Bayar BPJS Ketenagakerjaan melalui BRIMO BRI

Photo of author

Bagi Anda yang mau bayar BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki BRIMO BRI, Anda bisa bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan tersebut melalui BRIMO.

Dalam aplikasi BRIMO kini sudah hadir fitur bayar BPJS Ketenagakerjaan, fiturnya tersedia pada menu BPJS pada aplikasi BRIMO.

Fitur bayar BPJS Ketenagakerjaan pada aplikasi BRIMO belum seluruhnya tersedia, bayar BPJS Ketenagakerjaan yang sudah tersedia adalah untuk jenis kepesertaan Individu atau Bukan Penerima Upah (BPU), untuk jenis kepesertaan PU dan Jasa Konstruksi belum tersedia di BRIMO.

Fitur bayar BPJS Ketenagakerjaan pada BRIMO sangat membantu bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki BRIMO, dimana ketika mau bayar iuran tidak perlu pergi kemana-mana cukup buka BRIMO dan bayarkan.

Meskipun untuk saat ini hanya kepesertaan BPU atau Individu saja yang bisa dibayarkan di BRIMO, tetapi ini sudah cukup rasanya, karena untuk PU sendiri itu tentunya dibayarkan oleh Perusahaan, sangat jarang dibayar secara sendiri-sendiri.

Baca juga: Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan melalui Agen BRILink

Untuk saat ini informasinya peserta BPU terus meningkat, dengan dipermudahnya pembayaran iuran melalui BRIMO, maka kemungkinan keterlambatan pembayaran iuran akan semakin berkurang, dengan tidak ada alasan lagi jauh atau susah tempat pembayaran.

bayar bpjs ketenagakerjaan

Cara bayar BPJS Ketenagakerjaan

Berikut cara bayar BPJS Ketenagakerjaan melalui BRIMO:

  1. Siapkan NIK Peserta (pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan cukup dengan NIK)
  2. Buka dan Login aplikasi BRIMO
  3. Pada halaman utama pilih menu Lainnya
  4. Temukan menu BPJS pada kategori Iuran dan Donasi
  5. Pilih Pembayaran Baru
  6. Pilih Jenis BPJS > BPJS Ketenagakerjaan
  7. Masukan nomor KTP atau NIK Peserta
  8. Pilih Periode Pembayaran 1-12 Bulan > Klik Lanjutkan
  9. Verifikasi Nama Peserta (inisial) > Klik Bayar
  10. Cek kembali Nomor Peserta, Nama (inisial), dan nominal tagihan > Klik Bayar > Masukan PIN BRIMO.

Sampai disini bayar BPJS Ketenagakerjaan melalui BRIMO sudah berhasil, untuk melihat masa periode bayar atau masa perlindungan bisa dilihat pada bukti bayar. Apabila bukti bayar lupa tidak disimpan, bukti bayar bisa dilihat kembali pada Catatan Aktivitas, pada Catatan Aktivitas sendiri datanya biasanya tidak langsung update, apabila belum muncul silahkan tunggu beberapa waktu kedepan dan cek lagi.

Cara menyimpan nomor Peserta di BRIMO

Apabila ingin menyimpan nomor Peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk pembayaran selanjutnya, supaya tidak repot masukan NIK kembali, pada BRIMO fiturnya sudah tersedia, pada langkah 9 diatas silahkan centang Simpan untuk selanjutnya dan masukan nama Peserta. Apabila nomor Peserta sudah tersimpan pada BRIMO maka pada pembayaran selanjutnya tinggal pilih saja pada list nama tersimpan.

Dengan makin di mudahkannya pembayaran BPJS Ketenagakerjaan ini tentunya diharapkan Peserta lebih dimudahkan dalam membayar iuran, tidak lagi ada kata terlambat bayar karena lokasi tempat pembayaran yang jauh.

Kelebihan bayar iuran BPJS Ketenagakerjaan di BRIMO

Kelebihan bayar BPJS Ketenagakerjaan melalui BRIMO, selain dekat dan mudah cukup digenggaman, bayar iuran melalui BRIMO tidak dikenakan biaya admin alias GRATIS, apabila misalkan bayar JKM,JKK tagihannya 16.800 maka segitulah bayarnya, berbeda misalkan bayar iuran di Agen BRILink, maka ada biaya 2.500 menjadi 19.300 perbulan.

Pembayaran BPJS Ketenagkerjaan bisa dimana saja yang sudah bekerjasama, bagi Peserta yang suka belanja di Tokopedia pembayaran pun bisa di lakukan di Tokopedia, atau ditempat lainnya berikut ini:

Tempat pembayaran BPJS KETENAGAKERJAAN.

  • Teller bank: Mandiri, BNI, BRI, BJB, BCA, KB Bukopin, BTN
  • Mesin ATM: Mandiri, BNI, BRI, KB Bukopin, BJB
  • Internet banking: Mandiri, BNI, BCA
  • LinkAja
  • Indomaret
  • Shopee
  • Alfamidi
  • Alfamaret
  • Tokopedia
  • Finbox
  • Agen BRILink

Apabila melakukan pembayaran di tempat-tempat seperti disebutkan diatas selain BRIMO, ada beberapa yang membebankan biaya admin dan ada juga yang tidak, jika pembayaran di Outlet-Outlet atau Agen tentunya biaya admin pasti ada, karena Mereka menjual jasa harus ada lebihnya, nominal tagihan yang tertera itu adalah diluar biaya admin, ketika Outlet atau Agen ingin mendapatkan fee sebagai biaya jasanya, maka Outlet atau Agen akan membebankan biaya lebih dari nominal tagihan iuran BPJS Ketenagakerjaan yang tertera. Biaya tambahan yang disebut biaya admin nominalnya kadang kala berbeda disetiap Outlet atau Agen, biasanya antara 2.500-3.000 saja.

Tinggalkan komentar