Apakah jika internet banking terblokir ATM juga terblokir?

Diposting pada

Pertanyaannya, apakah internet banking terblokir kartu ATM pun ikut terblokir?

Jawabannya, tentu tidak”

internet banking terblokir

Internet banking yang terblokir atau diblokir tidak berpengaruh pada transaksi menggunakan kartu ATM, begitupun sebaliknya apabila ATM terblokir atau disable maka dengan internet banking masih bisa melakukan transaksi.

Pada banyak keluhan pengguna internet banking, yaitu seringnya lupa password dan pada akhirnya melakukan percobaan login sebanyak tiga kali, maka akun internet bankingnya otomatis terblokir, sama halnya dengan kartu ATM pun begitu, tiga kali salah memasukan PIN maka kartu ATM langsung terblokir.

Ketika hal ini terjadi, misal internet banking terblokir karena lupa password maka Nasabah bisa menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi, dan apabila sebaliknya pun begitu, apabila kartu ATM yang terblokir silahkan gunakan transaksi menggunakan internet banking.

Kedua metode transaksi diatas memang sudah disediakan oleh bank untuk mempermudah para Nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan, Nasabah tidak perlu mengantri di kantor bank, misal untuk ambil uang cash maupun transfer uang, Nasabah yang memiliki fasilitas kartu ATM pada rekening tabungannya bisa melalui mesin ATM ataupun melalui Agen-Agen yang sudah tersebar disetiap daerah.

Untuk transaksi melalui internet banking sendiri itu lebih mudah tanpa harus keluar rumah untuk urusan transfer, bayar, beli dan lain-lain pada fitur yang disediakan internet banking itu sendiri, kecuali tarik uang tunai tidak bisa dilakukan sendiri, bisa tarik tunai caranya harus datang ke Agen semisal Agen BRILink, lakukan transfer uang ke rekening Agen, dan Agen pun akan memberikan uang layaknya tarik tunai menggunakan kartu ATM pada mesin EDC yang disediakan oleh Agen, karena sama saja memindahkan dana kerekening Agen, yang berbeda hanyalah fasilitas yang digunakan, satunya dengan kartu ATM dan satunya lagi dengan melalui internet banking, nominal dananya sama sama masuk kerekening Agen.

Untuk Agen BRILink mobile bisa saja menggunakan fitur tarik tunai pada aplikasi BRILink mobile karena Nasabah sudah aktif mobile banking, namun tentunya ini tidak bisa dilakukan apabila kartu ATM terblokir, karena aksesnya tetap menggunakan nomor kartu ATM yang terblokir.

Untuk transaksi dengan kartu ATM sendiri sama-sama mudah, bedanya Pengguna harus mendatangi mesin ATM ataupun Agen yang tersedia mesin EDC, semua transaksi perbankan bisa dilakukan dengan melalui fasilitas kartu ATM, termasuk tarik uang tunai.

Jadi bagaimana, pertanyaan apakah jika internet banking terblokir ATM juga terblokir sudah terjawab?

Sudah terjawab dong” bahwa apabila internet banking terblokir maka kartu ATM tidak terpengaruh, masih tetap bisa digunakan untuk transaksi dimesin ATM atau Agen terdekat, begitupun sebaliknya.

Bagaimana apabila keduanya terblokir?

Tentunya kedua fasilitas tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi, harus dilakukan pengaktifan atau buka blokirnya terlebih dahulu, untuk buka blokir internet banking pada beberapa bank bisa dilakukan sendiri tanpa kebank contohnya buka blokir internet baking BRI, dan untuk buka blokir kartu ATM sendiri diharuskan kebank.

Pada suatu kasus tapi ini jarang terjadi apabila yang diblokirnya adalah akun bank atau nomor rekeningnya itu sendiri, bisa terjadi apabila ada yang melaporkan dengan dugaan keterlibatan kasus kejahatan, tentunya ini dilakukan oleh bank sesuai kebijakan dan aturannya, apabila ini terjadi maka semua akses perbankan pada akun yang diblokir tidak bisa digunakan.

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *