Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Cara buat ads.txt Adsense pada WordPress dan Blogspot

1 min read

Kemarin sore dapat notifikasi pada akun Adsense kurang lebih seperti ini:

Penghasilan Anda berisiko-Satu atau beberapa  situs Anda tidak meiliki file ads.txt. Perbaiki hal ini sekarang agar tidak berdampak buruk pada pendapatan Anda.

Sempat kaget juga karena memang saya baru menerima notifikasi seperti ini dan juga tidak mengerti masalahnya ada dimana, selain itu belum pernah baca juga tentang ads.txt ini apalagi untuk cara mengatasinya.

Coba searching ternyata sudah banyak yang share perihal ads.txt ini dari hanya sekedar sharing saja tanpa solusi dan ada juga yang memberikan solusinya dari cara membuat ads.txt dan cara upload atau memasangnya disitus.

Pertama yang saya harus tahu tentunya adalah bagaimana cara membuat ads.txt pada situs WordPress yang saya miliki?

Ternyata cara membuatnya sangat mudah karena memang sudah dijelaskan oleh Google dalam artikelnya https://support.google.com/adsense/answer/7532444?hl=id kita tinggal mengikuti saja seperti yang dijelaskan. Pertama harus dilakukan untuk membuat ads.txt publisher Adsense ini adalah:

Buat ads.txt wordpress self hosting

  • Buka notepad pada komputer
  • Copy kode ads.txt yang dicontohkan pada notepad, kode ads.txt yang seperti ini google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 ganti pub-0000000000000000 dengan nomor penayang Adsense masing-masing.
  • Simpan / Save notepad yang berisi kode tadi dengan nama ads.txt

Membuat ads.txt Adsense publisher sudah selesai tinggal langkah kedua yang harus saya ketahui yaitu cari cara untuk memasangnya pada situs WordPress yang saya miliki, ternyata tidak terlalu sulit hanya butuh akses ke file manager pada cpanel dimana situs yang kita  miliki di hosting.

  • Buka file manager pada cpanel, kebetulan saya menggunakan layanan hosting dari Indoworx jadi akses file manager cukup dengan melalui client area.
  • Buka public_html lalu pilih Upload cari file notepad ads.txt yang sudah dibuat tadi, tunggu sampai proses upload selesai.
  • Cek pada public_html apakah ads.txt sudah terinstal.
  • Untuk memastikan ads.txt publisher Adsense sudah berpungsi cek dengan cara buka namasitus/ads.txt 

Bagaimana bila situs kita adalah yang di hosting Google seperti Blogger Blogspot?

Cara pasang ads.txt pada Blogger Blogspot

Memasang ads.txt pada Blogger Blogspot tentu lebih mudah lagi karena memang sudah disediakan tempat untuk memasang kode dari ads.txt Adsense publisher ini.

  • Buka Setelan
  • Pilih  Preferensi penelusuran
  • Edit pada Monetisasi / ads.txt kustom
  • Masukan kode ads.txt Adsense publisher seperti diatas jangan lupa ganti kode nomor penayang lalu simpan

Mudah bukan cara buat ads.txt Adsense pada situs WordPress dan blogspot? setidaknya menurut saya mudah dengan hanya membaca tutorial 1 kali sudah bisa menerapkannya pada situs saya.

RELATED :  Menunggu PIN Verifikasi alamat untuk pembayaran Google Adsense

Sekian semoga bermanfaat.

Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *