Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

4 Aplikasi Untuk Mengembalikan Data Hilang Pada Komputer

1 min read

Bukan hanya satu orang saja yang menggunakan perangkat komputer sebagai wadah untuk menyimpan file penting. Bisa dikatakan semua pengguna komputer melakukan hal yang sama. Baik itu menyimpan file dokumen, foto, video dan jenis data lainnya.

Memilih komputer untuk menyimpan data penting bukan tanpa alasan, melainkan banyak yang beranggapan akan mendapatkan kemudahan ketika akan mengakses kembali data yang sudah disimpan sebelumnya.

Data yang tersimpan juga mudah dibuka kapan pun ingin melakukannya. Hal lain yang menjadi alasan memilih komputer sebagai penyimpanan data karena kapasitas yang ada cukup memungkinkan menyimpan data dengan ukuran yang besar, atau dengan file jumlah banyak.

Terlepas dari kemudahan untuk menyimpan beberapa data yang dimiliki pada perangkat komputer tentunya juga memiliki risiko juga. Salah satunya bisa terhapus dengan mudah, baik itu yang terhapus karena tidak sengaja, sampai pada terjadinya maintenance komputer.

Kehilangan data yang sudah disimpan tentunya merupakan permasalahan menyebalkan, terlebih bila ingin menggunakan pada keadaan tertentu. Namun kehilangan data pada komputer tetap bisa dikembalikan sesuai dengan file aslinya. Hanya saja harus menggunakan beberapa aplikasi tambahan.

4 Aplikasi Untuk Mengembalikan Data Hilang Pada Komputer

Berikut ini beberapa aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang hilang pada perangkat komputer. Antara lain yakni sebagai berikut:

1. Aplikasi Recuva

Software pertama yang bisa digunakan untuk mengembalikan data yang hilang pada perangkat komputer yakni Recuva. Semua pengguna komputer bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis. Hal yang menjadi keunggulan dari aplikasi Recuva yakni mudah digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun. File yang bisa dikembalikan bisa berupa folder, dokumen biasa dan jenis data lainnya.

RELATED :  Software Yang Wajib Dipasang Setelah Install Ulang

2. Aplikasi TestDisk

Aplikasi gratis lainnya yang bisa digunakan untuk mengembalikan data hilang pada komputer yakni TestDisk. Bahkan aplikasi ini bisa mengembalikan partisi yang hilang pada komputer. Aplikasi ini termasuk dalam open source serta termasuk juga dalam muti-platform.

Hal lainnya yang bisa dilakukan dengan aplikasi TestDisk yakni mengatasi kerusakan yang terjadi pada Hard Disk. Misalnya seperti Unallocated Partition atau sering dikenal dengan RAW Partition yakni yang terdapat pada Disk Management Windows.

3. Aplikasi Pandora

Aplikasi ketiga yang menjadi rekomendasi terbaik bisa digunakan, terutama bila terjadi hilangnya data pada komputer yakni menggunakan Pandora. Data yang bisa dikembalikan bisa berupa hilang permanen maupun yang sudah terhapus pada Recycle Bin.

Data yang bisa dikembalikan harus masih dalam jangka waktu 1 bulan. Bila sudah melewati waktu tersebut akan sedikit sulit mengembalikan data yang diinginkan. Keunggulan lainnya dari aplikasi tersebut yakni dengan ukuran yang kecil, serta bisa dijalankan pada windows 7, windows 8 serta windows 10.

4. Aplikasi GetBackData

GetBackData bisa dikatakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan sampai saat ini. Terlebih bila data yang ada pada komputer hilang. Dengan menggunakan aplikasi ini semua data bisa dikembalikan secara menyeluruh seperti sebelum terjadinya hilang data tersebut.

Hanya saja bila ingin mengembalikan semua data yang hilang, baik dari ukuran kecil maupun ukuran besar, maka diperlukan waktu yang lumayan lama untuk menyelesaikan proses. Kapasitas dari aplikasi ini juga cukup kecil sehingga memungkinkan untuk diinstall pada semua jenis OS maupun memori komputer yang kecil.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan bila memang ingin mengembalikan data hilang pada perangkat komputer anda. Silahkan pilih salah satu dari aplikasi yang sudah dijelaskan, serta sesuaikan dengan keperluan masing-masing.

RELATED :  Cara Merekam Layar Laptop dengan Menggunakan Windows 10
Siajun Blog Tempat menyalurkan hobi ngeblog Seputar : Tekno, Tips dan Trik, Tutorial, Travelling, dan bermacam ulasan lainnya, in Sukabumi-Jawa Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *