Pengalaman Menggunakan Aplikasi Pinjaman Online, Easycash, Rupiah Cepat, Kredit Pintar

Inilah pengalaman saya sendiri (penulis) menggunakan aplikasi pinjaman online (pinjol) 3 aplikasi sekaligus, dari ketiganya adalah aplikasi pinjaman online Easycash, Rupiah Cepat, dan Kredit Pintar.

Pengalaman menggunakan aplikasi pinjaman online

Ada tiga aplikasi pinjaman online yang saya pernah gunakan, dan pengalaman menggunakan ketiga aplikasi ini saya bagikan disini.

aplikasi pinjaman online

Easycash

Pertama kali menggunakan aplikasi Easycash mendapatkan limit yang cukup besar yaitu 6.000.000, saya ambil karena tergoda bunganya terbilang rendah kebetulan lagi ada promo lumayan buat nambah – nambah modal usaha.

Pencairannya sangat cepat bisa dalam hitungan menit setelah menandatangani perjanjian secara digital, dana langsung dikirim kerekening bank yang sebelumnya sudah didaftarkan terlebih dahulu.

Jumlah dana yang dikirim atau yang debitur terima adalah sudah dikurangi biaya admin, sebagai contoh pinjaman saya diatas adalah sejumlah 6.000.000 untuk 2 kali priode bayar dalam 30 hari, dan yang diterima itu hanya 5.400.000, jadi bisa Anda hitung berapa biaya adminnya, biaya admin yang ditetapkan adalah sebesar 600.000, apabila dihitung artinya 100.000/1.000.000 untuk 2 priode 30 hari.

Selain biaya admin atau biaya layanan yang dipotong langsung ketika pencairan tentunya ada bunga juga yang harus dibayar, total pengembalian dari sejumlah pinjaman diatas adalah 6.372.000, bisa kita hitung berapa bunganya, yaitu 372.000.

Pada pertama kali meminjam saya tidak tahu kalau biaya adminnya segitu besarnya, karena memang pada saat kita mengajukan tidak ada rincian terkait biaya adminnya, dalam perjanjian memang disebutkan bahwa pemberi pinjaman berhak menetapkan biaya – biaya atas pinjaman namun tidak disebutkan secara gamblang nominalnya.

Kemudian bagaimana dengan cara pembayaran pada aplikasi Easycash ini?

Cara pembayaran cukup mudah, saya sendiri memilih menggunakan BRIVA karena saya pengguna internet banking BRI.

Bagaimana apabila terlambat membayar apakah ada penagihan?

Jangankan terlambat membayar, ketika 5 hari sebelum jatuh tempo pun sudah ditelpon setiap hari, memberitahukan jatuh tempo pembayaran, apalagi kalau terlambat membayar kayanya setiap jam ditelponin, untuk saya sendiri membayar tepat waktu jadi belum tahu bagaimana cara mereka menagih ketika telat membayar.

Berapa kenaikan limit setelah pinjaman pertama pembayaran lancar?

Kenaikan limit dari pertama meminjam adalah 1.500.000, pinjaman pertama diberikan 6.000.000 dan kedua kalinya diberikan limit 7.500.000 tapi belum saya ambil.

Sebelum memutuskan meminjam di aplikasi pinjol Easycash sebaiknya baca dan pahami isi surat perjanjian secara keseluruhan.

Rupiah cepat

Untuk aplikasi Rupiah Cepat saya sendiri mendapatkan limit terbilang kecil untuk pertama kali meminjam, hanya 2.000.000, dengan rincian pinjaman sebagai berikut:

  • Lama pinjaman = 2 priode 30 hari (2 kali bayar dalam 30 hari)
  • Jumlah yang diterima = 1.000.000
  • Biaya layanan = 199.000
  • Bunga = 16.200
  • Total yang harus dikembalikan = 2.16.000

Apabila melihat bunganya sangat kecil sekali hanya 16.000 karena lagi didiskon, tetapi untuk biaya layanan itu tidak jauh berbeda dengan aplikasi Easycash, per satu juta itu sekitaran seratus ribuan sama – sama dipotong saat pencairan.

Cara pembayaran Rupiah Pintar

Cara pembayaran ada beberapa pilihan bisa disesuaikan tergantung mana yang paling mudah, bisa menggunakan BRIVA, OVO, DANA, LINKAJA, dan Shopee Pay.

Rupiah Cepat sama halnya Easycash akan melakukan pemberitahuan via telpon setiap hari dari mulai 5 hari sebelum jatuh tempo, kalau terlambat bayar kayanya akan rugi dua kali, sudah kena denda ditagih juga iya, bisa – bisa tiap jam ditelponin atau apabila tidak membayar juga maka akan dijemput oleh depkolektor.

Kredit pintar

Kredit Pintar sebagai salah satu aplikasi pinjaman online yang sedikit berbeda dengan aplikasi pinjaman online lainnya. Kredit Pintar lebih terbuka diawal dengan biaya – biaya yang ditetapkan, ketika meminjam di aplikasi Kredit Pintar dengan nominal misalkan mendapatkan limit 2.300.000 maka yang diterima pun 2.300.000, dengan rincian sebagai berikut;

  • Lama pinjaman = 3 bulan
  • Jumlah pinjaman = 2.300.000
  • Pencairan nett = 2.300.000
  • Jumlah angsuran = 1.42.700 / bulan
  • Jumlah pengembalian = 3.128.100

Coba kita hitung berapa bunga+biaya lainnya dalam satu bulan dari pinjol Kredit Pintar ini: Jumlah pengembalian dikurangi pencairan nett (3.128.100 – 2.300.000 = 828.100), ketemulah bunga+biaya lainnya yaitu 828.100 selama 3 bulan.

Untuk menemukan berapa bunga+biaya lainnya perbulan tinggal hitung 828.100 dibagi 3 bulan (828.100 / 3 = 276.033), maka ketemulah bunga yang harus dibayar peminjam di Kredit Pintar untuk pinjaman 2.300.000 selama 3 bulan itu adalah 276.033.

Apabila melihat perhitungan ini maka Kredit Pintar, Rupiah Cepat, maupun Easycash itu bunganya kurang lebih sama saja, mungkin yang berbeda hanya sistem mereka saja.

Kesimpulan

Dari ketiga aplikasi pinjaman online (pinjol) yang disebutkan diatas tentunya menjadi pilihan bagi seseorang yang benar – benar membutuhkan pinjaman uang secara cepat.

Ketiga aplikasi pinjol diatas adalah benar – benar memberikan pinjaman cepat, namun tentunya mereka juga tidak serta merta memberikan pinjaman cepat, karena mereka memiliki cara sendiri untuk memverifikasi calon peminjamnya, diberikan atau tidaknya pinjaman tergantung dari hasil verifikasi.

Dari hasil verifikasi nantinya akan menentukan juga berapa jumlah pinjaman pertama kali yang diberikan, yang pasti jumlah pinjaman akan mulai diberikan dari nominal terkecil terlebih dahulu sesuai hasil verifikasi, kemudian akan meningkat tergantung dari kelancaran pembayarannya.

Ketiga aplikasi pinjaman online diatas memberikan limit pinjaman besar bahkan sampai 20 juta, namun apabila meminjam uang sampai sebesar itu di aplikasi pinjaman online bisa dibayangkan berapa biaya admin dan bunga yang harus dibayarkan, beberapa aplikasi memang memberikan bunga yang rendah namun dibalik itu ada biaya admin yang sangat besar dan dipotong ketika pinjaman dicairkan.

Ketika Anda memutuskan melakukan pinjaman online di aplikasi pinjol, baiknya pengalaman saya diatas menjadi masukan untuk dijadikan pertimbangan sebelum mengajukan pinjaman di aplikasi pinjaman online, rata – rata aplikasi pinjaman online menetapkan biaya admin tidak jauh berbeda, ingat bunga adalah pertimbangan kedua, yang pertama adalah biaya admin harus benar – benar diperhitungkan.

Khusus untuk Kredit Pintar lebih mudah dalam menghitung bunga+biaya lainnya yang harus dibayar, Kredit Pintar sendiri tidak memotong diawal untu biaya layanan atau adminnya, namun biaya lainya itu disatukan dengan bunga pada setiap angsuran yang dibayar sesuai tenor masing – masing, dana yang diterima ketika meminjam di Kredit Pintar itu adalah jumlah dana sesuai pengajuan, misal pinjam 2.300.000 maka yang diterima adalah 2.300.000.

Tinggalkan komentar