Cara cek KTP asli atau palsu cukup di HP dengan NFC


Berikut adalah cara cek KTP asli atau palsu, cara ceknya cukup di HP yang telah tersedia fitur NFC dengan menggunakan aplikasi yang bisa di download dari Playstore dan instal di HP secara gratis.

Sebelum bisa mempraktekan cara cek KTP asli atau palsu ini pengguna diharuskan memiliki HP yang sudah support NFC, karena untuk mempraktekan cara ini hanya bisa dilakukan pada HP dengan bantuan NFC tersebut, apabila HP yang digunakan belum ada NFC-nya maka cara ini tidak bisa berjalan dan juga aplikasi yang digunakan pun tidak bisa ditemukan atau didownload dari Playstore.

Untuk tipe HP atau merk yang bisa digunakan untuk mempraktekan cara ini adalah HP Android 4.4 keatas dengan tipe atau merk apa saja yang terpenting sudah support NFC. Untuk saya sendiri menggunakan HP Samsung tipe A30s.

Untuk KTP yang bisa di cek dengan cara ini adalah e-KTP, e-KTP sendiri sudah memiliki chip yang didalamnya menyimpan data pemilik KTP, nantinya dari chip inilah bisa terbaca data pemilik dengan menggunakan aplikasi pada cara ini.

cek KTP asli atau palsu

Cara cek KTP asli atau palsu di HP NFC

  • Untuk memulai silahkan siapkan e-KTP dan HP Android yang support NFC
  • Silahkan buka Playstore
  • Silahkan ketik pencarian electronic money card balance
  • Temukan aplikasi cek saldo kartu uang elektronik dari TStudioDev, apabila tidak ditemukan aplikasi ini maka bisa dimungkinkan HP yang digunakan tidak support
  • Silahkan instal terlebih dahulu aplikasinya
  • Setelah terinstal silahkan buka aplikasi, apabila ketika membuka aplikasi ada pemberitahuan NFC tidak aktif silahkan aktifkan terlebih dahulu NFC-nya
  • Ketika NFC sudah diaktifkan dan ada perintah tempelkan kartu, silahkan tempelkan kartu e-KTP dimana sensor NFC berada yang biasanya berada dibelakang HP
  • Silahkan tempelkan kartu sampai data pada e-KTP terbaca, untuk e-KTP sendiri hanya menampilkan data foto pemiliknya saja, untuk data lainnya tentunya tidak ditampilkan.
Related Posts :  Pantai Kelingking Nusa Penida Bali, Masuk Kedalam 25 Pantai Terbaik di Dunia

Ketika e-KTP terdeteksi dan menampilkan foto pemiliknya pada layar aplikasi maka cara cek KTP asli atau palsu sudah berhasil dilakukan.

Cara cek KTP ini dengan bantuan aplikasi electronic money card balance pada HP yang sudah mendukung koneksi NFC, ketika HP belum mendukung NFC aplikasi dan tentunya cara ini tidak bisa dilakukan atau dipraktekan.

Cara cek KTP asli atau palsu ini tentunya tidak menjamin 100% keaslian KTP/nomor NIK yang terdaftar di DUKCAPIL, karena dengan cara ini tidak mengambil data dari DUKCAPIL untuk memverifikasinya.

Cara ini hanya untuk memastikan bahwa e-KTP tersebut benar sesuai dengan pemiliknya, dibuktikan dengan kesesuaian data foto yang tersimpan pada chip di blanko e-KTP yang terbaca oleh aplikasi electronic money card balance.

Tinggalkan komentar