Cara Buat Thumbnail Pada Blog Dengan Gambar Ilustrasi

Diposting pada

Thumbnail atau gambar kecil pada situs atau blog memang menjadi suatu keharusan ada pada sebuah blog, tidak semua sih, mungkin bagi sebagian blogger saja, tapi saya yakin masih banyakan yang mengunakan thumbnail daripada yang tidak.

Thumbnail

Apa itu Thumbnail?

Thumbnail adalah gambar kecil yang ditampilkan umumnya pada halaman utama blog, atau pada halaman arsip.

Thumbnail sebetulnya tidak begitu berarti pada blog maupun situs namun banyak para pembuat theme atau templat thumbnail ini adalah elemen yang penting harus ada, mungkin untuk mempercantik tampilah beranda pada blog, mungkin juga diharapkan menjadi daya tarik pada saat artikel sebelum dibuka, iya juga sih” seperti halnya di Youtube gambar Thumbnail menjadi kewajiban dibuat semenarik mungkin sebagai daya tarik pengunjung untuk mengkliknya.

Di Blogger.com sendiri thumbnail memang secara otomatis ditampilkan apabila pada postingan disisipkan gambar, atau bisa juga tergantung templat yang digunakan, ada yang suka ditampilkan ada juga yang disembunyikan.

Pada WordPress gambar thumbnail dikebanyakan tema default yang ada tidak otomatis menampilkan gambar thumbnail walaupun didalam postimgan sudah banyak gambarnya, bila ingin menampilkan gambar thumbnail maka harus disisipkan pada featured image. Bisa menampilkan thumbnail otomatis dengan memanfaatkan plugin, ada banyak tersedia di WordPress ada yang gratis juga ada yang berbayar. Tanpa plugin pun juga bisa yang harus disesuaikan adalah pada themenya, gunakan theme yang memang memiliki feature ini.

Pada kebanyakan theme WordPress, bila tidak menyisipkan gambar pada featured image maka thumbnail yang akan ditampilkan adalah gambar default yang diatur pada theme, bukan gambar dari postingan walaupun pada postingan sudah ada gambarnya, lain pada Blogger.com satu saja gambar disisipkan pada postingan walaupun bukan tujuannya untuk gambar thumbnail, maka secara otomatis gambar itu akan jadi gambar thumbnail, kecuali pada templatnya memang feature ini sengaja dihilangkan.

Dinternet begitu banyaknya gambar yang diupload dari yang original sampai yang reupload, mungkin jumlahnya tidak terhitung lagi saking banyaknya, sampai pada akhirnya banyak para Blogger tidak lagi menggunakan gambar yang nyata, Mereka berpindah menggunakan gambar ilustrasi saja.

Menggunakan gambar ilustrasi tentunya memang membutuhkan sedikit kreatifitas dari para Blogger, karena yang digunakan hanya mencerminkan saja dari bahasan pada artikel, bisa dibilang bukan gambar nyata.

Cara buat Thumbnail ilustrasi dengan mudah.

Bagaimana cara membuatnya?

Cara membuatnya tentu sangat mudah sekali, bahkan sebetulnya bukan membuat, cukup dengan mendownload saja, sudah banyak situs yang memang menyediakan gambar-gambar ilustrasi, ada yang gratis juga yang berbayar.

Berikut situs-situs penyedia gambar-gambar ilustrasi gratis:

Ouch.

Yang pertama ada Ouch, ada banyak gambar ilustrasi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, disesuaikan bahasan konten yang lagi digarap, ada banyak kategori gambar ilustrasi yang bisa dipilih, berikut:

  • Hewan
  • Latar Belakang
  • Bisnis
  • COVID-19
  • Clipart
  • Dekorasi
  • Elemen
  • Desain
  • pendidikan
  • Acara
  • Makanan
  • Kesehatan
  • Hobi
  • Liburan
  • Militer
  • Alam
  • Objek
  • Pekerjaan
  • Orang-orang
  • Olahraga
  • Teknologi
  • Transport
  • Elemen Web

Juga dipisahkan sesuai stylenya misalkan Abstrak dan banyak yang lainya, silahkan kunjungi situsnya, ada lebih dari 30 model gambar ilustrasi yang tersedia. Silahkan kunjungi Ouch.

