Analisa Kerusakan Motor NMAX Mesin Bunyi Kasar

Diposting pada

Analisa kerusakan motor NMAX – Yamaha NMAX merupakan salah satu skutik besar yang cukup populer di Indonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya penggunanya saat ini. Bahkan berdasarkan dari data, Yamaha NMAX menjadi kendaraan dari Yamaha yang penjualannya paling banyak kedua setelah Mio.

Yamaha NMAX sejak diluncurkan pada 2015 silam memang tidak butuh waktu yang lama untuk menjadi primadona untuk para pencinta motor skutik. Namun, meski menjadi primadona bukan berarti NMAX tidak ada kekurangannya. Tentunya sebagai kendaraan yang digunakan sehari-hari, ada masanya untuk NMAX mengalami beberapa kerusakan.

Kerusakan pada motor NMAX yang cukup sering ditemui adalah adanya noise atau suara kasar. Tentunya ada beberapa penyebab yang membuat motor NMAX menimbulkan bunyi kasar. Namun, ada 3 part yang paling sering ditemui dalam kondisi tidak baik yang menyebabkan suara tersebut. 3 part tersebut adalah Tonjokan Keteng/Tensioner, Klep, dan Laher Noken As.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mengecek apa penyebab dari motor NMAX yang berbunyi, di sini akan membahasnya sedikit. Penasaran? Berikut pembahasan mengenai analisa kerusakan motor NMAX tersebut.

Analisa Kerusakan dari Motor NMAX yang Berbunyi Kasar Karena 3 Part Rusak

1. Tonjokan Keteng / Tensioner

analisa kerusakan motor nmax

Ada suara pada motor NMAX pertama bisa disebabkan karena tonjokan keteng atau tensioner yang sudah lemah. Ini bisa terjadi karena jam terbang motor yang tinggi ataupun kurangnya perawatan motor. Tonjokan keteng atau tensioner mempunyai fungsi untuk menekan lidah keteng. Jadi, apabila tensioner atau tonjokan keteng sudah lemah, maka sudah tidak mampu untuk menekan lidah keteng dan itulah yang menghasilkan bunyi berisik rantai keteng. Anda bisa menguji atau melakukan pengecekan suara dengan cara menekan tonjokan tensioner. Jika ketika Anda menekan tonjokan tersebut masih keras dan bunyi masih ada itu artinya tonjokan keteng masih berfungsi dengan baik. Tapi sebaliknya, jika mudah untuk ditekan, artinya komponen tersebut sudah aus dan sebaiknya segera diganti.

2. Klep

analisa kerusakan motor nmax

Analisa kerusakan motor NMAX yang menimbulkan bunyi selanjutnya adalah pada pelatuk klep. Suara yang ditimbulkan karena masalah komponen yang satu ini seperti pukulan benda yang keras karena celah klep yang longgar atau sudah oblak serta dudukan baut stopper yang sudah aus. Pelatuk klep sendiri bisa longgar atau oblak karena sering telatnya untuk mengganti oli ataupun memang kualitas komponen tersebut yang mudah untuk oblak. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, Anda bisa setel klep. Namun, bisa juga dengan menggantinya yang baru, tapi itu tergantung pada bujet yang dimiliki karena pelatuk klep harganya cukup tinggi untuk yang original. 

3. Laher Noken As

analisa kerusakan motor nmax

Selain dua masalah di atas, kerusakan part pada NMAX yang sering terjadi dan menimbulkan suara adalah kerusakan pada laher noken as. Kerusakan pada komponen ini bisa disebabkan karena terlambat mengganti oli ataupun laher noken as tersebut sudah mulai aus. Biasanya noken as bisa jebol karena seringnya telat ganti oli. Suara yang ditimbulkan karena kerusakan komponen ini hampir mirip dengan suara yang ditimbulkan karena tonjokan keteng yang sudah lemah, namun suara seperti berada di head silinder. Bila kerusakan ini dibiarkan terus bisa menimbulkan bahaya pada kendaraan apalagi pengendaranya. Dimana komponen bisa untuk pecah di dalam serta pelor masuk ke dalam mesin.

Bearing atau laher noken as sendiri yang sudah aus bisa diganti tanpa Anda harus mengganti noken as secara keseluruhan. Namun, apabila sudah diganti tapi masih menimbulkan suara, bisa dipastikan jika noken as rusak. Nah, ini penyebabnya bisa karena noken as yang sudah mulai terkikis di bubungan atau di area lobe. Noken as yang rusak bisa berpengaruh pada performa dari mesin motor juga selain menimbulkan suara yang kasar dan berisik. Performa mesin yang terpengaruh adalah pada tarikan.

Nah, apabila motor NMAX Anda sudah muncul berbagai gejala tersebut, sebaiknya lakukan segera cek noken as. Lalu jika terjadi kerusakan segera lakukan penggantian. Jangan sampai Anda biarkan masalah tersebut menjadi merembet ke bagian lainnya dari mesin.

Simak vidionya

Analisa kerusakan pada motor NMAX dengan suara mesin kasar ini bisa disimak vidionya di Jangeby Channel, apabila dirasa bermanfaat silahkan di like, share, comment & subcribe bagi yang belum.

Nah, demikian pembahasan di artikel ini mengenai analisa kerusakan motor NMAX yang menimbulkan suara terutama pada 3 part yang paling sering terkena. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *