Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Batre Printer Taffware bisa meledak, lakukan cara ini untuk menggantinya tanpa harus beli”

2 min read

Printer sebagai alat untuk mencetak bukti transaksi yang sah terutama bagi seorang Agen BRILink Mobile, tentu berbeda dengan Agen BRILink EDC yang sudah include jadi satu Printer Thermal didalam alat yang dinamakan mesin EDC ini, jadi tidak perlu lagi membeli alat terpisah.

BRILink Mobile membutuhkan alat cetak struk terpisah karena memang dasarnya BRILink mobile adalah berbentuk aplikasi yang untuk diisntal pada perangkat smartphone yang Agen atau calon Agen gunakan untuk komunikasi setiap hari.

Menjadi Agen BRILink Mobile tidak diberikan alat secara pisik semisal mesin EDC, dan memang termasuk dalam salah satu syarat menjadi Agen BRILink Mobile itu adalah memiliki smartphone yang mendukung untuk diistal aplikasi yang diberi nama BRILink Mobile ini.

Tentu nantinya bila dalam bertransaksi seorang Pelanggan akan membutuhkan satu bukti transaksi yang disebut struk, struk ini dihasilkan dari yang namanya alat Printer yang harus dibeli oleh dan dengan uang Agen itu sendiri.

Printer yang digunakan untuk cetak struk transaksi BRILink Mobile adalah Printer yang suport koneksi Bluetooth. Banyak merk Printer Bluetooth yang sudah suport aplikasi salah satunya adalah merk Taffware, merk ini sudah banyak digunakan oleh pengguna BRILink Mobile dan juga aplikasi-aplikasi lainnya.

Printer Bluetooth dengan merk Taffware ini adalah yang saya gunakan juga untuk cetak struk BRILink Mobile sudah kurang lebih 1 tahunan.Untuk kualitas cetak bisa dibilang mumpuni dan tidak ada masalah pada mesin. Tetapi masalahnya datang dari batre ynag cepat aus dan bila sudah aus maka  daya batre tidak bisa bertahan lama jadinya caharger harus selalu nempel.

Semakin lama dipaksain digunakan dengan terus dicas maka pada akhirnya batre sudah tidak bisa lagi menampung daya dengan ditandai lampu merah selalu berkedip selama charger digunakan dan tidak akan pernah mati terus berkedip. Bila sudah seperti ini hati-hati jangan dipaksakan terus dicas akibatnya batre akan menggelembung dan terus mengelembung pada akhirnya bisa meledak seperti pernah saya alami juga.

RELATED :  Transaksi transfer dari ATM Nasabah BRILink mobile bisa tanpa datang ke Agen

Segera ganti batre Printer dengan yang baru dengan cara membeli yang kisaran harganya sekitar 200 ribuan hampir separo harga printer itu sendiri. Batre Printer merk Taffware bisa dibeli, yang lebih mudah mencarinya adalah di online shop jadi tidak perlu repot-repot kesana kemari dan harga bila dibandingkan dengan kita cari di toko offline yang temtunya membutuhkan ongkos juga, tenaga pula, makan waktu juga mendingan kalau ketemu, menurut saya masih murahan beli ditoko online.

Ganti batre dengan membeli yang baru tidak saya lakukan pada saat batre sudah aus dan meledak, saya lebih memilih membuka dan membongkar komponennya batre yang meledak tersebut untuk digunakan dengan cara merangkainya dengan batre jenis lain yang kebetulan pada saat itu saya memiliki beberapa batre bekas HP yang sudah tidak dipakai namun kondisinya masih baik.

Melakukan cara ini tentunya memerlukan keahlian khusus, itu memang betul tetapi saya rasa tidak harus benar-benar ahli cukup sedikit mengerti tentang komponen listrik sudah cukup yang utamanya memiliki alat-alat yang dibutuhkan seperti yang utamanya adalah alat tester dan juga solderan.

Cara mempraktekannya tidak terlalu sulit,

  1. Pertama buka penutup batre yang berada disebelah belakang Printer
  2. Copot batre
  3. Bongkar batre dengan cara mencukilnya (batre Printer merk Taffware ini didalamnya terdiri dari 2 batre yang dijumper dan yang terlihat diluar itu adalah wadahnya).
  4. Copot kabel dari kedua batre dengan cara memotong namun sebelum melepas semua kabel lihat-lihat dulu dan pahami arus pemasangan atau lebih mudahnya poto dulu yang sekira nantinya saat rangkai ulang akan rumit.
  5. Setelah semua kabel terlepas dari batre yang rusak tadi siapkan 2 batre bekas HP atau yang lainnya yang sesuai yaitu batre dengan tegangan 3,7 V per batre dan nanti bila sudah dijumper batre menjadi 7,4 V itu sudah cukup untuk Printer bekerja dengan baik, dan bila kurang dari 7,4 V Printer tetap menyala namun hasil cetak tidak jelas atau bahkan tidak muncul tulisan.(Voltage maksimal 9 V 1,5 A)
  6. Siapkan kabel yang lebih panjang karena nantinya batre tidak lagi didalam sangkarnya
  7. Rangkai kembali batre dan komponen
  8. Buat bolongan pada wadah batre yang lama yang tentunya masih digunakan karena komponennya tetap menempel pada wadah
  9. Buat bolongan pada penutup batre untuk lubang kabel ke batre yang nantinya posisinya dipasang diluar karena batre lebih besar dan tidak masuk pada wadah batre
  10. Setelah semua terpasang lakukan pengetesan terlebih dahulu dengan tester sebelum batre dipasang pada Printer pastikan arus sudah benar
  11. Bila sudah benar pasang kembali wadah batre yang sudah kosong karena batre sudah diganti dan dipindah keluar
  12. Hidupkan Printer dan cek dengan test print.
RELATED :  Mini ATM BRI Yang Punya Sistem Registrasi Paling Mudah

Bila dirasa hal ini dirasa sulit mungkin sebaiknya dilakukan oleh tukang elektro, saya rasa walaupun bayar tetapi tidak akan semahal beli batre baru dan yang terpenting adalah menggnati batre dengan cara diatas saya rasa batre sejenis HP itu jauh lebih tahan lama dan ukuran MAH-nya pun bisa disesuaikan mungkin bisa lebih besar jadi tidak sering cash lebih awet nantinya.

Dengan cara ini tidak ada yang dirubah pada arusnya tetapi karena batre tidak masuk maka batrenya mennjadi disimpan diluar.

Sekian artikel terkait Batre Printer Taffware bisa meledak, lakukan cara ini untuk menggantinya tanpa harus beli”, semoga bermanfaat.

Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

2 Replies to “Batre Printer Taffware bisa meledak, lakukan cara ini untuk…”

  1. Ass.. sy baru beli baterai baru untuk mengganti baterai sy yg meledak tapi baru ja beberapa bulan baterai baru tadi ikutan gelembung.. apa printernya yg rusak atau bagaimana ya???

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *