Aplikasi hapus latar belakang foto otomatis, 3 diantaranya sering digunakan oleh penulis

Berikut dibawah ini adalah beberapa aplikasi hapus latar belakang foto secara otomatis cukup secara online tanpa instal aplikasi dan yang pastinya gratis.

Sebelum membahas satu – persatu perlu diperhatikan bahwa dari beberapa aplikasi hapus latar belakang di bawah ini memiliki versi premium atau berbayar dan versi gratisnya.

User tetap bisa menggunakan versi gratisnya, namun ketika user menggunakan yang versi gratisnya maka ada keterbatasan dalam penggunaannya, paling umum yang dibatasi dari versi gratis ini adalah rendahnya resolusi atau kualitas foto yang dihasilkan dari aplikasi ini.

Ketika user menginginkan kualitas foto dengan kualitas terbaik dari aplikasi ini maka user harus berlangganan yang artinya ada biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa menggunakan versi premium dari aplikasi – aplikasi hapus latar belakang tersebut.

Menggunakan versi gratis dari aplikasi hapus latar belakang ini saya kira sudah cukup, apabila hanya untuk dicetak dengan ukuran semisal (3×4,4×6, sampai ukuran A4) itu masih bisa apalagi jika dilakukan perbaikan kualitas foto menggunakan software semisal photoshop.

Apabila ada software photoshop kenapa tidak gunakan software ini saja untuk hapus latar belakang, di photoshop juga bukannya ada tool hapus latar belakang foto secara otomatis?

Betul memang ada tool yang disediakan untuk hapus latar belakang secara otomatis di photoshop, tetapi bagi user yang tidak memahami tata cara penggunaannya bisa coba bandingkan kesulitannya dengan menggunakan aplikasi hapus latar belakang yang ditawarkan secara online, tentunya lebih cepat dengan hanya beberapa klik saja dan hasilnya memuaskan.

Lanjut ke pembahasan aplikasi hapus latar belakang yang saya maksud, disini tidak banyak yang saya sebutkan atau bahas karena memang banyak sekali aplikasi – aplikasi hapus latar belakang yang bisa digunakan secara online dan menawarkan versi gratisnya juga.

Mungkin saya akan mengulas cukup tiga aplikasi saja dan ketiga aplikasi ini sering atau setidaknya pernah saya gunakan untuk menghapus atau mengganti pada latar belakang sebuah foto.

Aplikasi hapus latar belakang foto otomatis

Remove BG

1. Remove BG

Aplikasi Remove BG sendiri sering saya gunakan untuk merubah atau menghapus latar belakang foto secara otomatis, bukan hanya itu Remove BG juga memiliki kelebihan dalam hal edit latar belakang, user bisa merubah atau menghapus bahkan mengganti warna latar belakang langsung di aplikasi, bisa juga mengganti latar belakang dengan foto – foto yang telah disediakan secara gratis pada aplikasi.

Remove BG tersedia aplikasinya yang bisa di download dan instal secara gratis pada PC. Menggunakan aplikasi yang diinstal tentunya lebih mempermudah dalam hal hapus atau ganti latar belakang foto dengan beberapa klik bisa merubah latar belakang banyak foto sekaligus.

Untuk bisa menggunakan aplikasi Remove BG yang terinstal di PC tentunya tetap komputer harus tersambung dengan internet, dan juga pastikan user sudah login melalui web browser dan pastikan sudah instal API Key pada aplikasi.

Untuk kualitas foto dari aplikasi Remove BG memiliki kualitas baik jika menggunakan versi premium, dan jika menggunakan versi gratis maka seperti sudah disebutkan diatas ada batasan pada kualitas dengan resolusi yang rendah.

Kelebihan dari Remove BG adalah hasil dari kerja aplikasi yang baik dalam menghapus latar belakang foto dengan rapi.

Selain Remove BG apabila user ingin mengunakan aplikasi yang mirip dengan Remove BG user bisa menggunakan Erase BG, Erase BG sangat mirip dengan Remove BG baik hasil kerja maupun tool yang ditawarkan. Erase BG tersedia aplikasinya bagi pengguna Android di Google play dan APP Store. Jadi ketika tidak ada PC bisa menggunakan aplikasi Erase BG di smartphone.

Clipping Magic

2. Clipping Magic

Clipping Magic saya kira adalah pilihan aplikasi hapus latar belakang dengan menawarkan tool terlengkap, dari hapus latar belakang, ganti warna latar belakang atau dengan foto, memotong foto, shadows foto dan lain – lain.

Tool yang ditawarkan oleh Clipping Magic lebih lengkap apabila dibandingkan dengan Remove BG, selain itu Clipping Magic memiliki kelebihan dalam hal kualitas foto dari hasil kerja aplikasi yang lebih baik dan rapi.

Clipping Magic apabila sudah memiliki akun bisa menyimpan foto yang diedit sebelumnya, bukan hanya menyimpan saja ketika foto sudah tersimpan maka bisa diedit kembali dikemudian hari.

Apabila user ingin kualitas foto yang dihasilkan kualitas tinggi maka user bisa berlangganan versi premium mulai dari 34,999/bulan.

Bg Eraser

3. Bg Eraser

Bg Eraser adalah aplikasi yang menawarkan tool yang sederhana yang benar – benar dikhususkan hanya untuk hapus latar belakang foto dengan format PNG tanpa tool tambahan pada aplikasi seperti halnya Remove BG ataupun Clipping Magic.

Kualitas foto yang dihasilkan aplikasi BG Eraser versi gratis;

  • Max Dimension: 1080×1080
  • Max Size: 2MB

Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal user bisa menggunakan versi premium dengan biaya berlangganan perbulandengan kualitas foto;

  • Max Dimension: 10000×10000
  • Max Size: 10MB

BG Erase menjadi pilihan yang tepat karena penggunaannya yang simpel dan memang tool yang disediakan hanya tool untuk hapus latar belakang saja.

Sampai pada kesimpulan, aplikasi mana yang direkomendasikan untuk hapus latar belakang foto secara otomatis yang gratis namun dengan kualitas terbaik?

Apabila menginginkan hasil dengan kualitas foto yang terbaik dalam versi gratis user bisa gunakan aplikasi BG Eraser, namun seperti sudah dijelaskan diatas bahwa BG Eraser tidak ada tool yang ditawarkan didalam aplikasi, BG Eraser hanya menawarkan tool hapus latar belakang saja tanpa bisa edit foto dalam aplikasi.

Apabila user lebih memilih tool yang lengkap didalam aplikasi maka direkomendasikan user gunakan Clipping Magic atau Remove BG, dengan menggunakan Clipping Magic atau Remove BG versi gratis kalau hanya untuk dicetak dengan ukuran kecil misal kurang dari A4 itu hasil cetaknya sudah lebih dari cukup.

Itulah kiranya tiga aplikasi hapus latar belakang foto yang bisa bekerja secara otomatis dan yang pasti ketiga aplikasi ini menawarkan versi gratisnya yang bisa digunakan oleh user tanpa biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.