6 Pilihan Lukisan Dinding untuk Percantik Ruang Tamu

6 Pilihan lukisan dinding siap mempercantik ruang tamu di rumah Anda, apalgi rumah Anda memiliki lebih dari satu lantai, misal 3 lantai tentunya banyak ruang yang tersedia.

Memiliki rumah 3 lantai bukanlah perkara mudah. Apalagi, kamu juga harus menentukan desain interior di masing-masing lantainya supaya tampil estetik. Untuk mempercantik tampilan dinding, terutama di ruang tamu, kamu bisa menambahkan lukisan cantik agar ruangan menjadi semakin semarak.

Bukan semacam kertas pelapis dinding, keberadaan lukisan tidak akan membuat dinding tampak penuh. Sebaliknya, lukisan yang sesuai dapat meningkatkan estetika dan nilai tambah pada desain interior rumah. Apa saja lukisan dinding yang cocok untuk mempercantik ruang tamu rumahmu? Berikut beberapa rekomendasinya.

Pilihan Lukisan Dinding untuk Percantik Ruang Tamu

pilihan lukisan dinding

1.Lukisan Tanaman

Rekomendasi lukisan ruang tamu yang pertama adalah lukisan tanaman, ini cocok diterapkan pada rumah dengan desain minimalis. Tidak heran, harga rumah di Bali juga dapat meningkat dengan adanya tambahan lukisan-lukisan minimalis seperti ini. Lukisan tanaman yang dipajang tidak menggunakan banyak warna yang mencolok, hanya warna-warna inti saja, seperti hijau atau putih.

Sekilas memang sederhana, tetapi lukisan tanaman ini tetap bisa membuat ruang tamu tampil cantik. Kehadirannya juga bisa membaur dengan berbagai macam ornamen lain yang ada di dalam ruangan. Pastikan lukisan terpasang di dekat sumber cahaya, seperti lampu atau jendela agar tampil paripurna.

pilihan lukisan dinding

2.Lukisan Kaligrafi

Lukisan kaligrafi dengan kesederhanaannya tidak hanya membuat ruangan tampil minimalis, tetapi juga dapat membuat ruangan terkesan lebih sejuk. Pilihlah lukisan kaligrafi yang sesuai, baik itu kaligrafi arab dengan isi ayat-ayat penuh makna, kaligrafi dari tulisan Jepang atau Cina yang indah dan filosofis.

Ukuran lukisan kaligrafi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, sebaiknya tidak lebih dari 60 cm untuk dipajang pada ruang tamu rumah 3 lantai. Karena semakin besar lukisan kaligrafi akan semakin menonjol dan mencuri banyak perhatian. Sebaiknya memang disesuaikan.

3.Lukisan Sandar Dinding

Kamu tidak ingin merusak dinding dengan paku yang menancap? Atau sudah tidak ada ruang yang pas di dinding untuk memajang lukisan? Nah, kamu masih tetap bisa memasang lukisan dengan cara disandarkan pada dinding, Metode ini cukup cocok untuk jenis lukisan dinding kontemporer, seperti lukisan geometris. Jenis lukisan ini juga sedang digandrungi di kalangan anak muda karena berkonsep futuristik.

4.Lukisan Semi Kubisme

Selanjutnya, ada lukisan dinding semi kubisme dengan objek tanaman untuk ruang tamu kamu. Inspirasinya dari aliran kubisme yang merupakan gaya seni dengan menggunakan bentuk geometris dalam pembuatan gambarnya. Gaya ini cukup populer di abad 20, sampai saat ini juga masih cukup banyak yang menggemari. 

Ruang tamu akan lebih memiliki karakter dengan lukisan bergaya seperti ini. Kamu bisa memajangnya dengan cara digantung atau disandarkan pada rak di ruang tamu secara simpel. Harga rumah di Bali juga bisa bertambah dengan adanya penataan lukisan gaya kubisme seperti ini.

5.Lukisan Rumah

Berikutnya, agar ruang tamu terlihat lebih estetik, pajang lukisan bergambar rumah di dinding. Lukisan dengan gambar rumah ini juga telah populer sejak zaman dahulu dan tetap digemari hingga sekarang. Memang terlihat sederhana, tetapi tetap dapat membuat ruang tamu menjadi lebih estetik. Ada banyak sekali pilihan inspirasi lukisan rumah yang bisa kamu gunakan, tinggal sesuaikan saja dengan seleramu.

6.Lukisan Abstrak

Rekomendasi terakhir adalah lukisan abstrak yang pamornya juga tidak kalah dengan jenis-jenis lukisan lainnya. Penempatannya di ruang tamu minimalis juga cukup tepat. Agar tampil seimbang, sebaiknya kurangi pajangan dan ornamen di ruang tamu supaya lukisan dapat tetap terlihat. Pajang lukisan abstrak di dinding, tanpa ada lukisan lain yang menemani. Pastikan pula warna lukisan agar tidak terlalu kontras dengan warna dinding ruang tamu.

Baca juga: 5 tips membeli Rumah pertama kalinya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi lukisan untuk ruang tamu pada rumah 3 lantai. Semoga bermanfaat!