Cara Melacak Hp Yang Hilang Dan Hal Penting Dilakukan

Cara melacak smartphone yang hilang

Berikut cara melacak HP yang hilang dan hal-hal penting yang harus dilakukan terkait HP dan kartu SIM dengan nomor yang hilang, semoga bermanfaat.

Melacak Hp pasti Anda lakukan ketika Anda kehilangan smartphone kesayangan Anda. Handphone yang hilang karena terjatuh ataupun dicuri pasti membuat Anda begitu kalut dan khawatir. Tidak hanya data pribadi saja namun mungkin didalam smartphone tersebut juga terdapat aplikasi penting seperti m-Banking dan lain sebagainya.

Read More

Kehilangan handphone bisa saja Anda alami ketika Anda mengatonginya disaku Anda. Pada saat Anda merogohnya dan mendapati handphone tersebut telah hilang pasti Anda merasa shock. Hal pertama yang mungkin Anda lakukan ialah dengan menelpon handphone Anda.

Mungkin bisa jadi akan ada orang yang menemukan, namun jujur dengan menjawab panggilan tersebut kemudian memberitahukan dimana posisinya. Namun tidak jarang orang-orang yang justru malah memanfaatkan kondisi seperti ini, dengan cara menonaktifkan handphone tersebut sehingga pemiliknya kesulitan untuk melacak Smartphone.

Jika memang Anda mengalami hal tersebut, maka ada cara lain yang bisa Anda lakukan. Diantaranya yaitu dengan menggunakan berbagai aplikasi pelacak smartphone ataupun meminta bantuan pihak berwajib. Dengan begitu, maka Anda bisa melacak keberadaan handphone Anda secara akurat.

Melacak Ponsel Yang Hilang.

Cara melacak smartphone yang hilang

Sebelum melakukan pelacakan lebih lanjut, Anda bisa melakukan pengecekan ketika handphone Anda hilang dengan memastikan Anda telah mengecek seluruh ruangan, dimana Anda berada sekaligus mengamati dengan seksama setiap sudut ruangan terakhir HP digunakan atau terlihat yang Anda ingat, langkah selanjutnya Anda mencoba untuk menghubunginya terlebih dahulu. Jika tidak ada jawaban, Anda bisa melakukan langkah-langkah untuk pelacakan dengan memanfaatkan aplikasi seperti dibawah.

Hal terpenting yang harus dilakukan saat Hanphone hilang.

Hubungi pihak bank,

Apabila HP dengan nomor teregistrasi di mobile banking atau internet banking.

Ketika kehilangan HP berikut kartu SIMnya, yang paling penting bila hal ini terjadi, apabila nomor yang hilang sering digunakan untuk transaksi perbankan adalah segera hubungi pihak bank dengan cara menelpon call center bank terkait untuk menginformasikan bahwa Anda kehilangan handphone berikut nomor yang terdaftar dalam mBanking. Kemudian mintalah pihak bank untuk segera memblokir akses mbanking ataupun internet banking, yang digunakan pada handphone Anda. Sehingga jika ditemukan oleh seseorang tidak disalahgunakan. Kenapa hal ini dianggap paling penting, tentu sangat penting dilakukan apabila kehilangan berikut kartu SIMnya yang teregistrasi di mobile banking atau internet banking, mungkin tidak menjadi penting apabila kartu SIM dengan nomor yang ikut hilang apabila tidak terhubung dengan akun bank terlebih sering digunakan untuk transaksi perbankan. Kartu SIM dengan nomor teregistarsi dibank dan aktif digunakan untuk transaksi ini sangat fatal akibatnya apabila jatuh kepada Orang yang tidak bertanggungjawab, hampir semua keamanan transaksi finansial menggunakan nomor HP, HPnya mungkin hilangpun tidak masalah karena kebanyakan semua pengguna memberikan kunci kemanan pada smartphonenya, pasti Orang tidak bertanggungjawab tersebut akan meresetnya dan tentunya aplikasinya semua akan hilang dan kembali kepengaturan defaultnya, tidak data yang tersimpan. Lain dengan nomor HPnya tentunya bisa digunakan di HP yang lain dan Orang tersebut akan melancarkan aksinya.

Hubungi pihak perusahaan aplikasi lainnya.

Selain aplikasi bank yang sering digunakan, hubungi juga pihak perusahaan aplikasi yang terdaftar menggunakan nomor yang hilang, minta untuk menonaktifkan sementara akun yang terhubung.

Kenapa ini harus dilakukan? Bukan hanya transaksi perbankan seperti bank yang bisa Mereka lakukan dengan nomor HP tersebut, tetapi aplikasi-aplikasi lainpun yang menggunakan nomor tersebut tidak lepas menjadi incaran Mereka, karena nomor tersebut menjadi kunci dari semua transaksi pada aplikasi yang terhubung dengan nomor tersebut, untuk kemanan aplikasi-aplikasi tersebut akan mengirimkan kode OTP kenomor HP terdaftar.

Hubungi pihak operator seluler.

Terakhir hubungi operator seluler, buat laporan terkait kehilangan dan minta untuk dilakukan penonaktifkan nomor tersebut. Kenapa ini menjadi terakhir bukannya ini lebih mudah, dengan menonaktifkan nomornya maka semua akun bank maupun akun pada aplikasi lainnya akan aman? Ya, tentunya semua pihak akan mengklaim bahwa protokol keamanan yang dibuat sudah betul-betul aman sesuai standar, ini hanya berjaga-jaga saja jangan sampai kejadian seperti ramai diberitakan pada beberapa waktu yang lalu gara-gara menonaktifkan nomor hanphone ratusan juta melayang.

Buat laporan ke polisi.

Untuk melacak HP Anda juga bisa membuat laporan dikantor polisi, ceritakan kronologis kejadian yang Anda alami dengan melampirkan identitas diri. Jangan lupa untuk menginformasikan nomor telepon Anda serta jenis handphone, nomor IMEI dan informasi lain.

Cara lain yang dinilai efektif dan efisien ialah dengan menggunakan aplikasi pelacak. Kini telah ditemukan beragam perangkat lunak untuk mempermudah segala aktifitas manusia termasuk pelacakan. Setiap ponsel pasti memiliki akun sepeti akun Mi Account pada handphone Xiaomi, Samsung ID pada handphone Samsung dan lain sebagainya.

Cara Melacak Smartphone dengan aplikasi.

Akun Gmail.

Bisa Anda perhatikan ketika Anda mencoba untuk log in diperangkat yang Anda miliki, maka akan ada verifikasi keamanan di inbox Anda. Fitur ini bisa Anda menfaatkan untuk melacak ponsel Anda yang hilang. Caranya yaitu dengan log in akun gmail dengan chrome kemudian klik ikon kotak. Ketik “find your phone” kemudian klik.

Pilih Hp yang hilang di daftar perangkat yang telah dihubungkan dengan akun tersebut. Lalu isikan pasword dan klik next. Pada bagian find your phone pilih locate kemudian Anda akan dibawa ke fitur Find My Device. Dari sini Anda bisa mengunci akun tersebut sekaligus mengunci hp.

Fitur Tracking Google Maps.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain yaitu google maps. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengakses fitur tracking, sehingga Anda bisa melacak ponsel sesuai dengan lokasinya. Cara yaitu bukalah google maps lalu klik icon titik tiga yang ada dipojok kiri atas. Tuliskan akun hp yang hilang pada opsi add account.

Kemudian klik ikon hamburger dan klik pilih Your Timeline, maka pelacakan akan segera dimulai. Selanjutnya Anda bisa menekan tanda kalender jika proses pencarian telah hilang ataupun ketikan hp telah mati.

Akun Samsung.

Untuk smartphone dengan merk Samsung tentunya sudah familiar dengan namanya akun Samsung pada smartphone merk ini, dengan akun Samsung yang sudah terdaftar sebelumnya dan terhubung dengan HP yang hilang maka pemilik bisa melacak lokasi terakhir dari HP yang hilang tersebut, caranya dengan login ke https://findmymobile.samsung.com/ lalu login dengan akun Samsungnya.

Mencegah Handphone Hilang, Aman dan Private.

Smartphone merupakan barang pribadi yang bisa menyimpan rahasia seseorang. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga handphone atau smartphone yang Anda miliki. Terdapat beberapa cara agar smartphone Anda aman dan tidak bisa dibuka oleh orang lain, yaitu sebagai berikut:

Pasang Kunci atau Pasword.

Gunakan pasword atau kunci untuk mengamankan akses smartphone Anda. Anda juga bisa menggunakan face lock ataupun fitur fingerprin, sehingga tidak akan ada yang bisa membuka handphone tersebut kecuali Anda sendiri.

Letakan ditempat aman.

Simpanlah smartphone Anda ditempat yang aman seperti di laci meja kerja Anda yang telah dikunci. Atau meletakannya pada dompet khusus untuk ponsel. Jika Anda melakukan hal tersebut, maka Anda harus menyetting nada dering dengan volume tinggi, agar terdengar ketika adan panggilan atau pemberitahuan yang masuk.

Saat kehilangan handphone maka secara otomatis Anda akan kehilangan akses komunikasi dengan teman. Selain itu, Anda juga akan kehilangan koleksi foto dan video dari momen-momen berharga Anda. Untuk mencegah hal tersebut maka hendaknya Anda selalu berhati-hati dalam menggunakan smartphone. Namun jika Anda mengalami kehilangan smarphone, maka Anda bisa melacak ponsel dengan aplikasi.

Related posts