Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

4 Software Dasar Yang Sering Digunakan Pengguna Komputer

1 min read

Memiliki kinerja komputer yang maksimal memang menjadi impian semua kalangan pengguna komputer tersebut. Hal ini bukan tanpa alasan, salah satu yang menjadi alasan itu semua karena memudahkan untuk menjalankan sebuah aktivitas pada komputer.

Dengan demikian akan semakin cepat pekerjaan terselesaikan bila memang tidak memiliki permasalahan pada sebuah komputer. Hanya saja itu semua bukan menjadi inti yang harus ada dalam sebuah komputer. Namun ada hal lain yang perlu diperhatikan, diantaranya beberapa aplikasi yang patut dipasang pada sebuah komputer.

Software Dasar Yang Sering Digunakan Pengguna Komputer

Beberapa aplikasi dasar yang keberadaannya memang dibutuhkan perangkat komputer. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Software Antivirus Smadav

Pada dasarnya setiap windows yang terpasang pada komputer, baik itu windows 7. 8 sampai pada windows terbaru yakni windows 10, pasti sudah menyediakan fitur penangkal virus. Fitur tersebut biasanya sering disebut dengan windows Firewall.

Hanya saja keberadaan windows firewall sering dianggap masih kurang maksimal. diantaranya mendeteksi virus dengan cepat. Contohnya saja misalnya yang berasal dari input Flash disk. Antivirus yang biasanya sering terpasang guna mendeteksi virus dari sebuah flash disk yakni Smadav. Ada banyak hal yang bisa dilakukan menggunakan perangkat Smadav tersebut.

2. Software Winamp

Software ini merupakan sebuah aplikasi yang sudah lama dikenal. Terutama kalangan pengguna komputer itu sendiri. Winamp ini memiliki fungsi untuk memutar audio seperti Mp3. Keberadaan aplikasi ini memang cukup membantu ketika ingin mendengarkan musik.

Namun tanpa aplikasi ini sebenarnya juga bisa memutar audio menggunakan windows media player. Hanya saja sering dirasa masih kurang mumpuni untuk mendengarkan sebuah audio.

RELATED :  Tips Merakit Komputer Gaming Untuk Gamer Pro

3. Software Internet Download Manager (IDM)

Bisa dikatakan aplikasi ini memiliki manfaat yang besar pada sebuah komputer. Hal tersebut bisa dibuktikan ketika ingin melakukan download sebuah file yang ada di Internet. Tanpa menggunakan software ini pada dasarnya memang tetap bisa download sebuah file, hanya saja kecepatan yang terjadi jelas jauh berbeda.

Kemudian salah satu keunggulan dari IDM tersebut yakni bisa download file secara pause. Hal tersebut memungkinkan download file pada waktu berbeda, kemudian nantinya cukup melakukan resume bila memang ingin menjalankan download file kembali.

4. Software CCleaner

Aplikasi ini bisa dikatakan dasar juga serta layak digunakan dalam sebuah komputer. Fungsi dari software ini juga cukup membantu untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Diantaranya bisa menghapus semua history browser. Menghapus cache, memperbaiki registry dan masih banyak lagi hal lainnya.

Bisa dikatakan CCleaner dapat mengembalikan kinerja komputer menjadi maksimal kembali setelah menjalankan aplikasi tersebut. Namun perlu di ingat bila aplikasi ini bukan termasuk dalam antivirus. Hanya saja bermanfaat untuk mempercepat loading dari sebuah komputer.

Aplikasi ini bisa diinstall pada semua jenis windows, serta disesuaikan dengan jenis windows misalnya 32bit maupun 64bit. Hanya saja harus disesuaikan dengan jenis windows yang digunakan masing-masing.

Itulah beberapa software dasar yang sering digunakan pengguna perangkat komputer. Tujuan dari penggunaan beberapa software di atas jelas untuk mempermudah aktivitas tertentu pada sebuah komputer. Baik itu mengatasi permasalahan maintenance, permasalahan download sampai pada permasalahan kecepatan loading sebuah komputer.

Bila memang saat ini komputer anda belum memiliki beberapa aplikasi yang sudah disebutkan, ada baiknya memasangnya saat ini. terlebih bila ingin mendapatkan hasil yang diinginkan seperti penjelasan dari fungsi setiap aplikasi yang disebutkan.

RELATED :  Tips Membeli Komputer Untuk Gamer
Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *