script yang akan ditunda loadnya, berikut adalah JS script yang saya masukan kedalam setting Flying Scripts ini :
adsbygoogle.js
adsbygoogle
/gtag/js
gtag(
/gtm.js
/gtm-
fbevents.js
fbq(
google-analytics.com/analytics.js
ga( \\'
ga(\\'
sdk.js
wp-embed.min.js
jquery.min.js
jquery-migrate.min.js
OneSignalSDK.js
jquery-plugin-min.js
front.min.js

JS diatas adalah JS script Adsense, Google analitycs, FB analitycs dan juga yang lainnya.

  • Pada Timeout isi standar yaitu 3 detik atau bisa juga dibawahnya.
  • Setelahnya jangan lupa di save.
  • Lanjut, silahkan clear cache dan cek ulang website di PageSpeed apakah sudah ada perubahan, apabila belum maka terakhir yang saya lakukan adalah merombak gambar pada postingan.
  • Silahkan ukuran gambar disesuaikan dengan yang direkomendasikan pada WordPress yaitu 1200×675 PX minimalnya, boleh diatasnya namun tetap size saya sarankan kurang dari 100 KB untuk gambar yang memang dibutuhkan terlihat jelas, kalau untuk gambar-gambar yang memang sebagai pelengkap saja masih mungkin dibawah 50 KB 1200×675 PX masih bisa terlihat jelas. Biasanya merombak gambar postingan ini yang menjadi masalah apabila sudah terlanjur banyaknya postingan, untuk saya sendiri memang gambar sudah dioptimasi sebelum melakukan upload di website menggunakan Photoshop, walau memang ada beberapa yang terlewatkan tapi tidak terlalu banyak apabila dibandingkan dengan 1K lebih postingan yang sudah saya post.

Oh, iya berikutnya plugin yang saya rekomendasikan salah satunya untuk mempermudah dalam mengelola Adsense, Google search console dan juga Google analitycs yaitu plugin Site Kit by Google, dengan plugin ini maka tidak perlu lagi pasang kode Analitycs, Search console maupun kode iklan otomatis Adsense, cukup dengan sinkronkan akun Google yang terhubung dengan ketiga produk Google ini maka semuanya sudah tertangani, dan dengan menginstal dan aktifkan plugin Site Kit ini saya rasakan tidak berpengaruh terhadap kecepatan dari website, apabila memang yang dioptimasi adalah PageSpeed. Plugin berikutnya adalah WebP Converter for Media, apabila pada PageSpeed menampilkan Serve images in next-gen formats maka plugin ini bisa menjadi solusi untuk memperbaikinya.

Terakhir, untuk server sendiri saya menggunakan Niagahoster personal unlimited hosting.

Itulah cara memperbaiki PageSpeed insights yang saya lakukan pada website yang saya kelola, mungkin pada website Anda akan berbeda hasilnya, semua kembali pada pengelola website itu sendiri, banyak cara untuk optimasi, saya sendiri adalah Orang yang tidak mengerti akan koding, namun saya selalu mempelajari apa yang dijelaskan oleh para ahlinya untuk meningkatkan kecepatan website di PageSpeed Insights.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *