Atasi Gredek Pada Vario dengan Ganti Kampas, Performa Jadi Makin Oke

Diposting pada

Atasi Gredek Pada Vario – Vario merupakan salah satu motor matic yang cukup populer karena kapasitas mesinnya yang besar. Tapi sayangnya, ada satu penyakit honda Vario yang seringkali bikin repot. Yaitu CVT yang gredek. Nah, buat kamu yang punya masalah serupa, artikel ini akan membahas solusi atasi gredek pada Vario. 

Lebih jelas dan mudah dipahami bisa disimak pada vidionya, link ada diakhir artikel, untuk pertanyaan, saran dan kritik atau sekedar sharing silahkan dikolom komentar Youtube, nanti akan dibalas langsung oleh mekaniknya.

Penyebab Gredek Pada Honda Vario

Masalah gredek pada Vario disebut-sebut sebagai penyakit bawaan karena banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini. Sebenernya gejala gredek pada Vario disebabkan gesekan kampas ganda pada motor dengan mangkok CVT yang kurang klop. 

Salah satu penyebabnya adalah permukaan mangkok CVT yang kotor. Debu pad mangkokan CVT ini menghalangi gesekan kampas, sehingga muncul getaran dan suara gredek yang cukup mengganggu. Biasanya suara gredek ini muncul saat mulai jalan, karena kampas pada motor baru bergesekan. 

Selain pada Vario, motor PCX pun memiliki masalah yang sama. 

Solusi untuk Gredek Honda Vario

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gredek pada Honda Vario 125 & 150 atau pada PCX. Salah satunya adalah dengan membersihkan bagian mangkok CVT dan kampas ganda di bengkel resmi secara rutin. 

Selain membersihkan mangkok CVT dan kampas ganda, kamu bisa atasi gredek pada Vario dengan memodifikasi mangkok CVT. Cara ini terbilang lebih efisien, karena gredek tidak akan muncul lagi meskipun kamu jarang servis. 

Memodifikasi bagian mangkok CVT bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Pertama dengan melubangi mangkok CVT agar ada jalur buangan untuk debu. Mangkok CVT bolong-bolong bisa kamu temukan dengan mudah di pasaran. 

Atau yang kedua menggantinya dengan kampas NMax. Nah, supaya hasilnya lebih oke, sebaiknya amplas dulu permukaan kampas ganda yang bergesekan sebelum dipasang. Selain dengan Nmax, kamu juga bisa pakai mangkok CVT dan kampas ganda Beat esp. 

Cara Pemasangan Kampas Ganda Beat Pada Vario

Setelah tahu cara atasi gredek pada Vario, kini saatnya membahas cara pemasangan kampas ganda Beat esp dan NMax pada Honda Vario. 

1. Buka tutup CVT

Langkah pertama untuk memasang kampas ganda Beat esp ataupun NMax adalah membuka tutup CVT. Kamu bisa pakai kunci T 8 mm untuk membukanya. 

2. Pakai tracker penjepit mangkok 

Setelah tutup CVT terbuka, paka tracker penjepit mangkok kampas ganda. Selanjutnya gunakan kunci sok 14 mm untuk membuka mangkok CVT. 

3. Lepas kampas ganda bawaan

Berikutnya, lepas bagian kampas ganda bawaan pada Honda Vario. Gunakan kunci 39 mm lalu pasang kampas NMax ataupun Beat esp. 

Cara pasang kampas ganda modifikasi terbilang mudah. Tapi, ada hal penting yang harus kamu perhatikan saat atasi gredek pada Vario. Biar hasilnya maksimal, bersihkan dulu bagian mangkok CVT dan bagian lainnya dari debu. 

Pada saat pemasangan pun, kamu harus memastikan bahwa tidak ada gemuk yang menempel pada bagian kampas ganda maupun mangkok CVT. Jadi, tanganmu harus benar-benar bersih. Jika mangkok CVT ataupun kampas ganda dalam kondisi kotor, maka gredek bisa makin parah. 

Setelah memodifikasi kampas ganda Vario, gredek yang sering dirasakan saat pertama jalan bisa berkurang. Nah, supaya kondisinya tetap prima, kamu tetap perlu melakukan servis secara berkala untuk membersihkan mangkok CVT dan bagian lainnya. 

Upgrade Roller CVT Pada Honda Vario

Supaya motor Vario makin maksimal performanya, kamu bisa upgrade roller CVT. Karena karakter pengendara berbeda-beda, kamu bisa mengubah bagian roller dengan bobot lebih ringan agar akselerasinya lebih oke. 

Kamu bisa memodifikasi roller Vario dengan Suzuki Spin yang lebih ringan. Tapi, mengganti roller juga tidak bisa kamu lakukan secara asal-asalan. Makin enteng roller yang kamu pakai, maka makin cepat pula akselerasinya. 

Tapi, top speednya bisa sedikit menurun. Sebab itulah, saat atasi gredek pada Vario patuhi batas toleransinya. Yakni dengan menaikkan berat roller sekitar 2-3 gram saja.  Nah, itulah cara atasi gredek pada Vario yang perlu kamu tahu. Gredek pada Vario umumnya tak bisa hilang sepenuhnya. Hanya saja, getarannya dapat berkurang saat kamu melakukan perawatan rutin ataupun melakukan modifikasi, simak vidionya untuk lebih jelasnya. 

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *