Apa itu kode BRIVA?


BRIVA adalah singkatan dari BRI virtual account, yang merupakan salah satu metode pembayaran yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Layanan ini ditujukan untuk mempermudah nasabah BRI dalam melakukan transaksi serta mengecek riwayat transaksi.

Bagi pemilik usaha, BRIVA dapat digunakan sebagai alat untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Selain praktis, cara pembayaran ini juga akan mempermudah Anda dalam mencatat transaksi usaha.

BRIVA atau BRI virtual account merupakan inovasi dalam metode pembayaran yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi tanpa harus menggunakan nomor rekening tabungan. Ini karena BRIVA adalah sebuah nomor rekening virtual yang terlihat seperti nomor rekening biasa dengan format angka yang sama. Namun, BRIVA menerapkan sistem personalisasi yang membuat kode BRIVA untuk setiap transaksi berbeda. Contoh, kode BRIVA untuk membayar tagihan listrik akan berbeda dari kode BRIVA untuk melunasi cicilan motor.

BRIVA juga merupakan metode pembayaran otomatis yang diproses secara real-time, sehingga setelah pelanggan menyelesaikan pembayaran, Anda sebagai penerima dana akan langsung menerima pemberitahuan dan transaksi tersebut akan tersimpan secara otomatis dalam sistem.

BRIVA adalah suatu kemudahan bagi pemilik bisnis. Sistemnya yang otomatis dan real-time membuat semua transaksi dengan BRIVA akan langsung tersimpan dalam sistem. Ini akan memudahkan Anda dalam melacak transaksi tanpa harus melakukan verifikasi secara manual. Anda juga bisa tahu siapa pelanggan yang sudah membayar dan siapa yang belum.

Semua transaksi dengan BRIVA juga akan tercatat otomatis dalam database BRIVA. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi API BRIVA. Dengan dukungan teknologi ini, manajemen rekening usaha Anda akan lebih terstruktur. Tidak akan ada lagi transaksi yang hilang karena lupa dicatat. Jauh lebih efisien dan praktis!

Related Posts :  Cara mengetahui alamat pemilik rekening Bank "terkait penipuan"

BRIVA adalah layanan yang tersedia bagi masyarakat umum, namun tidak diperuntukkan bagi nasabah individu BRI. Untuk mengaktifkan BRIVA, pastikan Anda memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: menjadi nasabah BRI, pemohon merupakan pemilik badan usaha (PT, CV, atau PMA), yayasan, koperasi, institusi, atau lembaga, dan memiliki dokumen pendukung seperti identitas pemilik badan usaha atau lembaga, surat tanda bukti badan usaha, dan NPWP. Aktivasi BRIVA dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat dan menemui bagian customer service. Petugas akan meminta Anda untuk mengisi formulir permohonan aktivasi BRI, dan Anda hanya perlu mengikuti pengarahan dari petugas hingga proses selesai.

BRI menawarkan beragam metode pembayaran untuk transaksi yang berbeda-beda. Dalam ulasan ini akan dibahas dua jenis transaksi yang paling banyak digunakan, yaitu melalui BRImo dan mesin ATM BRI.

Transaksi melalui BRImo:

  • Masuk ke menu ‘Pembayaran’ di halaman beranda
  • Pilih opsi ‘BRIVA’
  • Masukkan kode BRIVA yang sudah diperoleh dan pastikan nominal yang ditampilkan sesuai sebelum memproses transaksi
  • Masukkan PIN BRImo
  • Sistem akan langsung memproses transaksi dan memberikan notifikasi jika transaksi berhasil

Transaksi BRIVA melalui mesin ATM BRI:

Untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM BRI, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke mesin ATM BRI dan masukkan PIN Anda.
  2. Pilih menu ‘Transaksi Lain’
  3. Pilih ‘Pembayaran’ dan klik ‘Lainnya’
  4. Pilih opsi ‘BRIVA’ dan ketikkan kode BRIVA yang sudah didapat. Pastikan detail transaksi sudah sesuai sebelum melanjutkan transaksi
  5. Klik ‘Ya’ untuk melanjutkan pembayaran
  6. Transaksi dengan BRIVA selesai dan tunggu sampai bukti pembayaran keluar dari mesin.

    Untuk cara transaksi BRIVA lengkapnya bisa dicek pada post cara bayar BRIVA Tokopedia, cara bayar BRIVA Bukalapak, cara bayar BRIVA melalui bank lain.

    Related Posts :  Pentingkah belajar Literasi Investasi sebelum berbisnis

    Tinggalkan komentar