7 Tips Modifikasi Motor Matic untuk Tampilan yang Lebih Keren

Selain tampilan, Anda juga harus memperhatikan keselamatan dan keamanan dalam berkendara ketika memodifikasi motor matic. Simak 7 tipsnya berikut ini.

7 Tips modifikasi Motor Matic untuk tampilan yang lebih keren

Sejak kemunculannya, motor matic telah berhasil merebut hati masyarakat hingga menjadi pilihan sebagian besar pengendara sampai saat ini. Agar tidak jenuh dengan tampilan yang standar, pengendara kerap melakukan modifikasi pada motornya. Selain bisa meningkatan kreatifikas, modifikasi juga akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang dengan tampilan motor yang baru. Dengan tidak mengabaikan safety riding, berikut adalah tips modifikasi motor matic agar terlihat lebih keren.

Baca juga: Bunyi ngorok pada motor matic kenali masalahnya.

Tips Modifikasi Motor Matic

1.  Mengganti filter udara

Udara dari lingkungan yang kotor terutama di perkotaan akan membawa partikel debu. Kotoran bahkan pasir dapat menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna. Untuk menjaga ruang bakar tetap bersih diperlukan filter udara. Selain itu, filter udara juga berfungsi menghindari sumbatan pada mesin dan menjaganya tetap kering agar terhindar dari korosi.

Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam modifikasi motor matic adalah dengan mengganti filter udara. Karena memiliki fungsi yang sangat penting untuk mesin motor, plih filter udara dengan kualitas yang lebih bagus untuk menjaga performa motor Anda.

2.   Mengganti lampu bawaan dengan lampu LED   

Cahaya dari lampu LED lebih terang daripada lampu bawaan pabrik sehingga dapat menerangi objek dengan lebih jelas di malam hari. Pilih lampu variasi yang sesuai dengan tampilan motor. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitasnya demi keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Pilih lampu dengan sinar yang bisa menembus kabut dan hujan, tetapi tidak menyilaukan pengendara lain saat berpapasan dengan Anda. Selain itu, sinar lampu yang berkualitas baik tidak akan mengubah warna objek. Sebaiknya, jangan tergiur dengan harga murah, utamakan keselamatan dan kenyamanan dalam bekendara.

3.  Menggunakan pelek variasi pada motor matic Anda

Mengganti velg sesuai dengan preferensi adalah hal yang umum dilakukan dalam memodifikasi motor. Pasalnya, hal ini dapat mengubah tampilan kendaraan menjadi terlihat lebih gahar. Pilih ukuran dan warna velg sesuai dengan tampilan modifikasi motor matic yang ingin Anda modifikasi. Jika  menyukai tampilan yang berani, pilih warna menyala. Namun, jika Anda tidak suka seseuatu yang mencolok, warna-warna netral adalah ide yang bagus.

4.  Memasang knalpot modifikasi

Knalpot berfungsi sebagai ornamen pada kendaraan yang sering menarik perhatian sehingga pemilihannya tidak boleh sembarangan. Pilih knalpot yang memiliki material tahan terhadap korosi dan suhu ekstrem, seperti titanium dan stainless steel. Menyesuaikan desain knalpot dengan tampilan motor matic merupakan hal yang perlu, bahkan beberapa pengendara memesannya secara custom.

Anda dapat membeli produk originalnya dari brand ternama yang sudah diterima masyarakat secara luas. Meski harganya relatif lebih mahal, ini lebih baik daripada mendapatkan knalpot dengan kualitas yang tidak bagus.

5.  Memasang windshield

Selain dapat mengubah tampilan modifikasi motor matic Anda terlihat lebih retro, aksesori winshield akan melindungi Anda dari paparan angin dan debu saat berkendara. Agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Panjang winshield harus disesuaikan dengan kebiasaan Anda berkendara.

Jika Anda menyukai kecepatan tinggi, lebih baik pilih winshield yang berukuran lebih pendek. Namun, jika Anda senang berkendara dengan santai, Anda boleh memilih winshield dengan ukuran yang lebih panjang. Pasalnya, makin panjang ukuran, makin besar pula hambatan angin yang dihasilkan sehingga akan memperlambat laju kendaraan.

6.  Mengganti jok motor

Tidak hanya mementingkan tampilannya, pemilihan jok motor juga harus memperhatikan kenyamanan saat duduk berkendara. Jika jok bawaan dari pabrik terasa keras saat diduduki, pilih jok modifikasi dengan busa yang lebih tebal dan elastis. Sebaiknya, pertimbangkan untuk memasang jok kulit sintetis yang mampu menetralkan panas akibat paparan sinar matahari.

7.   Menempelkan stiker

Tampilan kendaraan Anda bisa berubah hanya dengan menempelkan stiker. Sebelum menempelkan stiker, perhatikan kualitas lem yang digunakan. Sebisa mungkin, pilih yang memiliki kualitas bagus dan tidak meninggalkan bekas saat dilepas. Pasalnya, beberapa stiker akan meninggalkan bekas lem yang susah dibersihkan, hal ini tentu akan mengganggu estetika.

Demikian beberapa tips dalam modifikasi motor matic yang bisa Anda terapkan, hal lain dalam modifikasi motor matic bisa sharing di grup – grup media sosial modifikasi motor matic. Meski tujuannya adalah untuk memoles tampilan menjadi lebih keren, Anda harus tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Hal ini demi menjaga keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.