Cara-cara Membersihkan Fuel Injector Motor

  • Whatsapp

Cara-cara Membersihkan Fuel Injector – Membersihkan fuel injector adalah proses yang dapat dilakukan dengan cukup sederhana dan mudah. Teman-teman tentunya bisa melakukannya sendiri jika sering menonton channel otomotif youtube seperti channel pada link ini. Seperti yang teman-teman lihat, membersihkan fuel injector ini nampak mudah.

Nyatanya, melakukan pembersihan sendiri sungguh menantang dan bagi kami bias dibilang susah-susah gampang. Pada artikel kali ini, kami akan membagi tips dan trik membersihkan injector dengan aman, cepat dan mudah.

Read More

Komponen injektor pada sepeda motor injeksi memiliki tugas penting yaitu mengganti bensin jadi partikel kabut. ECU (Electronic Control Unit) membantu jalannya kinerja injektor. Dalam usaha melindungi kondisinya supaya senantiasa baik, injektor harus dibersihkan tiap interval 10. 000 kilometer sekali. Tujuannya tentunya untuk melenyapkan endapan karbon residu pembakaran.

A picture containing person, holding, hand, smallDescription automatically generated

Tarikan motor dapat tersendat jika injektor jarang dibersihkan. Tidak hanya itu, tenaga sepeda motor bias saja hilang sama sekali jika sumbatan sudah parah. Hal ini terjadi karena semprotan bensin dari injektor terhalang oleh debu dan kotoran.

Jika teman-teman membawa sepeda motor ke bengkel, ada beberapa cara yang biasanya dilakukan untuk memperbaiki permasalahan ini. Berikut adalah pembahasan ketiga prosedur pembersihan injektor.

1. Injector Tester & Cleaner

Cara ini dilakukan dengan mengecek dan membandingkan semprotan injektor terlebih dahulu. Injektor yang diduga bermasalah akan dibandingkan semprotannya dengan inejktor yang bersih. Jika memang hasil semprotan tidak sama, maka pembersihan terhadap injektor akan dilakukan.

2. Campur dengan Bahan Bakar

Cara ini bisa teman-teman lakukan sendiri di rumah. Metodenya cukup mudah. Teman-teman hanya perlu menuangkan carbon cleaner ke tangka bensin. 75 ml carbon cleaner dapat langsung dicampurkan dengan 5 liter bensin.

3. Metode Infus/ FI Cleaner

Metode ini dapat membersihkan injektor secara langsung dengan menggunakan infus khusus. Infus tersebut terlebih dahulu diisi dengan menggunakan cairan pembersih dengan nama MTR yang memiliki kapasitas 50 cc.

A hand holding a cameraDescription automatically generated

Prosesnya sebenarnya bisa dibilang sederhana yaitu melepas tangka dan selang bahan bakar lalu menggantinya dengan infus yang sudah disiapkan. Tabung kemudian diberi tekanan angin untuk memulai pembersihan.

Demikian cara-cara yang biasa dilakukan untuk membersihkan fuel injektor. Semoga informasi ini dapat berguna bagi teman-teman pecinta otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *