Cara Bayar Virtual Account BRI (BRIVA) Dari Bank lain

Diposting pada

Cara bayar virtual account BRI (BRIVA) melalui bank lain, sama-sama gratis biaya admin pada beberapa banking, memang bisa? Tentu bisa”

Dengan perkembangannya BRIVA yang tadinya hanya bisa dibayarkan di jaringan BRI saja dengan fitur khusus BRIVA, kini semakin dimudahkan pembayaran pun bisa dari bank lain, simak ulasannya berikut untuk mengetahui caranya.

Virtual Account BRI atau sering disebut BRIVA, BRIVA adalah kode pembayaran yang terdiri dari beberapa digit angka semacam nomor rekening pada umumnya, namun nomor BRIVA ini berbeda dengan nomor rekening tabungan, BRIVA sebelumnya tidak bisa ditransfer selain dari jaringan BRI melalui pembayaran BRIVA. Kini nomor BRIVA bisa ditransfer seperti halnya transfer kerekening tabungan biasa, caranya seperti berikut:

Transfer BRIVA melalui mobile banking

Untuk yang menggunakan aplikasi mobile banking bank lain selain BRI.

  • Silahkan gunakan fitur transfer antar bank atau transfer ke bank lain pada aplikasi banking yang digunakan
  • Pilih tujuan bank Bank Rakyat indonesia (BRI), kemudian masukan nomor BRIVA
  • Langkah selanjutnya sama saja dengan transfer antar bank, pastikan bahwa nomor virtual account BRI sudah benar, pastikan juga untuk BRIVA ini pada saat verifikasi nama, didepan sebelum nama itu diawali nama intansi BRIVA atau perusahaan dan kemudian nama pemilik, bisa nama lengkap atau hanya nama profil, (contoh “BRIVA Hendi Junaedi, BRIVA PLS864208894_TOKPEDHEND “)

Transfer BRIVA melalui ATM / EDC

Bagi yang menggunakan kartu ATM melalui mesin ATM atau EDC.

  • Silahkan gunakan menu transfer bank lain
  • Masukan kode bank BRI 002, kemudian masukan nomor BRIVA-nya
  • Langkah selanjutnya, masukan nominal dan kemudian verifikasi kembali nomor dan nama tujuan seperti halnya melalui mobile banking diatas.

Virtual Account BRI (BRIVA)

Perlu diperhatikan, untuk nominal sendiri BRIVA memiliki dua sistem:

  1. Ambil tiket terlebih dahulu baru kemudian mendapatkan kode BRIVA baru bisa dibayar, metode ini pada beberapa perusahaan nomornya ada yang berubah-ubah dan ada juga yang tetap. Untuk yang nomornya selalu berubah baru bisa digunakan setelah checkout pesanan (sebagai contoh misal ditoko online), pengguna disarankan tidak harus menyimpan nomor BRIVA, karena akan berubah pada setiap akan melakukan pembayaran. Kemudian untuk yang tetap sendiri sama halnya, yang berbeda hanya pada nomornya yang tetap pada setiap permintaan pembayaran, BRIVA ini bisa disimpan untuk keperluan kedepannya apabila mau melakukan pembayaran yang sama.
  2. Nomor virtual account yang tetap tidak perlu ambil tiket, sistemnya seperti halnya rekening tabungan, pengguna bisa transfer sesuai keinginan atau keperluan, namun tentunya biasanya satu perusahaan ada yang membatasi saldo maksimalnya, untuk hal ini silahkan bisa diperharhatikan pada S&K perusahaan tersebut. Pada kebanyakan virtual account yang melebihi batas maksimal penyimpanan dana maka transaksi akan ditolak.

Perlu diperhatikan nominal pembayaran

Perlu diperhatikan dengan nominal, ini perlu diperhatikan sebelum melakukan transfer kerekening BRIVA yang menggunakan sistem nomor (1) diatas, pastikan nominal yang ditransfer sama persis dengan yang harus dibayar, kalau tagihan dibayarkan tidak sesuai dengan nominal tagihannya sekalipun hanya 1 Rupiah dibelakangnya, maka akan berakibat dana tidak terkonfirmasi secara otomatis, pengguna pun harus direpotkan verifikasi transfer secara manual melalui CS perusahaan yang dituju.

Mungkin itulah cara bayar Virtual Account BRI (BRIVA) di bank lain, dan sedikit mengulas 2 sistem BRIVA yang memiliki perbedaan dalam menggunakannya. Diatas disebutkan pembayaran BRIVA dari bank lain ada yang gratis biaya admin, bisa dicontohkan pembayaran BRIVA melalui bank digital seperti Neo Commerce, Line Bank, dan Bank Jago.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *