Cara Ganti User ID Brimo Atau Internet Banking BRI

Cara ganti user ID Brimo atau internet banking BRI sejatinya tak terlalu rumit. Terkadang yang menjadi masalahnya adalah terlalu gapteknya kita sebagai pengguna, namun segaptek-gapteknya kita kalau mau belajar pasti bisa.

Perlu diketahui juga bahwa aplikasi BRIMo, maupun internet banking BRI yang dibuka melalui web browser dengan alamat ib.bri.co.id itu sama, satu user id atau username dan password yang sama.

Sebelum memutuskan mengganti user id atau username BRIMO atau pun internet baking BRI baiknnya pilihlah username yang tepat, karena penggantian user id atau username ini hanya bisa dilakukan satu kali.

Akses internet banking penting untuk dimiliki oleh setiap nasabah BRI, dengan memiliki layanan internat banking sangat mempermudah dalam transaksi perbankan. Saat ini banyak aktivitas jual beli yang membutuhkan internet banking agar Anda tidak perlu repot pergi langsung ke bank ataupun ke mesin ATM terdekat.

Menggunakan internet banking menjadi repot tatkala pengguna harus mengingat user id dan password setiap akan menggunakannya, sekarang jangan dibuat repot dengan hal ini, karena pengguna bisa mengganti user id BRImo maupun internet banking BRI yang dimiliki dengan yang mudah diingat.

Sebenarnya tidak wajib mengganti user id default namun terdapat beberapa pengguna yang memerlukan untuk menggantinya akibat beberapa hal.

Biasanya yang sering terjadi adalah user ID atau username default yang diberikan oleh sistem memiliki kombinasi yang sulit untuk dihafalkan atau pun diingat, walaupun memang untuk username default itu tidak jauh dari kombinasi dari nama pemiliknya. User ID atau Username bisa diganti dengan user ID atau username yang lebih mudah dihafal.

Hal lain yang mungkin mengharuskan mengganti user id BRImo atau internet banking BRI adalah faktor keamanan, apabila ditenggarai user ID atau username sudah diketahui orang lain maka secepat mungkin lakukan penggantian user id dan password BRImo atau internet banking BRI ini.

Untuk melakukan hal ini cukuplah mudah. Anda hanya perlu membutuhkan smartphone dan jaringan internet yang aktif, atau bisa juga melalui PC bagi yang memiliki. Anda dapat mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini.

4 Langkah Cara Ganti User ID Brimo Atau Internet Banking BRI

cara ganti user id brimo

1. Login Akun Internet Banking Di ib.bri.co.id

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan login terlebih dahulu di website resmi dari bank BRI. Anda dapat mengetikkan ib.bri.co.id di mesin pencarian pada web browser PC atau smartphone Anda. Saat melakukan hal ini Anda harus memasukkan akun yang Anda miliki sebelumnya. Anda akan dimintai login akun dengan mengisi user id, password dan mengisi kombinasi angka dan huruf validation.

Pastikan Anda tidak melupakan user id dan juga password Anda sebelumnya. Karena untuk melakukan penggantian user id pengguna harus login terlebih dahulu.

2. Memilih Manajemen Pengguna Pada Menu Utama

manajemen pengguna

Setelah berhasil masuk ke akun Anda. Maka Anda perlu memilih manajemen pengguna yang nampak di halaman menu utama pada akun Anda apabila menggunakan PC. Saat membuka akun Anda di smartphone, maka Anda perlu menekan ikon garis tiga yang terdapat di ujung kiri atas dari menu awal Anda masuk ke akun Anda. Kemudian Anda dapat memilih untuk menajemen pengguna yang tersedia di menu utama tersebut.

3. Klik Tulisan Ubah User ID

ubah user id

Apabila Anda telah menekan manajemen pengguna, maka akan muncul beberapa pilihan. Anda dapat menekan tulisan yang berisi klik UBAH USER ID seperti terlihat pada gambar ditandai merah diatas.

4. Mengisi Formulir Penggantian User ID/Username

formulir ubah user id

Sesaat sesudah Anda klik tulisan ubah User ID, maka Anda akan mendapat formulir penggantian user ID yang harus Anda isi.

  • Kolom User ID baru, silahkan isi dengan minimal 12 digit kombinasi huruf dan angka yang mudah diingat
  • Kolom password, silahkan isi dengan password internet banking atau BRIMO
  • Kolom mToken, silahkan isi dengan kode OTP yang dikirim via SMS ke nomor yang sudah teregistrasi finansial sebelumnya. Apabila mToken belum masuk bisa lakukan permintaan mToken kembali dengan mengklik permintaan mToken pada link dibawah kolom. Ingat” ketika akan memasukan mToken pastikan server ID harus sama antara yang muncul diatas kolom dengan yang di SMS.
  • Setelah semua kolom diisi dengan benar silahkan klik Kirim. Proses penggantian user ID diproses, silahkan logout dan login kembali dengan user ID atau username yan baru.

Ganti user id atau username dengan yang mudah diingat namun tidak mudah ditebak orang lain, jangan sampai Anda melupakan user id baru ini. Apabila lupa user ID/username maka Anda harus mereset internet banking atau BRIMO Anda di kantor BRI melalui CS.

Cara mengganti Username di aplikasi BRIMO

Diatas adalah cara penggantian user id atau username internet banking BRI atau BRImo melalui web browser, bagaimana cara mengganti user id melalui aplikasi BRImo?

Untuk saat ini penggantian user id melalui aplikasi BRImo belum tersedia, namun seperti sudah disebutkan diatas bahwa user id dan password aplikasi BRImo dan internet banking BRI ib.bri.co.id itu sama, jadi cukup ganti user id di ib.bri.co.id saja.

Saat Anda melakukan ganti user ID Brimo atau internet banking BRI dengan cara diatas, pastikan Anda mengetahui user id dan password yang sebelumnya Anda gunakan. Kemudian untuk memudahkan Anda dalam mengingat user id dan passwordnya, maka Anda perlu menggunakan kata yang mudah diingat ataupun mencatatya dibuku atau note yang ada di samartphone Anda, mencatatnya tentunya ini tidak disarankan karena rentan disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mencatat di smartphone mungkin ini lebih baik, dari segi keamanan smartphone sekarang sudah menggunakan PIN, sidik jari dan lainnya ketika akan membukanya.