Manypixels.

Manypixels saya rekomendasikan bagi para Blogger yang ingin membuat atau mempercantik tampilan blog atau situsnya, dengan gambar-gambar ilustrasi yang mudah, sebelum kita download warna gambar bisa disesuaikan keinginan, yang pasti gambar ilustrasi dari manypixels ini gratis bebas royalti. Ada beberapa kategori model gambar ilustrasi yang bisa dipilih seperti:

  • Monochromatic
  • Isometric
  • Two Color
  • Flatline
  • Outline

Pada setiap kategori model ilustrasi ada banyak pilihan gambar yang bisa dipilih, didownload sesuai keinginan.

Bila Anda lagi membutuhkan gambar ilustrasi silahkan bisa lihat dihalaman situsnya manypixels.

Ira Design.

Ira design juga adalah situs untuk download gambar ilustrasi yang gratis, file gambar bisa didownload dalam format SVG dan PNG, Ira Design memiliki kesamaan dengan Manypixels yaitu bisa merubah warna sebelum memutuskan untuk mendownloadnya, silahkan kunjungi situsnya Ira Design untuk mendapatkan gambar ilustrasi untuk project Anda.

Lukaszadam.

Lukaszadam juga adalah situs download gambar ilustrasi yang gratis, dari beberapa situs gambar ilustrasi yang sudah disebutkan diatas lukaszadam juga tidak jauh berbeda, yang membedakan mungkin pada cara download filenya, kalau situ-situs lainnya didownload bisa satu persatu, lain dengan lukaszadam, file dalam kategori didownload secara keseluruhan dalam file ZIP dan nanti bisa diektrak dan diedit ulang, silahkan kunjungi situsnya untuk mengetahui lebih detil Lukaszadam.

UnDRAW.

Situs penyedia gambar ilustrasi selanjutnya adalah UnDRAW, situs ini juga menyediakan banyak gambar ilustrasi yang bisa didownload secara gratis dalam format SVG atau untuk blog post sosial media dan lain-lain bisa didownload dalam format PNG. UnDRAW juga memiliki tool untuk merubah warna sebelum memutuskan untuk didownload, dan juga cara mendownloadnya bisa satu persatu sesuai gambar yang akan kita gunakan saja. UnDRAW memiliki kelebihan menurut saya dari situs lainnya, pada cara downloadnya yang mudah tinggal klik pada gambar yang akan didownload, maka akan langsung terbuka link downloadnya. Lebih detil silahkan kunjungi undraw.co.

Pngdownload.id

pngdownload.id adalah situs penyedia gambar-gambar dengan format file ektensi .PNG yang bisa didownload dan dipergunakan secara gratis.

Pada situs-situs diatas tentunya gambar ilustrasi sudah jadi tinggal pakai saja, nah ini ada cara lain untuk membuat Thumbnail gambar ilustrasi yaitu menggunakan gambar dari situs pngdownload.id, disana kita bisa menemukan dan mendownload gambar icon dan juga ilustrasi dengan format PNG, dengan gambar yang sudah didownload pngdownload.id selanjutnya kita tinggal mengeditnya menggunakan software yang dimiliki seperti Photoshop atau yang lainya.

Mengunakan cara ini maka kreatifitas kita dibutuhkan untuk menghasilkan gambar Thumbnail ilustrasi yang baik dan enak dipandang mata, tentunya akan meningkatkan minat para pengunjung untuk membaca artikel yang kita buat.

Kelebihan dari pngdownload.id adalah, selama saya menggunakannya yaitu mudah dalam mencari dalam bahasa Indonesia, karena saya Orang Indonesia, dan yang pastinya pngdownload.id gambarnya sangat lengkap.

Selain untuk kebutuhan membuat gambar thumbnail pngdownload.id juga menyediakan gambar-gambar format PNG lainnya, seperti gambar bingkai, lebih tahu gambar apa saja yang disediakan situs pngdownload.id silahkan kunjungi halaman situsnya.

Bagaimana mudahkan cara buat Thumbnail ilustrasi atau gambar kecil untuk featured image pada WordPress dengan cara diatas.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *