Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Dataran Dieng

Dataran Dieng adalah sebuah dataran tinggi yang terletak di jawa tengah, tepatnya berada di kabupaten banjarnegara dan kabupaten wonosobo. Dataran Dieng memiliki ketinggian kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu yang cukup dingin  berkisar 12-20C pada siang hari dan 6-10C pada malam hari pada musim kemarau suhu di dataran ini bahkan bisa mencapai 0C pada pagi hari. Untuk kamu yang akan berwisata ke dataran Dieng pastikan memakai pakaian yang hangat ya.

Dataran ini merupakan kawasan vulkanik dan terdapat banyak kawah serta danau-danau vulkanik yang berwarna kuning kehijauan. Warna ini disebabkan kandungan belerang yang ada di air danau tersebut. Itulah gambaran dataran Dieng secara umum. Dataran ini juga menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Jawa tengah. Udara nya yang dingin dan sejuk, membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke dataran ini.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke dataran tinggi Dieng. Berikut ini adalah aktivita-akitivitas seru yang bisa kamu lakukan di dataran tinggi Dieng

Menikmati Pemandangan Matahari Terbit di Puncak Bukit Sikunir

Lokasinya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh gunung, membuat dataran tinggi Dieng menjadi spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Salah satu tempat yang popular untuk emlihat matari terbit di dataran dieng adalah puncak bukit Sikunir. Dari puncak Sikunir kamu bisa melihat pemandangan Golden Sunrise. Sebagai informasi puncak  Sikunir merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari terbaik di Indonesia, lho.

tempat wisata dieng
(source : https://www.instagram.com/p/BpwDNP9FNkN/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=h3m7g3ziyxbo)

Untuk mencapai ke puncak dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Waktu yang tidak begitu lama, bukan?.  Lelah karena perjalanan selama 30 menit itu akan terbayar dengan pemandangan langka yang kamu dapatkan saat berada di puncak bukit. Melihat matahari terbit di puncak bukit Sikunir juga merupakan alternative untuk wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbit dari ketinggian tanpa harus mendaki gunung yang tinggi.

Selian melihat pemandangan matahari terbit, kamu juga akan dimajanjakan dengan pemandangan tiga puncak gunung sekaligus yaitu gunung Prau, Sindoro dan Sumbing. Saat kamu berada di puncak bukit kamu akan merasa seperti sedang berada di atas kawan karena pemandangn awan yang mengelilingi puncak bukit.

Berfoto Dengan Latar Belakang Kawah Sikidang

(source : https://www.instagram.com/p/BsZswHDghO0/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=cjdhc4crt8y7)

Kawah Sikidang merupakan tempat wisata yang sangat popular di Dieng. Kawah ini sangat mudah di akses dan ukurannya lebih kecil dibandingkan kawah-kawah lainnya. Pemandangan kawah yang di tutupi asap berwarna putih, menjadi latar belakang foto yang akan membuat foto kamu menjadi kekinian. Selain itu disini njuga terdapat banyak pedagangan yang berjualan oleh-oleh, dari mulai accesoris hingga belerang yang berbentuk bongkahan.

Mengunjungi Salah Satu Tempat Bersejarah di Dieng, Candi Arjuna

(source :https://www.instagram.com/novemlawalata/p/BtuDaquF6co/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1fhx09m80uwxv)

Selain pemandangannya, dataran tinggi Dieng juga dikenal dengan komplek candinya. Salah satu Candi yang terkenal yang ada di kawasan candi di dataran Dieng ini adalah Candi Arjuna. Candi ini merupakan salah satu candi Hindu tertua dan terbesar di Dieng. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno.

Berbelanja Oleh-Oleh Khas Dieng

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berwsiata kemanapun adalah membeli oleh-oleh. Dataran tinggi Dieng memiliki berbagai macam oleh-oleh khas mulai dari benda dan juga makanan. Oleh-oleh khas Dieng yang terkenal yaitu.

1.Carica

Carica adalah buah khas Dieng. Bentuknya mirip seperti pepaya. Kamu bisa memebeli carica dalam bentuk kemasan atau minuman.

2.Mie Ongklok Instant

Mie Ongklok merupakan kuliner khas Dieng yang sangat terkenal dan kelezatan nya sudah tidak diragukan lagi. Selain bisa makan langsung di restorannya, mie Ongklok juga tersedia dalam bentuk mie instant, lho.

3.Kopi dan Susu Purwaceng

Purwaceng merupakan tanaman obat yang tumuh di dataran Dieng yang memiliki khasiat utnuk menghangatkan tubuh, saraf dan otot.

4.Teh Tambi

Teh ini memiliki rasa dan aroma yang kuat. Teh yang tumbuh di dataran tinggi Dieng ini, memilii kualitas yang baik.

Gravatar Image
Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *