Cara bayar denda BPJS online bisa di Tokopedia, denda beda ya sama iuran bulanan

Berikut adalah cara bayar denda BPJS online, dan cara dibawah ini adalah pembayarannya melalui aplikasi Tokopedia, namun sebelumnya sedikit saya berikan gambaran tentang dendaan BPJS Kesehatan itu sendiri.

Terkadang masih ada peserta yang tidak mengetahui tentang denda dari BPJS Kesehatan ini, peserta tahunya ketika membayar semua tagihan itu sudah termasuk dendanya dan kartu pun sudah bisa digunakan kembali, pada kenyataannya kartu tidak bisa digunakan ketika berobat ke rumah sakit, dan rumah sakit pun memberikan alasan bahwa kartu BPJS Kesehatan sudah tidak aktif dan harus membayar dendanya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya kembali, selain itu perlu diketahui juga oleh peserta BPJS, bahwa pembayaran denda dan pembayaran premi itu berbeda.

Premi dan denda berbeda cara pembayarannya

Perlu diingat bayar denda BPJS online berbeda dengan pembayaran iuran bulanan atau premi meski sama – sama online. Ketika anda mau membayar denda BPJS Kesehatan maka anda harus membayar lunas terlebih dahulu seluruh total iuran sesuai tagihan yang tertera pada saat membayar, sesuai jumlah bulan menunggak di kali jumlah premi perbulan di kali jumlah keluarga yang terdaftar.

Ketika kartu BPJS Kesehatan sudah melewati batas waktu yang ditentukan maka secara otomatis kartu BPJS Kesehatan tersebut pun dinonaktifkan. Untuk mengecek aktif atau tidaknya kartu BPJS Kesehatan bisa melalui media chat whatsapp chika, setelah mengetahui kartu BPJS Kesehatan sudah tidak aktif maka selanjutnya anda bayar saja tunggakan premi secara keseluruhan, setelah tunggakan premi dilunasin maka selanjutnya anda bayarkan dendanya.

Cara bayar denda BPJS online di Tokopedia

bayar denda BPJS online

Cara bayar denda BPJS online bisa melalui aplikasi Tokopedia, namun sebelum melakukan pembayaran pastikan anda sudah mendapatkan kode pembayaran denda BPJS Kesehatan, untuk cara mengetahui atau cek denda BPJS Kesehatan bisa dicek disini;

Untuk pembayaran:

  • Silahkan buka aplikasi tokopedia
  • Buka menu top-up & tagihan
  • Pilih menu BPJS
  • Pada jenis BPJS silahkan pilih BPJS denda
  • Masukan nomor VA BPJS
  • Verifikasi nama dan nominal denda
  • Silahkan lakukan pembayaran dengan metode pembayaran pilihan anda di tokopedia
  • Pembayaran denda BPJS Kesehatan berhasil, dan kartu peserta anda sudah bisa digunakan kembali untuk berobat di rumah sakit.

Cara mengetahui dan cek denda BPJS Kesehatan

Seperti disebutkan diatas sebelum bisa melakukan bayar denda BPJS online maka harus membayar lunas terlebih dahulu premi yang tertunggak, dan setelah premi dibayar lunas kemudian apabila anda sudah di rumah sakit maka dokter akan mengecek BPJS anda dan apabila ada denda pihak rumah sakit akan memberikan kode pembayaran denda BPJS dan juga nominal dendanya, silahkan anda bayar dendanya di tokopedia yang paling mudah menurut saya, atau bisa di tempat lain sesuai petunjuk pihak rumah sakit yang menangani.

Kode pembayaran BPJS Kesehatan untuk pembayaran denda ini sepengalaman saya adalah nomor kartu BPJS Kesehatan yang biasa digunakan untuk bayar premi bulanan, sebagai contoh;

Semisal nomor kartu 0000001305162909 untuk bayar premi bulanan, dan untuk membayar denda nomor kartunya tetap yang sama namun angka nol diganti 88888 menjadi 8888801305162909.

Tetapi tetap harus di ingat” sebelum bayar denda bayar dulu premi bulanannya secara keseluruhan barulah bayar dendaan dengan cara diatas, apabila ingin membayar denda sebelum kerumah sakit silahkan bisa dicoba gunakan nomor kartu peserta untuk cek dan bayar dendanya, seperti pengalaman saya diatas.

Lebih mudah lagi cek denda BPJS Kesehatan cukup di aplikasi Mobile JKN, namun tentunya peserta harus sudah registrasi mobile JKN dan berhasil login dengan NIK dan nomor kartu BPJS Kesehatan yang sesuai.

Seperti itulah bayar denda BPJS online melalui aplikasi tokopedia, mudah dalam pembayaran bisa menggunakan Gopay atau transfer bank sesuai pilihan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.