Cara beli Tiket Kapal Laut (PELNI)

Cara beli tiket kapal laut tidak semudah beli tiket pesawat bisa dimana-mana, banyak penjual atau agen yang tersedia. Pembelian tiket PELNI atau kapal laut secara online dalam prosesnya sama saja, namun tiket kapal laut terkendala pada keberangkatannya yang terbatas.

Pembelian tiket kapal laut bisa dilakukan secara online melalui aplikasi agen yang sudah bekerjasama, tetapi yaitu tadi agen yang menyediakan tiket kapal laut ini bisa dibilang sangat terbatas. Pembelian secara online melalui agen sepengalaman saya sendiri, pada salah satu aplikasi pesan tiketnya harus jauh-jauh hari karena ketersediaanya terbatas, terutama pada jadwal keberangkatannya, sebagai contoh saya membelikan tiket untuk teman yang akan berangkat ke Tanjung Pinang melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, ketika tiket dicarikan pada tanggal 2 dibulan ini November 2022, tersedianya pada tanggal 15, 18, sama 29 November 2022.

Baca juga:

Kemudian saya carikan tiketnya pada website resminya PELNI, ternyata pilihan waktu keberangkatnya dalam satu bulan lebih banyak, keberangkatan Tanjung Priok ke Kijang Tanjung Pinang terdekat dari tanggal 2 November adalah pada tanggal 4 November, dan dipastikan tiket pada tanggal 4 November tersebut masih tersedia.

Perlu diperhatikan sebelum membeli tiket PELNI online

Kemudian ada yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelian atau booking atau reservasi tiket PELNI ini, dimana reservasi atau pembelian tiket secara online melalui pelni.co.id harus dilakukan 3×24 jam sebelum kapal berlayar MESKIPUN TIKET DI WEBSITE MASIH TERSEDIA, ini penjelasan dari CS PELNI saat ditanyakan melalui chat WhatsApp resminya. Setelah melakukan pemesanan tiket melalui pelni.co.id silahkan lakukan pembayaran pesanan pada hari yang sama atau sesuai pada aplikasi, setelah pembayaran berhasil bukti pembayaran tersebut harus ditukarkan dengan tiket di loket atau kantor PELNI maksimal 1×24 jam sebelum kapal berlayar, artinya setelah pembayaran pesanan tiket melalui pelni.co.id, bukti pembayaran tersebut harus ditukarkan 1 hari sebelum jadwal keberangkatan yang dipilih pada tiket.

Untuk calon penumpang yang lokasinya jauh dari loket atau kantor PELNI tempat menukarkan bukti pembayaran dengan tiket, tidak disarankan melakukan reservasi tiket PELNI secara online melalui pelni.co.id, karena setelah mendapatkan tiket maka penumpang harus menunggu 1×24 jam lagi sampai waktu keberangkatan. Apabila ingin melakukan pembelian tiket PELNI secara online dan lokasi anda jauh, disarankan anda memiliki saudara atau teman yang lokasinya dekat dengan tempat penukaran tiket, nantinya saudara atau teman anda yang menukarkan bukti pembayaran dengan tiket dan menyimpannya sampai anda menjemputnya ketika anda mau berangkat.

Setelah melewati batas booking tiket (3×24 jam sebelum berlayar) pembelian tiket bisa dilakukan di kantor cabang keberangkatan pada hari dan jam kerja maksimal 3 jam sebelum berlayar. Seperti sudah disebutkan diatas, untuk calon penumpang yang jauh baiknya memiliki kenalan di lokasi pemberangkatan kapal, untuk bisa membantu membelikan tiket, jangan sampai pada saat tiba tiket sudah habis.

Cara beli Tiket Kapal Laut (PELNI)

Bagi anda yang ingin melakukan pembelian tiket kapal laut (PELNI) secara online bisa melaui website pelni.co.id. Berikut caranya:

  1. Siapkan KTP, nomor HP dan email yang aktif
  2. Silahkan buka website pelni.co.id/reservasi-tiket atau bisa juga di aplikasinya
  3. Pilih pelabuhan keberangkatan
  4. Pilih pelabuhan tujuan
  5. Masukan jumlah penumpang (dewasa, anak, bayi)
  6. Pilih tanggal atau bulan keberangkatan (pada saat memilih tanggal itu akan ditampilkan ketersediaan dalam satu bulan)
  7. Pilih kelas kapal
  8. Klik pada CARI PELAYARAN
Pilih tujuan perjalanan
  1. Pilih tiket dan kelas yang tersedia sesuai budget anda, namun harus diingat tiket tersedia akan tidak bisa dipesan ketika batas maksimal waktu pemesanan sudah terlewati seperti sudah disebutkan diatas, tiket yang tersedia tersebut hanya bisa dipesan secara langsung dikantor keberangkatan.
Pilih tiket dan kapal tersedia
  1. Baca syarat dan ketentuan atau close saja
Persyaratan calon penumpang
  1. Masukan nama sesuai KTP
  2. Masukan email aktif untuk menerima bukti pembayaran
  3. Masukan nomor HP
  4. Masukan alamat sesuai KTP
Pengisian informasi pemesan
  1. Masukan kembali nama penumpang atau bisa juga mengklik Data pemesanan sama dengan data penumpang
  2. Masukan nomor NIK
  3. Pilih tanggal lahir sesuai KTP dengan memilih
  4. Pilih jenis kelamin
  5. Centang pada persyaratan dan ketentuan
  6. Centang pada kode keamanan (I’m not robot
  7. Klik LANJUT
Pengisian informasi calon penumpang
  1. Verifikasi pesanan tiket, apabila masih ragu dengan data yang dimasukan silahkan klik BATAL saja untuk memperbaiki data, dan apabila sudah dirasa benar silahkan klik saja PESAN.
Verifikasi pemesanan tiket
  1. Pilih metode pembayaran sesuaikan yang termudah untuk anda, apabila menggunakan virtual account bisa disesuaikan dengan bank yang dimiliki, misal saya sendiri menggunakan BRI virtual account dan pembayarannya melalui BRIMO.
Pilihan metode pembayaran
  1. Metode pembayaran sudah dipilih, lanjut klik BUAT REQUEST PEMBAYARAN
Pilihan metode pembayaran
  1. Silahkan bayar pesanan tiket PELNI pada virtual account yang diberikan, bayar sebelum batas waktu yang ditentukan, apabila melewati batas waktu pembayaran silahkan ulangi pemesanan kembali dari awal.
  2. Terima email bukti pembayaran, silahkan lanjut tukar bukti pembayaran dengan tiket melalui loket atau kantor PELNI terdekat. Pastikan penukaran dilakukan maksimal 1×24 jam atau sehari sebelum berlayar.
Kode pembayaran booking tiket
  1. Setelah tiket PELNI berhasil didapatkan, anda tinggal menunggu jadwal pemberangkatan, pastikan tidak terlewatkan dan pastikan datang lebih awal sebelum jadwal berlayar, minimal 3 jam sebelumnya.

Seperti itulah cara beli tiket kapal laut (PELNI), sebelum membeli tiket secara online pastikan membaca ketentuan-ketentuannya, seperti: pastikan reservasi tiket PELNI 3×24 jam sebelum berlayar, pastikan menukarkan bukti pembayaran dengan tiket 1×24 jam sebelum berlayar.

Apabila bepergian dalam keadaan mendesak sebaiknya pembelian tiket PELNI dilakukan di loket atau kantor PELNI 3 jam sebelum pemberangkatan atau jadwal berlayar.

Tinggalkan komentar