Biaya admin Bank yang ditetapkan untuk Agen di Aplikasi BRILink Mobile


Admin Rp.0 untuk pembayaran BRIVA Shopee

Ditulisan kali ini saya akan coba sampaikan apa yang saya tahu yaitu tentang biaya admin Bank yang dibebankan kepada Agen dalam setiap transaksi yang nantinya akan di bagi 50:50 setelah dipotong PPN (untuk fee 10 rb kebawah tidak dikenakan PPN) antara Bank dan Agen.

Kita contohkan biaya Admin yang dibebankan oleh Bank kepada Agen adalah Rp.3000 maka  perhitungannya adalah 3000:2=1500 dan 1500 itulah menjadi bagian sharing fee untuk Agen, lalu yang 3000 itu darimana? itu adalah didebet langsung dari rekening terdaftar atau rekening sumber dana Agen BRILink yang sudah didaftarkan saat pendaftaran kecuali transfer ke Bank lain dan Transfer sesama BRI menggunkan ATM Nasabah/Pelanggan.

Pada saat mau mendaftar sudah dijelaskan cara daftar dan juga persyaratannya selain identitas diri,SKU,NPWP yang harus disiapkan sebelum pendaftran adalah mempunyai Rekening BRI dan rekening inilah nantinya akan menjadi sumber dana dari transaksi kita pada aplikasi BRILink mobile, jadi darimana dana yang ditransfer atau untuk bayar tagihan yang kita transaksikan di aplikasi BRILink mobile? tentu uang Agen yang ada direkening sebagai dana cadangan atas transaksi Nasabah atau Pelanggan yang kita layani atau bisa disebut juga modal usaha Agen BRILink.

Kita kembali ke judul tulisan kali ini, untuk biaya Admin Bank yang dibebankan kepada Agen sebetulnya hampir sama dari semua transaksi yang bisa dilayani di aplikasi BRILink mobile kecuali transfer ke Bank lain dan ada beberapa layanan yang tidak ada beban biaya admin akan coba sampaikan secara rinci dibawah ini:

  1. Transfer sesama BRI menggunakan ATM Agen Rp.3000 didebet dari rekening Agen
  2. Transfer sesama BRI menggunakan ATM Nasabah Rp.3000 didebet dari rekening Nasabah
  3. Transfer ke Bank lain menggunakan ATM Agen Rp.15000 didebet dari rekening Agen
  4. Transfer ke Bank lain menggunakan ATM Nasabah Rp.15000 didebet dari rekening Nasabah
  5. Setor simpanan Rp.3000 didebet dari rekening Agen
  6. Setor simpanan kerekening unit kerja yang sama dengan Agen Rp.0,- jangan heran bila melakukan setor simpanan kerekening 1 unit kerja ada yang gratis biaya admin, tetapi tidak semua walaupun rekening dikeluarkan oleh unit kerja yang sama dengan agen ada juga yang normal biaya admin.
  7. Tarik tunai Rp.3000 didebet dari rekening Nasabah
  8. Pulsa Rp.1500 didebet dari rekening Agen
  9. Pulsa paket  Rp.1500 didebet dari rekening Agen
  10. Bayar tagihan BPJS kesehatan Rp.2500 didebet dari rekening Agen
  11. Bayar tagihan PLN Rp.3000 didebet dari rekening Agen
  12. Beli token PLN Rp.3000 didebet dari rekening Agen
  13. Pembayaran BRIVA Rp.2500 (Bimasakti Bebas bayar) dan untuk (Bukalapak,Tokopedia,Shopee, OVO dan Payfazz ini yang pernah saya layani) Rp.0 
  14. Pembayaran cicilan Rp.3000 didebet dari rekening Agen
  15. Setor pinjaman BRI Rp.0 diaplikasi BRILink Mobile fitur ini masih dalam pengembangan
  16. Untuk yang lainnya yang tidak di informasikan disini artinya saya belum pernah melayani.
  17. Update fee Nopember 2018 disini

Biaya admin diatas bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Bank BRI dan khusus transfer ke Bank lain menggunakan ATM baik itu menggunakan ATM Agen atau Nasabah pernah saya melayani transfer dengan nominal Rp.5.000.000 itu dikenakan biaya Rp.20.000,- dengan fee yang kita dapat bukan 50:50 tetapi saya hanya mendapatkan Rp.7.000,- karena dipotong PPN (ini adalah pengalaman saya) bila salah mohon dikoreksi dan bila ada yang pernah alami bisa di share di kolom Komentar.

Sesuai yang diaturkan sharing fee bagi Agen adalah dibagi dua setelah dipotong PPN dari total biaya admin yang dibebankan pihak Bank dan bagaimana bila tidak ada beban biaya admin? tentu pastinya Agen tidak akan mendapatkan sharing fee, lantas darimana Agen mendapatkan keuntungan? Agen mendapatkan keuntungan dari biaya admin yang dibebankan Agen ke Nasabah/Pelanggan yang biasanya lebih besar daripada biaya admin yang dibebankan pihak Bank kepada Agen dan dari sinilah Agen mendapatkan keuntungan tanpa bagi-bagi, bagi saya sharing fee adalah sebagai bonus atas transaksi yang sudah berhasil karena hasil fee dimasukan langsung kerekening Agen secara berkala.

Tanpa Admin Bank tanpa sharing fee”

Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat bagi yang membaca dan utamanya buat saya menjadi catatan keseharian saya untuk saya baca kembali dikemudian hari. Terimakasih

3 comments

  1. Mau tanya Pak. Saya melakukan transaksi setoran ke rek BRI Rp.300.000. Disistem tertulis ADM Rp.3.000. jadi total saldo terpotong harusnya Rp.303.000. Tapi setelah saya hitung, saldo saya terpotong sekitar Rp.307.629. Mohon pencerahan Pak.😔

  2. Sy tadi setor tunai lewat bri link. Rek tujuan BRI, Trus dikenakan biaya admin 8rb 😩 pdhal biasanya cma 5rb doang. Entah agen bri link nya yg nambah2in atau emang ada kenaikan biaya admin dri BRI itu sndiri? Mohon pencerhannya. Biar agen2 nakal bisa ditindak mah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *