Cara isi ulang Toner Kyocera M2040dn

Berikut adalah cara isi ulang Toner pada mesin foto copy merk Kyocera dengan tipe M2040dn tanpa harus beli toner kit selama box toner masih dalam keadaan baik. Pembelian box toner atau toner kit dilakukan nanti saja pada saat box toner lamanya sudah tidak bisa digunakan, atau biasanya masa pakainya sudah habis seperti halnya pada Epson L1455 ada yang namanya maintenan box yang harus diganti.

Langkah-langkah isi ulang toner Kyocera M2040dn

Sebelum melakukan pengisian toner ada beberapa alat yang harus disiapkan, seperti pisau kater atau solderan kalau ada, corong sedang, lakban hitam yang biasa buat jilid, tatakan yang cukup untuk mengurangi kotoran toner tersebar kemana-mana, tonernya itu sendiri dan juga gunting.

Bacaan Lainnya

Setelah alat-alat siap, silahkan lakukan langkah-langkah berikut:

  • Untuk yang telah menyiapkan solder, silahkan panaskan solderannya terlebih dahulu agar bisa langsung digunakan
  • Matikan mesin fotocopy terlebih dahulu
  • Lepaskan box toner dari mesin
  • Box toner bawaan itu sendiri tidak disediakan lubang untuk isi ulang toner. Silahkan lubangi box toner untuk bisa memasukan tinta bubuk ke dalam box dengan menggunakan solderan. Lakukan pelubangan dengan solder lebih mudah dan cepat, namun hati-hati jangan gunakan solderan terlalu dalam, cukup gunakan ujungnya saja. Apabila tidak ada solderan gunakan kater lakukan dengan hati-hati karena box cukup keras, usahakan jangan ada potongan yang masuk kedalam box, melubangi dengan kater memang cukup sulit apabila dibandingkan dengan solderan karena bahan box itu sendiri bisa dibilang keras dan cukup tebal. Ukuran lubangnya sendiri sesuaikan dengan ujung corong yang akan digunakan, atau bisa sesuaikan dengan area box yang akan dilubangi, usahakan nantinya lakban bisa menempel kuat menutupi lubang.
  • Siapkan corong sedang yang ujungnya sudah sesuai dengan lubang yang sudah dibuat.
  • Tuangkan toner ke box melalui corong dengan hati-hati jangan sampai bertumpahan, untuk toner 250 gram wadah cukup untuk menampungnya
  • Apabila toner 250 gram sudah masuk semua silahkan tutup lubang dengan lakban yang sudah disediakan tadi, pastikan lubang tertutup rapi dan kuat
  • Pasang kembali box toner yang sudah diisi ualang tadi ketempatnya pada mesin
  • Hidupkan mesin, secara otomatis akan loading toner

Cara mencopot box toner

Buka cover pada mesin dengan menekan tombol pembuka, pastikan sebelumnya sudah menutup tempat kertasnya, lebih jelasnya silahkan cek pada post cara membuka box toner Kyocera M2040dn.

cara isi ulang toner

Silahkan tekan tombol untuk membuka pengunci box toner sampai tanda panah pada box tidak lagi lurus dengan tanda panah pada mesin, atau pada saat tombol ditekan dia akan berbunyi dan box sedikit berputar kebawah.

cara isi ulang toner

Tarik box toner dengan perlahan keatas, bisa dilihat pada gambar dibawah.

cara isi ulang toner

Tempat membuat lubang toner

Untuk area membuat lubang sendiri bisa dilihat pada gambar, pastikan area cukup dan dikedua sisi pastikan memiliki area untuk lakban menempel kuat.

cara isi ulang toner

Jenis toner yang digunakan

Untuk jenis toner sendiri gunakan toner universal monocomponent toner khusus untuk mesin fotocopy merk Kyocera.

Cara isi ulang Toner

Isi ulang toner mesin fotocopy Kyocera M2040dn sudah selesai, caranya sangat mudah dengan beberapa langkah saja. Untuk tonernya sendiri pastikan yang sesuai merk, jangan gunakan toner berbeda ditakutnya akan mempengaruhi kualiatas dari hasilnya atau lebih parahnya bisa merusak part, kecuali memang sudah ada rekomendasi dari yang sudah menggunakannya dengan durasi terbilang lama, biasanya memutuskan menggunakan merk lain itu dikarenakan harga yang lebih murah yang otomatis menekan biaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *