Agen BRILink sampingan main Adsense

Hari-hari yang sangat menegangkan menunggu blog yang saya daftarkan ke google adsense dalam peninjauan diterima atau ditolak. 

Hampir sudah beberapa bulan kebelakang saya buat coretan-coretan tentang pembahasan seputar Bisnis Agen BRILink termasuk didalamnya dari mulai penjelasan tentang apa itu BRILink dan Agen BRILink sampai cerita keseharian saya sendiri sebagai salah satu Agen.

Diawal saya lebih kepada hobi dalam membuat blog ini namun memang saya adalah Orang yang gampang bosan walaupun itu adalah hobi saya sampai mungkin sudah puluhan kali, puluhan blog saya buat tapi gak ada keseriusan dari saya untuk mengelolanya dan pada akhirnya sampailah pada suatu masa saya merasa ini adalah kesempatan saya untuk serius dalam hobi saya.

Ngeblog buat saya lebih kepada hobinya saya dalam otak-atik templat padahal itu tidaklah penting sehingga hobi saya itu sudah merugikan saya sendiri secara materi dan waktu. Saya adalah Orang yang selalu ingin tahu tentang hal baru apalagi berhubungan dengan namanya dunia IT khususnya internet sampai-sampai saya terobsesi ingin menjadi salah satu Orang yang sukses berpenghasilan dari internet.

Obsesi hanyalah obsesi terkadang jauh dari harapan sudah beberapa kali gagal dan sudah beberapa kali merugi mengeluarkan modal untuk suatu obsesi yang tak pernah saya jalani dengan serius dan pada akhirnya saya sendiri yang merugi. Dari gonta-ganti templat dari yang gratis sampai dengan yang berbayar, dari hosting yang gratis sampai hosting yang berbayar sudah saya coba demi hobi saya.

Hobi tinggal hobi dari mulai ngeblog yang tidak jelas arahnya dan pada akhirnya saya memutus untuk membeli web blog yaNg sudah jadi namun ternyata semuanya kandas karena ketidak seriusan saya dalam mengelola dan selalu-dan selalu penyebab kandasnya adalah kata BOSAN, TIDAK FOKUS DAN KETIDAK PUASAN PADA HASIL SENDIRI .

Pada suatu ketika mungkin memang sudah seharusnya saya berhenti mengejar yang tidak jelas mulailah saya dari awal kembali sambil menjalani hari-hari saya sebagai seorang Agen BRILink terpintaslah ide kenapa saya tidak mulai lagi dari awal dengan berusaha membangun sebuah blog dari nol dengan mencoba tidak menargetkan blog itu akan sukses dan saya niatkan saya akan fokuskan pada blog yang akan saya rintis kembali itu.

Dengan diawali cari-cari diinternet tetapi kali ini saya tidak cari yang sifatnya akan membuat saya malas untuk buat konten tetapi kali ini saya fokuskan mencari sesuatu ide untuk konten dalam blog baru saya ini, saya tidak lagi memperdulikan akan tampilan blog templatpun cukup memakai templat gratis.

Sebenarya sudah terpintas dalam pikiran saya kenapa saya tidak membahas yang sehari-hari saya kerjakan yaitu BISNIS BRILINK namun itu tadi seringnya saya gagal dan patah semangat untuk meneruskan adalah sudah banyaknya blog yang membahas dan pada akhirnya saya jadi tidak fokus pada membuat konten malahan saya lebih fokus pada otak-atik templat bagaimana caranya supaya bisa mudah ditemukan dimesin pencari dan mendatangkan banyak pengunjung.

Kesalahan yang sudah lalu tidak mau saya ulangi kembali dan pada akhirnya bulat dalam hati karena melihat di hasil pencarian dengan kata kunci Agen BRILink ataupun Panduan Agen BRILink itu masih sangat minim informasi hanya dari situs-situs terkemuka saja yang tampil dihalaman depan pencarian itupun adalah situs berita dan dari situs resminya Bank BRI.

Dari riset kata kunci menggunakan trik yang sudah saya pelajari sebelumnya namun gagal, pada akhirnya saya putuskan pada kata kunci Panduan Agen BRILink. Namun tidak berhenti berfikir disitu saja karena ada 2 lagi yang harus dipilih yaitu domain dan hosting, ada dua menjadi pilihan saya yaitu blogspot dan wordpress.com untuk hostingnya saya sudah tidak kepikiran lagi untuk mengeluarkan modal untuk yang tidak jelas dengan membeli hosting berbayar.

Pada akhirya saya putuskan saya mejatuhkan hati pada wordpress.com dengan nama subdomain yang sudah saya riset tadi namun datang lagi penyakit menurut saya bila subdomainnya panduanagenbrilink saya rasa terlalu panjang dan akhirnya saya ganti dengan agenbrilink.wordpress.com dan ternyata subdomain masih tersedia belum ada yang pakai.Setelah semuanya siap mulailah saya ngeblog lagi.

Ngeblog kali ini sudah diniatkan dalam hati kapan saja saya mau dan ada ide untuk ditulis dan dituangkan dalam blog maka pada saat itu saya ngeblog namun bila sudah merasa bosan maka saya harus membiarkan blog jangan diotak-atik biarkan waktu yang akan menjawab bahwa saya bisa serius ngeblog dan bisa menghasilkan.

WordPress gratisan mejadi pilihan karena dari pengalaman saya sebelumnya membuat web dengan wordpress walaupun pada saat itu saya menggunakan hosting berbayar tetapi saya rasa untuk wordpress itu memang sangat mudah dalam optimasi SEO karena sudah ada plugin untuk itu termasuk didalam situs wordpress gratispun sudah disematkan plugin untuk SEO walaupun sangat terbatas dalam penggunaan.

Hal itu terbukti tidak berselang lama ya,,mungkin sekitar 2 bulan blog wordpress saya sudah mendapat tempat dimesin pencari bahkan ada beberapa artikel singkat saya tentang panduan agen BRILink ada dihalaman depan tentu ini menjadi motivasi buat saya untuk lebih memperbanyak konten dan memperbaiki konten dalam blog saya ini.

Tepat setahun kemudian akhirnya saya memutuskan memindahkan blog saya ke blogspot karena melihat potensi perkembangan blog kepada yang lebih baik dengan tidak adanya artikel yang sama dengan atau duplikat konten cek dengan copyscape, bukan hanya itu dari pengunjung pun terus meningkat bisa mencapai 1200 perhari, bagi saya itu adalah satu keberhasilan dalam meraih pengunjung.

Kenapa pengunjung sudah banyak malah mau dipindahkan?, bukannya itu akan berpengaruh terhadap  pencarian bilapun tidak dihapus yang wordpress tentu akan menjadi duplikat konten. Ya,,memang betul seperti itu tetapi saya lebih berfikiran kepada saya ingin mencoba lagi sekali lagi peruntungan saya di Google Adsense dengan mencoba kembali mendaftar pada saatnya nanti setelah pengunjung normal kembali.

Tiga bulan berlalu setelah blog dicopy artikelnya dari wordpress ke blogspot dengan tanpa menghapus yang wordpress dengan tujuan supaya saya bisa menyimpan feed blogspot saya di wordpress dan ternyata berhasil dimasa tiga bulan tersebut blogspot yang saya daftarkan dengan subdomain panduanagenbrilink.blogspot.com seperti yang hasil riset saya tetapi bukan tidak sebab kenapa subdomain itu yang saya pilih, karena agenbrilink.blogspot.com sudah ada yang pakai.

Pengunjung dan dari pencarianpun hampir sama nilainya bagi saya kadang ada beberapa artikel yang walaupun duplikat tetapi bisa berdampingan dihalaman depan dengan melihat hasil sangat baik menurut saya pada akhirnya saya memutuskan untuk menghapus artikel yang ada diwordpress tetapi tidak untuk blognya, blognya tetap aktif namun dengan sengaja saya mengedepankan feed yang blogspot yang saya kelola dan tentunya postingan updatenya akan tampil juga di wordpress yang akan menarik pengunjung untuk membaca dan otomatis akan megunjungi blogspot, itulah teori saya berhasil untuk saya belum tentu untuk Orang lain.

Perbaikanpun terus saya kerjakan dengan blog saya yang baru ini dengan bertahap dan lebih menutamakan konten ketimbang tampilan, tampilan biarlah suatu saat nanti setelah semuanya stabil baik itu pengunjung ataupun hal-hal yang mempengaruhinya.

Dan pada akhirnya setelah semua selesai menurut saya dan juga sesuai dengan keinginan saya putuskan pada tanggal 3 Desember 2018 saya daftarkan panduanagenbrilink.blogspot.com untuk menjadi publisher iklan Google Adsense yang saya impi-impikan dan pada tanggal 4 Desember menerima email situs diterima dan selanjutnya dalam tahap peninjauan.

Kurang lebih 2 hari dagdigdug berdebar selalu pada saat cek email dan kemarin tanggal 6 Desember 2018 sekitar jam 5 sore dengan tidak sengaja saya melihat email pemberitahuan bahwa situs saya sudah bisa menayangkan iklan denga tidak percaya saya baca-bolak-balik dan ternyata benar saja situs blog yang saya daftarkan sudah diterima dan siap menayangkan iklan.

Tidak berfikir lama saya langsung membuka blog saya dan untuk iklan sih belum tampil tetapi dari artikel pernah saya baca bahwa iklan membutuhkan waktu beberapa menit dan terkadang lebih lama sudah satu jam belum juga muncul apa ada yang menghalangi seperti ada script yang memblok iklan untuk tampil atau ada masalah dengan templatnya coba dan coba pasang unit iklan yang lain masih tetap tidak tampil da akhirnya saya beranggapan templat ada masalah.

Ingat diingat kembali apa yan pernah saya lakukan dengan templat dan baru inget dan saya rasanya berfikir itu masalahnya, pada sebelumnya saya sudah pasang kode trik untuk menpercepat loading blog dengan plugin lazy load lazysize.js untuk memastikan kecurigaan saya buka edit templat lewat html dan saya hapus dulu kode script lazy load tersebut simpan templat dan saya coba refresh blog dan ternyata iklan sudah tampil.

Ooow..ternyata menggunakan plugin lazy load lazysize.js pada templat ada pengaruhnya sama iklan adsense iklan jadi tidak muncul saya tidak tahu pasti akan hal ini karena saya tidak terlalu paham mungkin para Mastah yang bergelut dibidangnya yang tahu saya sih cuma bisa menggunakannya saja berhasil atau tidaknya mempercepat loading blog juga saya tidak tahu tidak pernah saya cek main pake saja karena yang ngasih trik adalah para pakarnya jadi saya percaya saja,,heee,,,heee.

Iklan Adsense sudah muncul tapi memang perlu dibenahi karena saya menggunakan widget yang sudah disediakan dalam blog dalam penempatan iklan, karena sebelumnya juga saya tidak yakin akan diterima dengan blog saya yang pengunjungnya masih ratusan perhari tapi eehh,,ternyata diterima juga sungguh suatu kebahagian yang tidak terkira buat saya dan jadi kebanggan juga sih dengan banyaknya pendaftar yang ditolak.

Pemasangan iklan Adsense untuk pertamakalinya perlu pengetahuan dengan memperhatikan lokasi dimana iklan akan ditampilkan sebaiknya sebelum menggunakan metode unit iklan yang lain kita lakukan dulu dengan yang sudah disediakan didalam blog itu juga sudah cukup untuk memenuhi syarat diterimanya blog, ada artikel yang menjelaskan bahwa salah satu akibat tidak memasang unit iklan diblog setelah diberitahukan blog atau web sedang di tinjau maka akan berakibat masa peninjauan lebih lama.

Di unit iklan Adsense ada yang namanya unit iklan otomatis pada pertama melihat saya rasa ini adalah iklan yang paling mudah diaplikasikan yang namanya juga otomatis, tetapi sebelum saya menggunakannya saya cari-cari informasi dulu di mBah yang baik yang selalu menjawab segala keluhan Cucu-cucunya heee,,,akhirnya saya menemukan cara memasangnya dan saya praktekan.

https://1.bp.blogspot.com/-pzur4ZxKKLw/XAofXWnm6tI/AAAAAAAACpg/ghdo7LUqMtcHfColtK1EodOfvoIHap03gCLcBGAs/s320/UNIT%2BIKLAN%2BOTOMATIS%2BADSENSE.jpg

Tetapi apa yang diharapkan tidak sesuai dengan keinginan iklan tidak muncul dibuka di PC bila dibuka diperangkat mobile iklan yang Overlay sudah  tampil tetapi . Padahal pemasangan kode iklannya saya rasa sudah benar sesuai petunjuk yaitu pemasangan kode iklan otomatis disimpan di edit HTML diantara tag <head> dan saya simpan dibawahnya, sudah benarkan? kalau salah engga mungkin iklan mobilenya muncul.

Yaudahlah saya biarkan saja lebih baik pakai unit iklan lainnya yang manual toh penempatannya mudah slot iklan sudah disediakan oleh pembuat templatnya tinggal copy dan paste saja. Tetapi sebelum mekai unit iklan yang manual saya matikan dulu iklan otomatisnya kecuali yang versi mobile dua-duanya tetap saya centang supaya tetap tampil di perangkat seluler.

https://1.bp.blogspot.com/-HWs-lbiOJwA/XAof4TOBFbI/AAAAAAAACpo/pvwUpXu36KYP4BQACYiGnCtnkcwN8u-MwCLcBGAs/s320/Screenshot_65.jpg

Pasang unit iklan sudah selesai tunggu beberapa menit iklan sudah tampil semua dan blog panduanagenbrilink.blogspot.com telah resmi menjadi bagian dari Adsense walaupun masih ada satu lagi yang membuat ganjalan dihati karena belum dapatnya PIN Adsense yang menurut para terdahulu menunggu sampai saldo kita 10 dollar baru PIN dikirim, benar atau tidak saya tidak tahu, ada beberapa yang bilang juga tidak seperti itu, ada yang belum sampai 10 dollar sudah mendapatkan PIN Adsensenya. Untuk sekarang saya berdoa saja semoga PIN sampai ketangan saya kapanpun itu.

Mulai hari ini saya serasa merasa baru diterima kerja bisa diibaratkan dalam masa percobaan entah sampai kapan masa percobaan itu saya jalani, masih berharap-harap cemas menanti yang tidak pasti tapi semoga saja bisa lulus.Amiin.

Untuk teman-teman yang baru mengarungi dunia perblogan semangat terus berjuang utamakan konten, serius jangan putus asa, jangan bosanan, fokus dan yakin pada sesuatu yang kita yakini, INGAT! tampilan, masalah SEO jangan dikedepankan konten adalah raja harus ori hasil sendiri bukan copy paste. Dalam membuat suatu blog kita butuh kesabaran tidak ada yang instan begitu buat langsung bisa ditemukan oleh pengunjung, perlu waktu nah,,pada waktu itulah kita buat konten secara update terus.

Kenapa saya bisa bilan begitu? saya adalah Orang yang saya sendiri anggap bodoh coba bisa dibayangkan bila dihitung saya sudah menghabiskan dana yang lumayan besar menurut saya mungkin bila dihitung-hitung bisa sampai 10 juta, kenapa saya bisa mengeluarkan dana segitu besar diawal sudah dijelaskan sifat yang saya miliki dalam dunia ngeblog saya.

Website berita pernah saya beli dengan harga 3 juta rupiah hancur dalam setahun karena saya tidak fokus mengelolanya padahal sang penjual siap untuk bertanggung jawab atas pemberitaan didalam web tersebut bila dikemudian hari ada berita yang membuat viral, kemudian demi Bisnis saya membeli kembali website auto pilot jasa Travel seharga 4 juta itupun sia-sia hanya buang uang tidak menghasilkan, dan selebihnya saya beberapa kali membeli beberapa theme wordpress hampir diangka 1 jutaan masih tidak berhenti disitu kebodohan saya kembali tergoda dengan templat yang ditawarkan oleh para blogger hingga saya membeli beberapa templat blogspot bila dijumlahkan mencapai satu jutaan, itulah saya.

Sekian curhatan saya kali ini dalam CERITA-SEHARI-HARI Agen BRILink, semoga menjadi pelajaran buat saya dan buat yang membaca jadi satu pertimbangan.Terimaksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *