Cara Memasang VGA Card Pada PC Dan Jenisnya

  • Whatsapp
cara memasang vga card

Cara mudah memasang VGA Card pada PC, apa sih yang dimaksud dengan VGA Card pada PC?

VGA Card.

cara memasang vga card

VGA atau sering juga disebut sebagai kartu grafis merupakan salah satu komponen penting pada komputer. VGA card dapat membuat komputer anda nantinya bisa menjalankan game berat dengan tampilan grafis yang lebih baik dan lebih lancar. Bukan hanya berpengaruh pada saat memainkan game, VGA Card berpengaruh juga pada saat menjalankan software yang lainnya, seperti salah satu contohnya adalah Photoshop, bisa dilakukan perbandingan pada saat menggunakan VGA spek rendah dengan spek tinggi, untuk spek rendah biasanya versi standarnya motherboard. Ada dua jenis VGA Card yang sering dijumpai, yaitu onboard dan VGA Card offboard atau add-on, untuk onboard sendiri yaitu versi standarnya motherboard, VGA onboard adalah VGA yang menyatu dengan motherboard pada PC. Sedangkan untuk offboard sendiri VGA terpisah dari board dengan harus dilakukan pemasangan secara terpisah pada soket yang memang sudah disediakan. Berikut ini saya ulas sedikit cara memasang VGA card pada PC dengan benar, namun sebelum melakukan pemasangan VGA perhatikan hal berikut:

Bacaan Lainnya

Pilih VGA Card yang Cocok Dengan Komputer.

Sebelum anda membeli VGA Card, maka perhatikan terlebih dahulu beberapa hal penting terkait komputer. VGA Card tersebut nantinya bisa bekerja secara maksimal jika RAM, Motherboard, Prosesor, dan Power supply memadai untuk VGA Card tersebut. Power supply merupakan hal yang cukup penting diperhatikan. Jika misalnya VGA Card tersebut membutuhkan daya 300 Watt, maka power supply komputer anda minimal 600 watt. Dengan demikian VGA Card tersebut nantinya bisa bekerja dengan baik dan performanya maksimal.

Cara Memasang VGA Card.

Pemasangan VGA Card pada PC caranya sangat mudah, oleh karena itu anda bisa melakukannya tanpa bantuan teknisi. Berikut ini langkah – langkah yang perlu anda lakukan.

  1. Pastikan komputer dalam keadaan mati dan tidak ada arus listrik ke komputer. Tujuannya agar anda tidak kena setrum saat melakukan pemasangan VGA tersebut, bila masih tersambung arus listrik biasanya pada PC akan terjadi aliran listrik rendah saat tersentuh yang akan membuat kaget dan otomatis mengganggu saat pemasanagan, buka hanya itu tetapi juga untuk mencegah kemungkinan terjadinya konsleting pada komponen.
  2. Setelah itu perhatian berapa banyak slot untuk VGA pada motherboard tersebut. Pastikan bahwa meletakkan VGA card tersebut berdekatan dengan prosesor agar kinerjanya maksimal.
  3. Jika kamu ingin mengganti VGA Card pada komputer kamu maka lepaskan VGA Card yang lama. Tetapi jika kamu ingin menambah VGA, maka pasangkan VGA tersebut pada slot yang lainnya, namun untuk menambah VGA lebih dari satu maka tentunya tidak semua motherboard support penggunaan banyak VGA.
  4. Saat hendak melepas VGA lama, pastikan tidak ada kabel yang menghalangi. Lepas seluruh kabel dan juga skrup yang terhubung ke VGA. Jika sudah terlepas, maka VGA lama sudah bisa dilepas.
  5. Langkah selanjutnya adalah memasang VGA baru pada slot yang dekat dengan prosesor. Masukkan konektor VGA card tersebut secara perlahan ke slot yang tersedia, dan pastikan pemasangan rapat dan ketat. Jika ada tuas kunci tuas pada slot tersebut, dan jangan lupa juga untuk mengencangkan skrup agar semakin kokoh. Jika sudah terpasang dengan baik, maka hidupkan komputer untuk mengecek apakah sudah berfungsi secara maksimal atau tidak.

Itu lah cara memasang VGA card dengan mudah, dan 2 jenis VGA Card yang kita kenal dengan offboard dan onboard.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *