Cara membuat ATM BRI dan syaratnya

Photo of author

Bank Rakyat Indonesia merupakan salah satu Bank BUMN yang sangat terkenal, banyak sekali masyarakat Indonesia yang membuka rekening disana. Nah dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas tentantg cara membuat ATM BRI untuk anda smeua.

Dengan memiliki ATM BRI, maka akan memudahkan anda ketika ingin melakukan transaksi transfer maupun tarik tunai tanpa perlu mengantri lama di Teller.

Syarat Membuat ATM BRI

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan utama yakni cara membuat ATM BRI, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang syarat-syarat pembuatan ATM BRI tersebut. 

Baca juga:

Tentu hal ini sangatlah penting, karena memang jadi persyaratan mutlak yang harus di penuhi sebelum permintaan anda dikabulkan.

Berikut ini sejumlah syarat membuka ATM BRI, diantaranya :

  • Jika anda seorang WNI, harus menyiapkan kartu identitas berupa KTP dan NPWP (Jika kebetulan anda belum memiliki NPWP, maka harus mengisi form pernyataan dari pihak Bank)
  • Dan jika anda merupakan WNA (Wagra Negara Asing), maka harus menyiapkan dokumen berupa passport dan KIMS/KITAP/KITAS
  • Minimal usia untuk pembuatan ATM adalah 17 tahun
  • Setoran awal minimal yang diberikan adalah Rp100.000.
  • Setoran selanjutnya yang bisa anda lakukan minimal Rp10.000

Syarat di atas merupakan layanan yang umum diberikan oleh setiap bank, dan mengenai setoran awalnya nanti bisa jadi setiap bank berbeda-beda.

Cara Membuat ATM BRI Dengan Benar

Untuk cara membuat ATM BRI ini, maka anda pun juga harus memiliki rekening atau tabungan di bank BRI. Karena memang ini merupakan hal yang lumrah, jika anda tidak memiliki rekening BRI, maka permintaan untuk membuat ATM BRI ini tidak bisa dipenuhi.

Nah untuk proses pembuatan ATM dan buku rekening BRI, bisa anda ikuti beberapa langkahnya berikut ini :

  1. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah mengenai sejumlah persyaratan di atas tadi, maka cara membuat ATM BRI pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan sejumlah dokumen tersebut untuk di bawa ke bank BRI. Jangan lupa untuk membawa cash sebagai setoran awal nanti.

  1. Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

Setelah perlengkapan dokumen anda siap, langsung saja berkunjung ke kantor cabang BRI terdekat dari rumah anda. Tujuannya adalah untuk memudahkan anda ketika ada sejumlah masalah agar bisa segera diatasi.

  1. Temui Customer Service

Sesampainya di bank BRI, silahkan anda sampaikan tujuan kesana pada security, nantinya anda akan diberikan nomor antrian. Setelah nomor anda dipanggil oleh CS bank BRI, maka berikan dokumen persyaratan anda untuk membuat ATM BRI tadi.

  1. Isi Formulir dan Pilih Jenis Tabungan

Dalam cara membuat ATM BRI ini, pihak CS akan meminta anda untuk mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan. Sekaligus anda pilih jenis tabungan BRI yang di inginkan, mulai dari Simpede, Britama, haji, dan lain sebagainya.

  1. Lakukan Setoran Awal

Agar rekening BRI anda segera aktif, maka berikan setoran awal sebesar Rp 100.000 minimal. Jika anda tidak melakukan setoran awal, maka rekening pun tidak akan bisa aktif, dan ATM tidak bisa digunakan.

  1. Rekening  Siap Dipakai

Selesai, kini rekening BRI anda sudah aktif, dan ATM BRI pun sudah siap digunakan. Biasanya untuk pembuatan ATM BRI ini anda akan diminta untuk memasukkan PIN ATM oleh pihak CS, ikuti saja intruksi yang CS berikan.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara membuat ATM BRI, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar