Cara Cetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Cara Cetak Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Via Link SMS Dari 1199

Diposting pada

Berikut adalah cara cetak sertifikat vaksinasi melalui link yang dikirim via SMS dari nomor 1199, sebelum melakukan pencetakan pastikan siapkan nomor HP atau email dan juga nomor NIK secara utuh, kemudian tanggal bulan dan tahun lahir, ini gunanya untuk memvalidasi sekaligus registrasi pada halaman atau aplikasi pedulilindungi.id.

Cara cetak sertifikat vaksinasi melalui website

Bagi yang pertama kali menerima SMS untuk sertifikat vaksinasi silahkan buka link pada SMS, kemudian akan diarahkan kehalaman pendaftaran atau login pedulilindungi.id, karena belum memiliki akun di pedulilindngi.id maka silahkan daftar akun terlebih dahulu, pendaftaran gunakan saja nomor HP. seperti berikut:

cara cetak sertifikat vaksinasi
  • Silahkan akses PeduliLindungi register
  • Pada Daftar, klik Nomor Telepon
  • Masukan nama sesuai di KTP
  • Masukan nomor HP, baiknya yang menerima SMS link sertifikat vaksinasi
  • Centang pada syarat dan ketentuan
  • Klik Daftar
  • Kemudian masukan kode OTP yang dikirim via SMS ke nomor yang didaftarkan diatas
  • Berhasil registrasi dan otomatis login kehalaman akun pedulilindungi

Setelah berhasil registrasi akun dan login yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pencetakan sertifikat vaksinasi dengan mengklik link Sertifikat Vaksin, berikut caranya:

cara cetak sertifikat vaksinasi
  • Klik pada nama akun pada pojok kanan atas
  • Pada menu navigasi klik pada Sertfikat Vaksin

Apabila pada halaman Sertifikat Vaksin tidak ditemukan sertifikat, yang harus dilakukan adalah melengkapi akun terlebih dahulu, silahkan akses halaman Akun Saya dan perbaharui Profil.

cara cetak sertifikat vaksinasi

Kembali kehalaman Sertifikat Vaksin apakah sudah muncul Sertifikat, apabila masih belum muncul silahkan lakukan pencetakan dengan mengakses PeduliLindungi periksa sertifikat, silahkan lengkapi data yang diminta dengan benar seperti nama lengkap, nomor NIK, tanggal lahir, tanggal vaksin, jenis vaksin (untuk jenis vaksin sendiri bisa pilih salah satu, apabila jenis vaksin salah silahkan coba yang lain didaftar), klik I’m not a robot dan klik Periksa. Silahkan download sertifikat dan lakukan pencetakan.

cara cetak sertifikat vaksinasi

Cara cetak sertifikat melalui aplikasi Peduli Lindungi

cara cetak sertifikat vaksinasi
  • Silahkan instal terlebih dahulu aplikasi Peduli Lindungi
  • Registrasi akun dengan nomor HP yang paling mudah
  • Lengkapi akun dengan memasukan NIK
  • Untuk mendownload sertifikat silahkan akses halaman Akun Sertifikat Vaksin (sertifikat vaksin dari beberapa kasus tidak muncul sebelum ada SMS pemberitahuan untuk link download sertifikat)

Sertifikat vaksinasi sendiri terbagi menjadi dua. Sertifikat vaksin pertama akan diberikan setelah pemberian vaksin pertama, sertifikat kedua akan diberikan setelah dilakukannya vaksin dosis kedua. Untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi melalui website maupun aplikasi PeduliLindungi syaratnya memiliki NIK dan sudah melakukan vaksinasi baik itu dosis pertama maupun dosis kedua, dan bagi yang mendaftarkan nomor HP pada saat pendaftaran vaksinasi akan menerima SMS pemberitahuan bahwa sertifikat sudah bisa didownload.

Bagi yang sudah memiliki akun baik itu registrasi melalui website maupun aplikasi maka akun tersebut bisa digunakan dikeduanya, cara loginnya cukup memasukan nomor HP atau email yang terdaftar dan untuk kemanannya dengan mamasukan kode OTP yang dikirim ke SMS atau email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *