5 Cara Mengetahui Prosesor Komputer Rusak

Diposting pada

5 Cara mengetahui prosesor komputer rusak, Apa saja? Berikut ulasannya yang semoga bisa bermanfaat, menjadikan pengguna komputer itu sendiri tahu masalahnya, apabila mengalami komputer mati atau eror tiba-tiba dengan gejala sebagai berikut:

Mengingat fungsi prosesor yang serupa dengan otak pada manusia, tak heran jika komponen yang satu ini punya peran vital, kan? Oleh karenanya, kalau prosesor komputer rusak, perangkat Anda jelas jadi tak bisa digunakan. Lalu, bagaimana ya cara mengetahui prosesor komputer rusak?

1.CPU tidak bisa menyala.

Salah satu ciri utama kerusakan prosesor komputer adalah CPU yang tidak bisa menyala sama sekali. Atau, jika CPU tetap menyala, monitor komputer Anda hanya menampakkan layar kosong (black screen). Terlebih lagi jika Anda bisa mendengar suara fan CPU, tapi tidak ada suara mesin lainnya yang umum terdengar.

2. Komputer tiba-tiba mati.

Salah satu pertanda lain yang menunjukkan kalau ada kerusakan pada prosesor komputer adalah komputer yang tiba-tiba mati ketika sedang digunakan. Bahkan, hal ini bisa terjadi secara terus-menerus sehingga aktivitas Anda pun terganggu ketika sedang menggunakan komputer. Tapi, gejala ini bisa jadi dikarenakan adanya masalah pada RAM atau harddisk. Jadi, Anda bisa bongkar dulu CPU-nya untuk memastikan langsung apakah masalah benar-benar ada pada prosesor atau malah komponen lainnya.

3. Tidak bisa menjalankan program yang “berat”.

Gejala lain yang patut Anda waspadai adalah ketika komputer kesulitan atau mengalami eror ketika menjalankan program yang berat. Maksudnya adalah program yang butuh spesifikasi besar agar bisa dijalankan, seperti software game, desain grafis, dan sebagainya.

4. Sering mati dan menyala kembali secara tiba-tiba.

Perbedaan ciri prosesor rusak yang satu ini dengan ciri nomor 2 adalah komputer yang tiba-tiba mati sendiri, tapi kemudian menyala kembali dengan sendirinya pula. Bahkan, pada kerusakan yang lebih parah, hal ini bisa terjadi terus-terusan seolah tanpa kendali.

5. Cek langsung kondisi prosesor.

Cara mengetahui prosesor komputer rusak lainnya yang pasti ampuh adalah dengan mengecek sendiri kondisi fisik prosesor dengan membongkar CPU komputer. Pada prosesor yang rusak, biasanya bentuknya sudah berubah misalnya gosong karena overheat (kepanasan), atau patah di bagian jumper pin-nya/ Itulah 5 cara mengetahui prosesor komputer rusak yang bisa Anda langsung rasakan sendiri. Apabila Anda mengalami salah satu tanda-tanda di atas, segera cek kondisi prosesor atau hubungi teknisi untuk bantuan lebih lanjut, ya!

Gambar Gravatar
Ngeblog sudah dari tahun 2014 sampai sekarang, asli Orang Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *