cara membuat PC rakitan

Cara membuat PC Rakitan atau Komputer Untuk Pemula

Diposting pada

Cara membuat PC rakitan – Komputer rakitan menjadi pilihan bagi pecinta gamimg salah satunya, kegiatan gaming tidak hanya diminati oleh kalangan muda-mudi saja, bahkan kalangan orang dewasa juga tertarik bermain video game. Beberapa diantaranya juga memutuskan untuk menggunakan PC rakitan. Bagi kamu yang ingin merakit PC gaming, berikut langkah yang harus dilakukan bagi pemula.

Langkah-langkah atau cara membuat PC rakitan.

cara membuat pc rakitan

Pasang Processor ke Motherboard.

Langkah ini harus diawali dengan menunda pemasangan motherboard pada casing komputer. Hal ini dilakukan agar memudahkan pemasangan processor pada motherboard. Tentukan posisi pin 1 yang ada pada processor dan socket processor motherboard, standarnya berada pada pojok yang telah ditandai titik maupun lekukan. Kemudian angkat bagian tuas pengunci socket motherboard ke atas untuk membukanya. Jangan lupa untuk sesuaikan posisi kaki processor dengan lubang socket. Lalu tekan processor sampai benar-benar rapat tanpa celah. Kunci kembali tuas socket motherboard agar tidak lepas. 

Pasang Motherboard.

Letakkan dahulu motherboard pada tray casing. Pastikan sesuai antara lubang casing dan lubang motherboard. Lalu kunci dengan menggunakan sekrup, selanjutnya lakukan pemasangan motherboard ke casing komputer. 

Pasang Heatsink.

Apabila kamu telah memasang processor ke motherboard, maka langkah selanjutnya adalah pemasangan heatsink agar processor tidak overheat atau terlalu panas. Letakkan heatsink pada bagian atas processor, beri penahan agar tidak lepas. Lapisi terlebih dahulu bagian heatsink dengan gel penghantar panas. Jika heatsink yang kamu punya ada kipasnya atau fan maka ada konektor power pada bagian kipas. Konektor tersebut langsung dihubungkan ke motherboard. 

Pasang RAM.

Langkah membuat PC rakitan untuk gaming selanjutnya adalah memasang RAM atau Random Access Memory. Pemasangannya dilakukan dengan membuka tuas penguncinya, sesuaikan dengan posisi lekukan slot socket memori pada motherboard. Pastikan benar-benar sesuai lalu tekan dan pasang kembali tuas penguncinya. 

Pasang Power Supply.

Power supply biasanya sudah terpasang pada casing komputer, namun apabila belum terpasang maka kamu harus memasangnya sendiri. Letakkan power supply pada bagian belakang casing komputer, kunci menggunakan sekrup. Pasang konektor power supply ke motherboard. 

Pasang Kabel Motherboard ke Casing Komputer.

Pasang kabel konektor IDE primary dan secondary motherboard. Bagi motherboard yang non ATX, kamu harus memasang kabel port serial dan paralel. Pemasangan port tambahan jenis non slot bisa dilakukan karena bagian belakang casing komputer terdapat lubang. Buka menggunakan sekrup pengancing pelat, lalu masukkan port konektor tambahan. Kunci kembali sekrup pengancingnya agar tidak terlepas. 

Hubungkan kabel konektor perangkat mouse pada perangkat keyboard pada motherboard. Jangan lupa juga perangkat lainnya seperti LED, speaker dan lainnya. Setelah itu tinggal pemasangan drive dan card adapter. 

Tahap akhirnya adalah memastikan jika casing telah dikunci dengan benar sehingga tidak mudah lepas. Hubungkan kabel dari daya ke socket dinding dan hubungkan pula konektor monitor ke port card adapter, konektor keyboard ke port keyboard dan konektor mouse ke port mouse.  Saatnya kamu periksa PC rakitan tersebut dengan mengoperasikannya. Semoga penjelasan ini dapat membuka pikiran kamu untuk merakit komputer. 

Itulah cara membuat pc rakitan yang bisa dilakukan untuk Pemula, namun tentunya bagi Pemula terkadang menjadi sulit, dibutuhkan bantuan atau diawasi oleh yang sudah ahli dalam merakit Komputer atau PC ini, terlebih PC untuk Gaming yang membutuhkan spek tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *