3 Cara Mengatasi Masalah pada Keyboard Laptop yang Eror

  • Whatsapp

Berikut adalah tiga cara mengatasi masalah pada keyboard laptop yang eror atau Tidak Berfungsi diantaranya masalah disebabkan driver eror.

Keyboard laptop tiba-tiba jadi tak berfungsi? Tentu saja hal tersebut sangat merepotkan, apalagi jika sudah ada deadline yang menunggu di depan mata. Akan tetapi, Anda tak perlu langsung panik, karena sebenarnya ada beberapa cara mengatasi masalah pada keyboard laptop yang bisa Anda lakukan sendiri. Apa saja, ya?

Read More

Cara Mengatasi Masalah pada Keyboard Laptop.

Gambar Device Manager

Perbaiki dulu driver keyboard-nya.

Bisa jadi, penyebab keyboard laptop tak berfungsi adalah karena Anda belum meng-update driver-nya, atau karena keyboard Anda kurang responsif. Anda bisa lakukan cara berikut untuk mengetahui penyebabnya:

  1. Buka menu Control Panel.
  2. Pilih System and Security, lalu pilih Device Manager.
  3. Cek menu Keyboard dan cari menu driver di bagian bawah.

Kalau driver belum update, biasanya akan ada simbol segitiga kuning dengan tanda seru. Jika Anda menemukan tanda ini, segera update driver keyboard lewat website resmi merek laptop yang Anda gunakan, atau bisa langsung saja klik kanan pada driver yang bermasalahnya > update driver > Search automatically for updated driver software.

Pada gambar Gambar Device Manager diatas ada 1 dan 2 yang ditandai, karena keyboard saya baik-baik saja maka terlihat seperti nomor 1, dan nomor 2 itu adalah masalahnya pada driver yang harus di update.

Ubah layout keyboard.

Cara lain yang bisa Anda coba jika cara di atas gagal adalah dengan memastikan layout keyboard, terutama jika masalah yang Anda temui adalah ketidak cocokan antara karakter yang muncul dengan tombol keyboard yang Anda pencet. Misal, Anda memencet tombol Q tapi yang muncul di layar malah huruf K.

Untuk mengatasinya, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Ketik “Language” di dalam kolom Search atau pencarian.
  • Pilih opsi bahasa yang Anda gunakan.
  • Pilih Options, lalu pastikan bahwa Anda sudah memilih US QWERTY, yang merupakan layout keyboard universal seperti yang Anda kenal saat ini.
  • Apabila ada layout keyboard lainnya yang tidak dibutuhkan, Anda bisa menghapusnya saja.

Restart laptop Anda.

Apabila keyboard laptop Anda tiba-tiba sama sekali tidak merespon, Anda juga bisa coba me-restart laptop terlebih dahulu. Biasanya, cara ini ampuh kalau masalah yang terjadi sekadar bug kecil. Akan tetapi, kalau keyboard masih bermasalah atau tidak berfungsi normal, besar kemungkinan permasalahannya ada pada hardware yang terhubung dengan laptop Anda. Kalau begini, solusinya adalah dengan mengganti keyboard laptop Anda.

Itulah 3 cara mengatasi masalah pada keyboard laptop yang tiba-tiba eror dan bisa Anda coba dulu sebelum terburu-buru membawa laptop ke toko komputer. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Related posts