Cara ganti PIN BRIMO dan ganti Password BRIMO

Dibawah ini adalah cara ganti PIN BRIMO dan ganti Password BRIMO, namun sebelumnya perlu dijelaskan terlebih dahulu apa itu PIN BRIMO dan juga apa itu Password BRIMO?

Apa itu PIN BRIMO dan Password BRIMO?

PIN BRIMO adalah kode keamanan transaksi pada aplikasi mobile banking BRI di aplikasi BRIMO, dan untuk Password BRIMO sendiri adalah kode keamanan pada saat aktivasi BRIMO pertama kali, atau ketika reinstal aplikasi BRIMO, untuk PIN sendiri akan dibutuhkan pada setiap melakukan transkasi finansial pada aplikasi BRIMO, dan untuk Password sendiri pada transaksi BRIMO tidak diminta hanya PIN saja yang diperlukan.

PIN BRIMO terdiri dari 6 digit angka yang harus dirahasiakan, dan untuk Password sendiri terdiri dari 8 sampai 12 digit dengan kombinasi angka dan huruf dan juga karakter, Password bersipat rahasia yang boleh diketahui diberikan kepada Orang lain. PIN BRIMO tidak diperlukan apabila transaksi menggunakan internet banking melalui web browser ib.bri.co.id, transaksi melalui internet banking versi web ib.bri.co.id yang diperlukan adalah Password dan juga kode OTP.

PIN BRIMO adalah 6 digit angka rahasia, ketika PIN BRIMO diketahui Orang lain maka yang harus dilakukan adalah mengganti PIN BRIMO tersebut dengan PIN yang baru, berikut caranya:

Cara ganti PIN BRIMO dan ganti Password BRIMO

Cara ganti PIN BRIMO

  • Pastikan sudah Login BRIMO
  • Pada halaman utama aplikasi BRIMO silahkan klik menu Akun pada sisi bawah layar sebelah kanan
  • Temukan menu Keamanan
  • Klik Ubah PIN
  • Masukan PIN lama
  • Masukan PIN baru
  • Konfirmasi PIN baru
  • Selesai, PIN lama sudah terganti dengan PIN baru.

Apabila PIN BRIMO diketahui Orang lain sebenarnya akun BRIMO Anda masih aman, masih aman ketika HP, nomor seluler apalagi Password masih aman oleh Anda. Ketika Orang lain mengetahui PIN BRIMO kita, maka PIN tersebut akan percuma karena PIN hanya bisa digunakan pada aplikasi dengan akun sudah teraktivasi pada HP dan juga SIM Card terpasang pada HP tersebut. Ketika Anda kehilangan HP berikut nomor HP terdaftar pada BRIMO, maka inilah yang harus dikhawatirkan dan harus segera melaporkan kepihak bank BRI untuk selanjutnya dilakukan pemblokiran, kemudian dilakukan penghapusan akun BRIMO dan juga penggantian nomor HP di kantor BRI.

Ketika kehilangan HP berikut nomor HP yang terdaftar internet banking, tentunya akun tetap aman karena ada Password, apabila Orang yang tidak bertanggung jawab akan mengaktifkan BRIMO maka diperlukan Password, namun ketika Orang yang memiliki nomor HP tersebut sekaligus mengetahui nomor kartu ATM, misal kehilangan berikut kartu ATMnya, Orang tersebut bisa saja melakukan transaksi melalui Agen BRILink Mobile, di Agen BRILink Mobile sendiri seperti contoh transaksi tarik tunai, itu yang dibutuhkan kartu ATM dan OTP yang dikirim ke nomor yang terdaftar internet banking sebagai kode keamanannya.

Ketika User ID, PIN BRIMO dan juga Password BRIMO diketahui Orang lain maka masih ada kemanan yang harus ditembus, yaitu SIM Card terdaftar harus terpasang pada HP yang digunakan dan juga kode OTP, disini paling bahaya dan rentan rekening akan mudah terbobol adalah ketika kehilangan dompet dan HP, dimana didompet tersebut ada kartu ATM, dan di HP ada SIM Card yang terdaftar pada internet banking.

Selanjutnya adalah Password, ketika Orang lain mengetahui Password dari internet banking kita, maka tidak perlu khawatir kalau Orang tersebut tidak mengetahui user ID, tetapi ketika Orang tersebut mengetahui user ID maka ini perlu dikhawatirkan, silahkan secepatnya ganti user ID internet banking Anda. Ketika Orang lain mengetahui user ID, bisa saja Orang tersebut niat jahil sama kita, walaupun tidak bisa akses ke akun internet banking kita, namun ketika Orang tersebut iseng login dengan password yang salah sebanyak tiga kali, maka akun internet banking kita akan terblokir.

Dan ketika Orang lain mengetahui user ID dan juga Password, maka Orang tersebut bisa login akun internet banking milik kita melalui ib.bri.co.id, namun Orang tersebut tidak akan bisa melakukan transaksi karena diperlukan kode OTP yang dikirim kenomor HP terdaftar. Walaupun ketika Password internet banking diketahui Orang terbilang masih aman karena harus ada user ID dan juga OTP, tetapi alangkah baiknya Password BRIMO tetap harus diganti secara berkala, caranya sebagai berikut:

Cara ganti Password BRIMO

  • Silahkan masuk akun BRIMO Anda
  • Silahkan pilih menu Akun
  • Pilih menu Keamanan
  • Pilih Ubah Password
  • Masukan Password lama
  • Buat Password baru
  • Masukan lagi Password baru sebagai konfirmasi
  • Selesai, Password lama sudah terganti dengan Password baru.

PIN BRIMO dan Password BRIMO adalah kode keamanan yang harus dijaga kerahasiannya, untuk keamanan akun BRIMO Anda silahkan ganti PIN atau Password BRIMO secara berkala, cara ganti PIN BRIMO atau ganti Password BRIMO sangat mudah, cukup menggantinya di aplikasi BRIMO dengan beberapa langkah seperti sudah dijelaskan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.