Wajib Ganti Kartu ATM Kadaluarsa, Masalah Apabila Tidak Diganti

Diposting pada

Cara ganti kartu ATM memang mudah, masalahnya Nasabah suka malas melakukan penggantian karena ganti atau perpanjang kartu ATM harus ke bank langsung, coba saja bisa di agen banknya masing-masing pasti lebih mudah dekat dan mungkin tanpa antri seperti halnya di bank.

Kartu ATM memiliki masa aktif seperti contohnya adalah kartu Surat Izin Mengendara (SIM), sama-sama memiliki masa aktif selama 5 tahun, untuk kartu SIM sendiri 5 tahun terhitung dari kartu diterbitkan atau diberikan ke Pengemudi, sedikit berbeda pada masa aktif kartu ATM, sering melihat bahkan saya juga mengalami pada saat penggantian kartu masa aktif yang tertera di kartu bukan terhitung dari kartu ATM diberikan, tetapi terkadang memiliki masa aktif yang berbeda, seperti terlihat di gambar kartu ATM berikut;

ganti kartu atm

Kartu ATM pada saat itu diganti secara bersamaan tetapi masa aktifnya berbeda, bisa dilihat pada valid thru-nya, bahkan terlihat jauh berbeda.

Memang terkadang ini tanpa disadari oleh Nasabah, saya sendiri menyadarinya karena memang melihat masa aktifnya terlihat berbeda padahal gantinya pada saat bersamaan.

Tidak masalah sih” karena memang mau ganti kartu ATM tiap tahun pun ini gratis, paling yaitu seperti sudah disebutkan diatas malasnya itu.

Cara ganti kartu ATM mudah saja, tinggal datang kekantor bank-nya yang mengeluarkan kartu ATM yang dimiliki, persyaratannya;

  1. Datang langsung pemilik resminya tanpa diwakilkan, mungkin bisa harus ada surat kuasa
  2. Bawa identitas KTP
  3. Bawa buku tabungan, apabila memiliki banyak buku tabungan dan ATM hati-hati jangan salah bawa, jangan sampai buku tabungan dan kartu ATM-nya tertukar
  4. Bawa kartu ATM yang kadaluarsa

Berikutnya;

  1. Datang kekantor BRI terdekat, penggatian kartu ATM di BRI dimana kita membuka tabungan dan kartu ATM yang kadaluarsa tersebut
  2. Ambil nomor antrian ke CS
  3. Isi form yang disediakan
  4. Kartu ATM baru diterbitkan

Lakukan penggantian kartu ATM maksimal pada bulannya kadaluarsa sebelum tanggalnya, hindari penggantian kartu ATM setelah kartu ATM kadaluarsa, masalahnya kita sendiri akan repot apabila ada kebutuhan uang tunai mendadak bukan dihari kerja, dan apabila kartu ATM kadaluarsa tentunya tidak bisa digunakan.

Kartu ATM yang sudah expired tidak bisa digunakan untuk semua transaksi termasuk hanya untuk cek saldo saja, kartu ATM kadaluarsa wajib dilakukan penggantian oleh Nasabahnya apabila memang ingin menggunakannya kembali, pada post sebelumnya saya pernah menulis bahwa kartu ATM BRI kadaluarsa bisa tarik tunai di Agen BRILink, ini sudah tidak bisa lagi.

Penggantian kartu ATM tentunya tidak selalu karena masa aktifnya habis, namun ada penyebab lainnya sehingga kartu ATM harus diganti, seperti diduga terjadinya penyalah gunaan oleh Orang yang tidak bertanggung jawab atau yang lainnya, kartu ATM bisa diganti sebelum masa aktifnya habis dengan tentunya ada alasannya.

Setiap kartu ATM memiliki nomor yang berbeda dengan begitu pada setiap ganti kartu ATM maka nomornya akan berubah, maka dari itu apabila diduga ada penyalah gunaan oleh Orang lain Nasabah harus segera memblokir dan menggantinya dengan yang baru, setelah kartu berganti maka Orang yang diduga menyalah gunakannya tidak lagi memiliki akses terhadap akun bank yang dimiliki yang terkait dengan kartu ATM tersebut.

Jadi pada intinya kartu ATM harus segera diganti sebelum kadaluarsa untuk menghindari yaitu tadi sudah disebutkan, salah satunya Nasabah tidak bisa melakukan transaksi dengan kartu ATM tersebut, suatu ketika ada kebutuhan uang tunai atau mau transfer melalui ATM maka disitulah masalahnya, kita sendiri akan kerepotan apalagi pada hari libur atau bukan hari kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *