Cara Fotokopi Bolak Balik ADF Duplex Kyocera M2040dn

Salah satu kemudahan yang diberikan pada fitur mesin fotokopi Kyocera M2040dn adalah mudahnya fotokopi bolak-balik secara otomatis menggunakan Auto document feeder (ADF) Duplex.

Dengan fitur ADF Duplex ini pengguna cukup menyiapkan/merapikan dokumen yang akan di fotokopi, lebih jelasnya bisa simak pada ulasan berikut:

Hal-Hal Perlu Diperhatikan Sebelum fotokopi Dengan ADF.

Sebelum melakukan fotokopi bolak-balik alangkah baiknya memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Dokumen yang bisa di fotokopi melalui ADF adalah dokumen yang masih dalam lembaran terpisah, belum dijilid.
  2. Dokumen dalam keadaan rapi tidak banyak lipatan.
  3. Bukan kertas tebal seperti kertas untuk jilid atau karton, karena ADF Kyocera m2040dn tidak support unuk kertas tebal.
  4. Pastikan kertas tidak menempel satu sama lainnya.
  5. Hal-hal diatas perlu diperhatikan untuk meminimalisir kertas nyangkut ketika scan dokumen pada ADF yang berjalan otomatis.
  6. Kertas yang sudah dijilid tidak bisa menggunakan ADF, walaupun jilidan dilepas terlebih dahulu dokumen tetap akan banyak lekukan atau bekas jilidan yang akan membuat kertas nyangkut.

ADF Kyocera M2040dn sendiri memiliki dua scaner, ketika memfotokopi dua sisi maka dengan fitur yang ada pada Kyocera ini bisa melakuakannya dalam sekali jalan, sisi atas dan sisi bawah.

Ada beberapa fitur yang bisa dioptimalkan pada ADF kyocera M2040dn, yaitu fotokopi bolak-balik dibuat sama persis seperti asli 2 sisi menjadi 2 sisi. Kemudian 2 lembar menjadi 1 satu lembar bolak balik. Bisa juga 1 lembar bolak balik menjadi 2 lembar terpisah.

Cara Fotokopi Bolak Balik ADF Kyocera M20240dn.

Untuk cara fotokopi bolak-balik melalui ADF mesin printer multiguna kyocera M2040dn cukup mudah untuk mengaturnya. Pertama yang harus dilakukan adalah pastikan ukuran kertas dokumen yang akan di fotokopi. Apabila posisi dukumen dengan margin sisi kiri dan kanan maupun atas sangat mepet misal dengan ukuran F4, maka lakukan pengaturan pada kertas adalah dengan ukuran officio, supaya hasil tidak terpotong.

Untuk pengaturan silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Pada posisi default, atau bila ragu lakukan reset terlebih dahulu dengan menekan tombol reset.

  • Tekan tombol Function Menu.
pengaturan duplex kyocera
  • Cari Duplex dan pilih.
pengaturan 2 sided 2 sided kyocera
  • Cari 2-sided>2-sided, dan tekan Detil jangan langsung tekan 2-sided>2-sided.
pengaturan pada adf
  • Pilih Top>Top>Top edgen on top.
  • Atur jumlah rangkap atau banyaknya hasil fotokopian yang dinginkan.
  • Klik tombol Star, scan berjalan dan kemudian diikuti hasil fotokopi.

Pengaturan diatas tidak mengatur ukuran kertas yang digunakan atau ukuran dokumennya, karena sebelumnya saya sudah mengaturnya pada pengatuan default mesin Kyocera M2040dn ini.

Pengaturan ukuran kertas mesin Kyocera sendiri bisa dibaca pada postingan saya sebelumnya dengan judul Cara Menyimpan Pengaturan Mesin Fotocopy Kyocera M2040DN.

Sebelum melakukan fotokopi dengan rangkap banyak sebaiknya lakukan percobaan dulu, jangan main copy langsung banyak sekaligus.

Setelah percobaan hasilnya sesuai barulah bisa buat rangkap banyak, namun tentunya harus diperhatikan juga bahwa Kyocera M2040dn memiliki kelemahan yang harus dipahami dan dimengerti.

Kekuatan fotokopi mesin Kyocera M2040dn tentunya sangat terbatas. Misal seperti yang saya lakukan, saya akan memfotokopi rapot MDTA yang banyaknya 12 halaman dibuat bolak-balik menjadi 6 lembar.

Ketika akan membuat 20 buku rapot maka saya cicil menjadi 2 kali atau 3 kali jalan. Apabila dipaksakan 20 buku rapot dalam satu kali jalan untuk saya sendiri ngeri juga. Melihat dari hasil uji coba kemampuan fotokopi diatas 10 buku rapot (120 halmaan) dalam satu kali jalan hasilnya kurang bagus.

Apabila ulasan diatas kurang jelas, untuk memperjelasnya bisa dilihat pada vidio dibawah.

Seperti itu kiranya cara fotokopi bolak balik menggunakan fitur ADF Duplex pada mesin Kyocera M2040dn yang saya gunakan. Saya sendiri menggunakan mesin Kyocera M2040dn semenjak Juli 2021, harga pembelian saat itu sekitar 7 juta dari toko online sudah berikut ongkir. Mesin ini modelnya simpel dengan fitur memadai untuk sekedar bisnis rumahan, seperti print out dokumen hitam putih, fotokopi dalam skala kecil, scan dokumen warna simpan kedalam file PDF atau JPEG.