Alasan Mengapa Banyak Yang Masih Bertahan dengan Windows 7

Alasan Mengapa Banyak Yang Masih Bertahan dengan Windows 7

Sejak pertama kali dirilis tahun 2009 lalu menggeser Windows Vista, Windows 7 hingga saat ini ternyata masih menjadi pilihan banyak pengguna PC atau Laptop terutama bagi kalangan lawas. Bukan karena ketinggalan zaman, namun ada berbagai hal dari windows 7 yang tidak bisa lagi ditemukan pada versi windows setelahnya baik windows 8, windows 8.1, hingga windows 10. Berikut ini beberapa alasan mengapa Aplikasi penting untuk laptop ini masih banyak pengguna dipertahankan:

Tidak Banyak Notifikasi

Windows 7 memang akan menampilkan menampilkan berbagai notifikasi baik update ataupun sistem windows yang perlu kamu aktifkan. Namun notifikasi yang ada di windows 7 tidak semasif yang ditampilkan windows 10. Window 7 dinilai tidak mengganggu konsentrasi dan produktivitas pengguna bila dibanding notifikasi windows 10 yang lebih terkesan “memaksa”. Tentu saja hal ini membuat penggunanya lebih nyaman saat bekerja dan tidak terganggu dengan berbagai pemberitahuan yang tiba-tiba muncul.

Stabilitas Lebih Baik

Stabilitas windows 7 jelas lebih teruji dibanding windows 10 yang masih terus dikembangkan. AI Cortana yang tersemat dalam window 10 juga justru sering dianggap mengganggu dan kurang berguna. Selain itu, windows 7 sudah diuji selama bertahun-tahun dan telah menemukan kestabilan terbaiknya dalam menjalankan berbagai software. Jika windows 10 masih banyak menyuntikan mayor update, windows 7 hanya membutuhkan update minor yang tidak terlalu berpengaruh pada sistemnya lagi. Aplikasi untuk windows 7 juga umumnya masih bisa berjalan di windows 10. 

Lebih Mudah Melakukan Tweeking

Windows 10 secara sistem jauh lebih rumit bila dibandingkan dengan windows 7 yang mana membuat penggunanya dapat lebih mudah menyesuaikan dengan kebutuhan dan spek pc mereka. Tentu saja, Windows 7 jauh lebih mendukung untuk hardware model lama yang sampai sekarang masih bisa diandalkan. Tweeking pada windows 7 tentunya jauh lebih mudah yang membuat sistem operasi ini lebih ringan dan cepat merespon program yang dijalankan. Sejumlah aplikasi untuk windows 7 juga lebih responsif dibanding bila berjalan di windows yang lebih baru.

Bisa Membatasi Update

Update sampai saat ini masih menjadi masalah bagi pengguna windows 10. Update yang terlalu sering serta membuat booting menjadi lebih lama karena keberadaan update tentunya membuat produktivitas seseorang menjadi terganggu. Bayangkan saja kamu punya pekerjaan yang harus segera diserahkan, namun kamu harus menunggu proses update yang tidak sebentar. Selain memakan waktu, kamu juga tidak ada pilihan lain ketika muncul tulisan shutdown & update pada tombol power ketika mematikan Pcmu. Berbeda dengan windows 7 yang memberikan pilihan kapan kamu bisa melakukan update dan memilih update aplikasi untuk windows 7 yang kamu butuhkan. 

User Interface Lebih Simpel

User Interface atau tampilan windows 7 jauh lebih simple dibanding windows 10. Tampilnya ini memang tidak terkesan sekeren windows 10, namun banyak pengguna yang justru nyaman dengan interface ini. Tidak seperti windows 10 yang tampilannya mirip UI smartphone karena awalnya dikebangkan untuk windows phone. Tampilan windows 7 yang sederhana ini justru lebih mudah diakses dan di custom sesuai keinginan penggunanya.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *