Bunyi Ngorok Motor Matic, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Bunyi Ngorok Motor Matic – Bunyi kasar atau ngorok pada motor matic seringkali jadi masalah serius buat sebagian orang. Selain bikin pusing tujuh keliling, bunyi ngorok motor matic juga bikin risih. Ada banyak faktor yang menyebabkan bunyi berisik pada bagian belakang motor matic. 

Baca juga: Tutorial Automotif lainnya disini.

Oleh karena itu, kamu harus lebih teliti lagi dalam mencari penyebabnya. Nah, artikel kali ini akan membahas apa saja yang bisa menyebabkan bunyi ngorok pada motor matic dan cara penanganannya. Simak sampai akhir ya biar kamu tahu informasi lengkapnya. 

Penyebab Motor Matic Berbunyi Berisik

bunyi ngorok motor matic

Inilah beberapa hal bisa bikin motor matic milikmu berbunyi berisik. Kalau kamu bukan ahli di bidang otomotif, sebaiknya lakukan service di bengkel terpercaya untuk mengatasi beberapa hal berikut. 

Faktor pertama yang bisa bikin bunyi ngorok motor matic adalah V-belt yang aus. Karena sudah terlalu lama, V-belt yang aus menimbulkan bunyi pada bagian rumah CVT. Kondisi V-belt yang aus mirip dengan rantai yang kendur, sehingga tutup CVT kerap kali bergesekan dengan belt. 

Selain menimbulkan bunyi berisik, V-belt yang sudah aus juga membuat tenaga motor bermasalah. Tenaga motor seringkali tidak sesuai dengan putaran gas motor. 

  1. Laher pulley : Penyebab yang kedua karena laher pulley. Laher pully yang bermasalah bisa bikin motor kamu berisik meskipun dalam posisi mati. Biasanya suara berisik ini akan terdengar saat rodanya kamu putar. Saat posisi menyala pun, suara berisiknya juga nggak berkurang. 
  2. Mangkok kopling : Pada bagian mangkok kopling atau clutch housing biasanya ada lem yang merekatkan casing dan mangkok kopling itu sendiri. Nah, ketika lem pada bagian ini habis, motor kamu juga bisa bersuara bising pada bagian CVT-nya. Biasanya masalah ini bisa kamu atasi dengan cara sederhana. Yakni dengan menambahkan lem besi baru biar daya rekatnya lebih kuat dan nggak ada suara berdecit lagi. 
  3. Roller : Faktor keempat yang bisa sebabkan bunyi ngorok motor matic adalah bagian roller. Bagian ini biasanya sudah peyang atau bahkan berubah bentuk. Makanya muncul suara ketika kamu menarik gas. 
  4. Kampas kopling : Menipisnya kampas kopling ternyata juga bisa bikin suara berisik pada motor matic. Umumnya suara yang muncul adalah suara berdecit. Selain itu, kampas kopling yang menipis juga menyebabkan kecepatan motor tidak terlalu tinggi. 
  5. Plastik slider tutup rumah roller : Berikutnya ada bagian plastik slider tutup rumah roller yang sering menimbulkan bunyi berisik pada bagian CVT. Jika mengalami keausan, rongga pada bagian ini akan berukuran semakin besar dan suaranya bisa semakin berisik. 
  6. Girboks : Faktor ketujuh yang menyebabkan suara kasar pada motor matic adalah adanya kerusakan pada girboks. Kerusakan yang biasa terjadi adalah laher di girboks yang sudah aus karena usia pemakaian. Akibatnya ada bunyi dengung yang keras di belakang rumah CVT. Selain usia pemakaian, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada girboks. Yakni jarang ganti atau cek oli, dan membiarkan terjadi kebocoran pada ruang gearbox. 

Cara Mengecek Suara Berisik Pada Motor Matic

  1. Untuk mengetahui penyebab pasti bunyi ngorok motor matic, kamu harus melakukan pengecekan secara menyeluruh. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek sumber suara dengan membuka blok CVT. 
  2. Setelah membuka blok CVT, putarlah roda bagian belakang untuk mengecek apakah suara kasar tersebut masih terdengar atau tidak. Jika masih terdengar, bukalah bagian mangkok kopling untuk mengontrol kondisi laher pulley. 
  3. Cek kondisinya dengan memutar roda belakang. Bila masih terdengar bunyi ngorok motor matic, kemungkinan besar kondisinya sudah aus. Sebaliknya, jika tidak terdengar suara kasar, cobalah untuk memasang pulley tanpa V-belt. 
  4. Putar lagi roda belakang motor untuk mengecek suaranya. Apabila timbul suara kasar dari putaran roda, bisa dipastikan bahwa laher pulley mengalami kerusakan. 

Cara Mengatasi Suara Kasar Karena Kerusakan Laher Pulley

  • Untuk mengatasi kerusakan laher pulley belakang, solusinya adalah menggantinya dengan yang baru. Kamu bisa membawa motormu ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya agar mendapatkan penanganan yang tepat.  Sebenarnya bunyi ngorok motor matic dapat kamu antisipasi dengan melakukan servis secara rutin. 
Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *