7 Cara Menghemat Biaya Hidup Untuk Para Perantau


Berikut adalah cara menghemat biaya hidup bagi perantau, namun tidak hanya bagi perantau saja, yang hidup menetap atau bukan perantau pun mungkin tidak ada slahnya menerapkan ini dikehidupan sehari-hari. Biaya hidup kian mahal apalagi diperantauan semua butuh uang.

Tak bisa dipungkiri  jika kebutuhan atau biaya hidup ini terus meningkat, maka dari itu kita harus bisa menyesuaikan diri menghadapinya. Berikut ini kami akan bagikan cara menghemat biaya hidup yang bisa anda coba.

Tentu tips yang akan kita bagikan kali ini sangat cocok sekali untuk anda yang kebetulan sedang merantau, karena anda harus pandai-pandai mengelola keuangan agar tidak boncos di setiap akhir bulan.

Cara Menghemat Biaya Hidup Sederhana Paling Mudah

Bagi anda yang merantau, baik itu untuk bekerja maupun menempuh pendidikan, pasti memikirkan yang namanya biaya kost, makan, listrik, dan kebutuhan lainnya. Jika anda tidak mengelola keuangan secara benar, bisa jadi jatah bulanan yang seharusnya cukup malah tekor nanti.

Untuk anda yang mengalami masalah pengelolaan keuangan buruk, berikut kita bagikan cara menghemat biaya hidup yang bisa coba anda terapkan nantinya:

Cara menghemat biaya hidup
7 cara menghemat biaya hidup
  1. Bikin Skala Prioritas

Cara menghemat biaya hidup yang pertama anda wajib membuat skala priortitas antara kebutuhan dan keinginan. Silahkan buat skala prioritas ini dalam bentuk daftar wajib dipenuhi dalam satu bulan dan sifatnya urgent.

Setelah semua kebutuhan cukup, barulah anda buat skala keinginan anda. Selanjutnya pilah mana yang sekiranya di perlukan sehingga dihapus dari list agar nantinya tidak menjadi beban.

  1. Jangan Sampai Besar Pasak Daripada Tiang

Pernahkan anda mendengar pepatah besar pasak daripada tiang? Maksudnya adalah jangan sampai pengeluaran anda ini melebihi pendapatan bulanan. Nah untuk mengatur hal ini supaya lebih efektif, maka bisa berkaca dari list skala prioritas yang anda buat diatas tadi.

Related Posts :  [ Review ] Film Roman Picisan 2018 : Kisah Cinta LDR Yang Bikin Gemes

Rinci semua pengeluaran dan masukkan juga penghasilan bulanan anda, apakah masih memiliki sisa atau malah timpang sebelah. Jika kondisi ini diteruskan, dijamin kondisi keuangan bakal berantakan.

  1. Bijak Dalam Belanja

Cara menghemat biaya hidup selanjutnya adalah anda perlu bijak dalam mengeluarkan untuk belanja. Cermati dengan baik belanja ini, apakah untuk memenuhi kebutuhan anda atau hanya memuaskan keinginan sesaat.

Jika memang pengeluaran ini untuk kebutuhan hidup anda, maka boleh saja dilakukan. Namun jika sekedar memuaskan hasrat saja, sebaiknya anda tunda terlebih dahulu, sehingga uangnya bisa dimanfatkan untuk hal yang lebih penting.

  1. Maksimalkan Promo

Saat ini banyak sekali toko online yang menawarkan beragam promo menarik untuk menarik minat konsumen. Tidak hanya dibidang fashion saja, namun juga ada berbagai promo untuk kebutuhan pokok dan lain sebagainya.

Cara menghemat biaya hidup selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan berbagai promo tersebut. Tak perlu datang ke toko satu persatu, cukup memanfaatkan smartphone anda bisa mendapatkan info promo tersebut.

  1. Lakukan Gaya Hidup Minimalis

Seringkali seseorang menganggap gaya hidup minimalis ini sama dengan pelit, padahal secara konsep sudah berbeda 360 derajat. Gaya hidup minimalis disini adalah lebih mementingkan memenuhi kebutuhan dibandingkan keinginan ketika berbelanja.

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis, maka anda tanpa disadari bakalmemiliki pola pikir cermat dalam berbelanja.

  1. Jaga Kesehatan

Apa kaitannya cara menghemat biaya hidup dengan kesehatan? Jelas keduanya saling berkesinambungan. Bayangkan jika anda sakit, maka pasti butuh pengeluaran lagi untuk pengobatan.

Jika kebetulan pengobatan yang diperlukan cukup dengan membeli obat di apotik langsung sembuh mungkin tidak seberapa, namun bagaimana jika pengobatannya butuh waktu berhari-hari? 

  1. Menabung
Related Posts :  Dana Talangan Agen BRILink, Fitur Ini Hanya Ada Pada Aplikasi BRILink Mobile

Dan untuk menghemat biaya hidup yang terakhir kali ini adalah menabung. Jika kebetulan anda memiliki sisa anggaran biaya pengeluaran bulan kemarin, maka bisa ditabung sekaligus menjadi dana darurat nantinya.Cukup sekian ulasan tentang cara menghemat biaya hidup kali ini, semoga bermanfaat dan menginspirasi anda.

Baca juga: Perhatikan hal ini untuk kesehatan pada keuangan keluarga.

Itulah kiranya cara menghemat biaya hidup di perantauan, dimana hidup diperantauan tentunya sedikit berbeda dengan hidup dimana tempat kita dilahirkan dan dibesarkan, diperantauan banyak hal baru yang harus dijalani termasuk soal biaya hidup yang semua serba membutuhkan uang, dari tempat tinggal, biaya makan, gaya hidup dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tinggalkan komentar