Cara Buat Tie Dye Dikaos Bekas, Bisa Coba Sendiri

Diposting pada

Kamu pasti pernah mengalami kebingungan dengan koleksi kaos yang semakin usang. Kini, kamu bisa mendaur ulang kaosmu dengan cara sederhana. Berikut ini adalah panduan cara buat tie dye dikaos bekas yang akan membuat kaosmu seperti baru dengan nuansa warna yang berbeda.

Apa sih Tie Dye, dan bagaimana cara buat tie dye dikaos bekas?

Berikut sedikit tentang tie dye dan juga cara membuatnya, cara dibawah bisa dipraktekan sendiri dirumah.

cara buat tie dye dikaos bekas

Tie Dye merupakan sebuah teknik pewarnaan baju yang mulanya digunakan di Amerika pada tahun 60an. Kamu bisa menerapkan teknik tie dye dengan mengikat kain pada bagian-bagian tertentu. Setelah diikat kain kemudian harus direndam ada tinta khusus untuk menciptakan motif unik dan natural.

Bahan apa yang perlu disiapkan untuk bikin Tie Dye?

  • Untuk bikin kaos tie-dye anda tentu saja membutuhkan kaos bekas. Sebaiknya kamau memilih kaos yang berbahan katun atau kombinasi katun.
  • Bubuk pewarna pakaian yang bisa kamu beli di toko kerajinan tangan. Belilah 3 warna dasar saja yaitu kuning, merah, dan biru.
  • Tali atau karet untuk mengikat kaos ketika memasuki tahapan pewarnaan.
  • Air dengan temperatur hangat sekitar 4 liter.
  • Soda abu sebanyak 250 ml.
  • Kantong plastik yang bisa digunakan untuk membungkus kaos.
  • Sarung tangan untuk melindungi tangan anda dari zat-zat kimia.
  • Botol untuk tempat mencampur pewarna

Cara membuat tie dye di kaos bekas.

1. Persiapkan kaos anda untuk diwarnai dengan cara membentuk dan memutar kaos menjadi spiral. Ikatlah kaos dengan tali atau karet dan pastikan ikatan ini kuat sehingga tidak akan lepas dengan mudah.

2. Selanjutnya, kamu harus melarutkan bubuk pewarna dengan air hangat. Pilihlah warna yang kamu suka. Kamu juga bisa mencampur warna-warna dasar untuk menghasilkan warna tertentu yang kamu inginkan.

3. Warnailah kaos sesuai dengan bagian-bagian spiral yang telah kamu buat. Setelah itu masukkanlah kaos ini ke dalam kantong dan diamkan selama 24 jam.

4. Setelah kamu membiarkannya seharian, bukalah kantong dan cek apakah warna sudah meresap dengan benar di kain kaosmu. Jika sudah, bilaslah kaos tersebut lalu jemurlah hingga kering.

Ini adalah cara buat tie dye dikaos bekas. Selamat mencoba di rumah ya!

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *