Cara Membersihkan Keyboard Laptop dari Debu dan Kotoran

Diposting pada

Membersihkan keyboard laptop merupakan hal wajib yang harus dilakukan bagi para pengguna laptop. Tapi kebanyakan mereka tidak perduli kebersihan keyboardnya padahal kunci dari kesehatan laptop berada di keyboard. Karena jika keyboardnya rusak, maka sudah tidak bisa digunakan untuk menulis, menulis inilah fungsi utama dari laptop.

Hal tersebut biasa terjadi karena mereka menganggap, jika keyboardnya masih bersih dan tidak perlu dibersihkan. Padahal jika dibongkar atau setidaknya ketika di tiup maka akan keluar banyak debu. Maka dari itulah, rutin membersihkan debu di keyboard memang perlu dilakukan, jika tidak Anda lakukan maka bisa saja rusak keyboard tersebut.

Debu yang menumpuk di laptop akan sering menyebabkan laptop hang. Kemungkinan terburuk adalah terjadinya korsleting, sehingga menyebabkan rusaknya komponen hardware dari laptop. Banyak orang yang berangkapan jika debu di keyboard adalah hal yang biasa dan tidak perlu dipusingkan, karena anggapan mereka debu tidak akan merusak laptop.

Jika Anda adalah penulis maka menjaga kesehatan laptop khususnya keyboardnya adalah hal yang sangat perlu dilakukan. Jika tidak Anda lakukan maka akan kesusahan dan kemungkinan terburuk adalah tidak bisa menulis karena laptopnya rusak. Berikut kami sampaikan hal yang perlu Anda perhatikan ketika merawat laptop khususnya keyboard.

Cara Membersihkan Keyboard Pada Laptop.

Hal yang harus diperhatikan sebelum membersihkan keyboard laptop.

Membersihkan keyboard perlu hati-hati jangan sembarangan, yang pertama adalah jangan membersihkan keyboard ketika laptop dalam keadaan menyala. Hal ini perlu Anda perhatikan karena jika membersihkan keyboard dalam keadaan masih menyala, maka ditakutkan terjadi korsleting, atau keyboard tertekan dengan tidak sengaja bisa saja laptop jadi eror. Maka dari itu, bersihkan ketika dalam kondisi mati agar tidak terjadi korsleting apabila ada sesuatu yang sipatnya konduktif masuk kedalam sela-sela keyboard dan atau tertekannya tombol yang akan malah membuat laptop jadi eror.

Hal yang selanjutnya, ketika laptop sudah mati maka ketika mau membersihkan keyboard posisikan terbalik, kenapa ini perlu dilakukan? Karena dengan posisi terbalik maka debu akan lebih mudah keluar dan lebih mudah dibersihkan. Lakukanlah sampai ada debu yang keluar dan hingga bersih, jika belum habis debunya jangan berhenti.

Gunakan brush make up.

Selain itu, Anda harus lembut ketika membersihkan keyboard laptop, maka gunakanlah brush make up. Menggunakan brush ini juga bisa lebih baik hasilnya, caranya cukup mudah cukup dengan menyapu sela-sela keyboard dengan brush. Tapi pastikan mengenai semua sela-sela keyboard dan juga jangan hanya sekali saja, lakukan berkali-kali agar hasilnya maksimal.

Hal yang perlu Anda lakukan ketika membersihkan keyboard adalah harus berhati-hati dan juga harus cermat, karena keyboard adalah salah satu komponen laptop yang mudah rusak. Bahkan ketika Anda mengetik dengan cara yang kasar, maka keyboard akan mudah rusak. Maka dari itu, menjaganya adalah hal yang perlu dilakukan oleh semua pemilik laptop.

Gunakan hair dryer.

Membersihkan keyboard juga bisa Anda lakukan dengan hair dryer, tapi sebelum membersihkan dengan hair dryer bersihkan terlebih dulu dengan cara manual. Hal ini perlu Anda lakukan, agar debu tidak semakin masuk dan malah membuat laptop rusak. Tapi perlu di ingat pembersihan ini baik untuk laptop dalam kondisi terbaik, artinya masih baru.

Gunakan penyedot debu khusus.

Jika Anda memiliki penyedot debu maka bisa digunakan untuk membersihkan keyboard. Akan tetapi gunakan penyedot khusus keyboard, jangan menggunakan dengan kekuatan yang besar karena bisa saja malah membuat keyboard Anda rusak. Membersihkan dengan penyedot debu bisa membuat keyboard lebih bersih secara maksimal, tapi dengan syarat harus sesuaikan kekuatan penyedotnya jangan sampai komponen pada keyboard bahkan laptopnya itu sendiri ikut tersedot.

Dengan cara melepas keyboard dari laptopnya.

Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki pengalaman dalam dunia komputer, atau salah satu teman memiliki kemampuan service komputer dan laptop. Maka membersihkan dengan cara mencabut keyboard tersebut. Tapi perlu di ingat jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam bidang ini, maka jangan sekali-kali melakukannya.

Cara ini memang benar-benar ampuh untuk membersihkan laptop, jika ingin melakukan cara ini tapi tidak memiliki pengalaman dalam dunia komputer. Apabila ingin melakukannya sendiri dan belum paham caranya maka Anda bisa belajar di internet, pelajarilah dengan cermat dan jika sudah bisa terapkanlah untuk membersihkan keyboard. Namun jika belum paham lebih baik menyuruh teman atau tukang servis yang ahlinya, sebab membuka keyboard pada laptop bagi sebagian Orang akan sulit, juga pada tipe-tipe laptop itu ada yang berbeda-beda cara membukanya, yang paling mudah adalah tipe laptop yang keyboardnya bisa dibuka dari atas, dan yang paling sulit adalah tipe keyboard laptop yang harus bongkar body untuk bisa mencopot keyboarnya, biasanya jenis ini pada tipe-tipe laptop dengan desain ramping. Cara mana yang akan dipilih itu tergantung Anda dan seberapa banyak atau susah untuk membersihkan kotoran yang ada didalam keyboard. Saran, lakukan cara ini hanya apabila memang kotoran pada keyboard laptop sudah susah dibersihkan dengan cara-cara diatas, seperti gunakan kuas atau dengan penyedot debu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika membersihkan laptop. Satu yang perlu Anda perhatikan adalah belum tentu keyboard yang kelihatan bersih di dalamnya pun bersih. Maka dari itu, membersihkan keyboard secara rutin perlu dilakukan agar keyboard laptop tetap terjaga dari kotoran menempel yang lama kelamaan bisa saja menggangu pungsi dari keyboardnya itu sendiri. Untuk itu, Anda harus mengetahui cara membersihkan keyboard ini.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *